Mengeruk Rupiah dari Program Afiliasi. Memangnya Bisa?

Updated May 18, 2022 • Created 6 bulan yang lalu
Mengeruk Rupiah dari Program Afiliasi. Memangnya Bisa?

Program afiliasi adalah kegiatan menguntungkan antara seorang pemilik produk dengan seorang affiliate. Sistemnya memungkinkan Anda untuk dapatkan komisi jika orang lain menggunakan produk yang diiklankan. Jumlah komisi bisa berbeda tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Afiliasi Ditilik dalam Berbagai Aspek

Keberadaan program afiliasi akan banyak memberikan dampak baik dalam berbagai sudut pandang. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa keunggulan afiliasi jika ditilik dalam berbagai aspek;

  1. Berdasarkan Keterjangkauan Pasar Modal

Dalam keterjangkauan pasar modal, afiliasi berhubungan dengan pergerakan yang ada di dalamnya. Terdapat beberapa hubungan antara satu perusahaan dengan pasar modal yang akan mengontrol perusahaan secara langsung dan tidak langsung.

  1. Berdasarkan Aspek Psikologis

Dilihat berdasarkan aspek psikologis, afiliasi adalah bentuk penyaluran atas kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Secara naluriah, manusia membutuhkan sebuah hubungan untuk bekerja sama dengan orang lain. Tujuannya untuk mendapatkan afeksi, pengakuan, kesetiaan, atau kebutuhan untuk diterima dan diakui.

  1. Berdasarkan Teknik Marketing Produk

Jika dilihat dari teknik marketing, program afiliasi akan memberikan keuntungan untuk perusahaan karena banyak orang yang akan mempromosikan produk secara sukarela. Peraturan komisi yang diberikan hanya akan sebagai pancingan untuk meraup laba yang lebih besar.

  1. Berdasarkan Konteks Organisasi

Jika dilihat berdasarkan konteks organisasi, afiliasi adalah sebuah bentuk hubungan yang melibatkan sistem organisasi utama dengan beberapa anak perusahaan di bawahnya. Sistem ini tak hanya akan mengangkat citra kedua belah pihak, melainkan juga memberikan kesempatan para afiliator untuk mengekspresikan diri mereka dengan materi yang diberikan.

Cara Kerja Affiliate Program

Secara umum, program affiliate ini melibatkan beberapa pihak sebagai berikut;

  1. Pemilik Produk 

Dalam hal ini bisa perusahaan, penjual, vendor, atau lainnya. Pemilik produk yang memberikan peluang untuk program afiliasi yang dicanangkan.

  1. Affiliator

Afiliator adalah orang yang mengikuti program affiliate. Tugasnya adalah memasarkan produk dari pemilik program agar menjaring konsumen yang lebih luas.

  1. Konsumen

Konsumen atau pelanggan adalah orang-orang yang melakukan transaksi pada produk atau jasa yang dimiliki pemilik produk, dengan bantuan afiliator. 

Langkah Mudah Menjadi Afiliator

Menjadi seorang afiliator tidak sulit. Secara umum, kegiatan ini juga tak mengharuskan Anda memenuhi beberapa syarat yang berat. Tak ada target saklek yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk menjadi salah satu tim afiliasi sebuah produk atau layanan jasa. Berikut ini langkah mudah untuk menjadi seorang afiliator.

  1. Mendaftarkan Diri Pada Program Afiliasi

Jika Anda ingin menjadi seorang afiliator, langkah pertama adalah mendaftarkan diri pada program afiliasi yang disediakan. Biasanya terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, setelahnya Anda akan diberikan link atau kode referral yang berfungsi untuk bisa dapatkan komisi dari perusahaan tersebut.

  1. Mempromosikan Produk Affiliate

Untuk bisa mendapatkan konsumen, Anda harus melakukan promosi produk affiliate. Semakin banyak calon konsumen yang tertarik dan melakukan transaksi, maka semakin besar pula komisi yang akan Anda dapatkan.

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan dalam mempromosikan produk adalah dengan melakukan review. Bisa berupa tulisan atau video ulasan. Setelah itu, sebarkan ulasan tersebut padan platform media sosial yang Anda miliki. 

Anda tentu perlu menyesuaikan dengan algoritma media sosial yang ada, baik untuk Facebook, Twitter, Tiktok, Instagram atau YouTube. Cantumkan kode referral Anda pada ulasan promosi agar semakin banyak orang yang menggunakan kode tersebut.

  1. Kode Referral untuk Konsumen

Tujuan melakukan promosi agar para calon konsumen bisa menggunakan kode referral Anda untuk pemberitahuan kepada pemilik produk. Tentu hal ini akan jadi pemberitahuan bahwa Anda yang membawa mereka untuk melakukan transaksi pembelian produk atau jasa. Umumnya dengan kode referral tersebut calon konsumen akan mendapatkan diskon tambahan.

  1. Pencairan Komisi

Komisi adalah bentuk apresiasi kepada afiliator karena pemilik produk dibantu untuk mempromosikan beberapa barang produksi atau layanan jasa yang dikembangkannya. Secara umum, komisi dibedakan menjadi tiga jenis. Pertama komisi per penjualan, artinya Anda akan dapat komisi setiap penjualan yang terjadi atas program afiliasi.

Jenis komisi kedua adalah komisi berdasarkan klik. Jika calon konsumen melakukan pembelian berdasarkan klik maka komisi siap dicairkan. Pembayaran komisi akan langsung diberikan kepada Anda ketika terjadi peningkatan grafik website pemilik produk

Jenis komisi ketiga berdasarkan lead yang masuk. Komisi satu ini akan dibayarkan ketika konsumen berhasil menyelesaikan aktivitas yang ditentukan pemilik produk, misalkan pengisian form, membuat akun, atau sejenisnya.

Keuntungan Program Afiliasi

Jika Anda masih ragu untuk ikut program afiliasi, berikut ini akan dijabarkan beberapa manfaat ketika Anda ikut terlibat di dalamnya. Apa saja keuntungannya?

  1. Penghasil Passive Income

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program afiliasi adalah pendapatan pasif di luar kegiatan utama Anda di dunia nyata. Jika kerja sama dengan pemilik produk masih berjalan, maka selama itu pula Anda akan dapatkan cuan dari banyaknya konsumen yang bertransaksi.

Materi promosi yang Anda lakukan pada awal pembuatan setelah resmi sebagai affiliate akan tetap berjalan hingga beberapa minggu setelahnya. Maka, rupiah akan mendatangi Anda tanpa bersusah payah lagi. Anda bisa memperbarui konten jika memang diperlukan. Sah dan tidak melanggar aturan sebagai afiliator.

  1. Modal yang Terjangkau

Secara umum, perusahaan penyedia program afiliasi terbagi dalam dua jenis. Pertama yakni perusahaan yang tidak memberikan syarat wajib pembelian produk atau layanan jasa sebelum mendaftarkan diri sebagai afiliator. Jenis ke dua adalah perusahaan atau penyedia produk yang mewajibkan Anda untuk membeli produk agar bisa memenuhi syarat sebagai afiliator.

Pada jenis program afiliasi pertama, biasanya tidak dikenakan biaya. Anda dapat langsung mempromosikan produk dengan media apapun. Untuk jenis program afiliasi ke dua, biasanya hanya akan dikenakan nominal tertentu sebagai langkah untuk bisa memulai promosi. Sehingga, modalnya sangat terjangkau dan tidak memberatkan.

  1. Dapat Dikerjakan Dimana Saja

Promosi link referral bisa dari mana saja, termasuk dari kasur di rumah Anda. Umumnya, yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet yang stabil dan smartphone atau laptop. Sehingga, program afiliasi termasuk salah satu pekerjaan mudah, murah, dan anti ribet untuk dilakukan.

  1. Jam Kerja Sebagai Bos

Fleksibel dalam jam kerja untuk program affiliate akan menjadikan Anda sebagai bos untuk diri sendiri. Anda bisa menentukan waktu untuk mulai menulis dan mempromosikan produk dengan leluasa.

  1. Tidak Terbatas Pada Satu Kontrak

Anda bisa mengikuti beragam program afiliasi selama bisa mengatur waktu. Tidak ada batasan kontrak yang harus Anda penuhi, sehingga dalam menjalankannya, Anda bisa mendaftarkan diri pada beberapa program affiliate sekaligus. Rupanya, program afiliasi ini cukup menggiurkan sebagai ladang penghasil rupiah, bukan?

Ada banyak marketplace atau media yang menyediakan ruang untuk affiliate, sehingga program untuk afiliasi ini lebih mudah dijangkau oleh siapa saja. Setelah mengetahui serba-serbinya, kini Anda berminat untuk jadi affiliate produk apa saja?

Related posts:
  1. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  2. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  3. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
  4. 7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat
  5. Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat
Ruth
Author
Ruth
Bagikan