Panduan Cara Packing Barang Biar Aman & Sampai dengan Penuh Cinta

Roid Faruq
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara packing barang

Sebagai pebisnis online, tentu saja Anda tetap harus memperhatikan cara packing barang yang akan dikirimkan kepada konsumen. 

Sebab, packing produk yang berkualitas dapat memudahkan brand awareness kepada konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Sebagai pebisnis online, pengiriman menjadi salah satu hal yang penting dalam proses jual beli online. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap kondisi barang yang nantinya diterima oleh konsumen Anda.

Kenapa Pengemasan Produk Perlu Diperhatikan?

Packing produk adalah elemen penting bagi bisnis online. Berikut ini daftar alasan kenapa pengemasan produk itu krusial bagi bisnis online:

  • Melindungi produk selama pengiriman.Alasan paling dasar dan krusial memastikan bahwa produk Anda sampai di tangan konsumen dalam kondisi baik.
  • Menyampaikan value produk. Pengemasan jadi salah satu cara menyampaikan value produk atau bisnis Anda.
  • Menciptakan pengalaman konsumen membuka kotak yang positif. Saat pelanggan membuka paket produk Anda, harus ada pengalaman positif dan mengesankan di sana.
  • Bagian dari Merek produk Anda. Pengemasan adalah cara memberikan identitas visual pada produk Anda.
  • Mempromosikan produk. Pengemasan juga menjadi sarana marketing produk dan bisnis Anda.

Jadi, dengan berbagai manfaatnya itu, packing produk adalah bagian penting dari setiap bisnis online.

Karena itulah, mari kita bahas bagaimana cara packing paket yang tepat dan memiliki banyak manfaat.

Panduan Cara Packing Barang yang Tepat Bagi Bisnis Online

Berikut ini adalah sejumlah panduan yang, idealnya, diikuti dan dijalankan oleh bisnis online demi bisa menghasilkan packing yang efektif, efisien, serta bisa memberi kesan ke konsumen:

Memperhatikan Barang yang Akan Dikirim Terlebih Dahulu

Hal utama yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan packing produk adalah dengan memperhatikan jenis barang yang akan dikirim.

Hal ini karena setiap produk yang dikirim membutuhkan cara packing yang berbeda-beda, terlebih jika Anda menjalankan bisnis skincare.

Sebagai contoh, cara packing makanan untuk dikirim pasti sangat berbeda dengan cara packing skincare.

Apalagi setiap jenis skincare memiliki kemasan yang berbeda-beda, mulai dari botol kaca, plastik, botol spray, atau material lainnya. 

Tentu saja hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap bagaimana cara yang tepat untuk membungkusnya sebelum dikirim ke konsumen Anda.  

Setelah itu, Anda juga perlu memperhatikan ukuran produk tersebut. Sehingga Anda bisa memberikan packing yang sesuai dengan ukurannya.

Sediakan Peralatan Packing yang Dibutuhkan

Setelah Anda mengenali material produk yang akan dikemas, maka Anda bisa menyiapkan peralatan packing yang sesuai.

Beberapa peralatan packing yang biasa digunakan adalah :

Amplop

Amplop biasanya digunakan untuk packing produk seperti kertas atau dokumen.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan amplop sebagai alat packing skincare Anda, seperti halnya untuk packing masker wajah yang berbentuk sachet.  

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa amplop yang digunakan untuk packing juga dilapisi plastik dari pihak ekspedisi agar tidak basah.

Bubble Wrap

Sebagai pebisnis online, Anda tentu tidak asing dengan peralatan packing yang satu ini bukan?

Ya, bubble wrap merupakan plastik berisi gelembung yang bisa melindungi produk dari tekanan selama pengiriman.

Yang cukup jarang diketahui; salah satu cara mengemas makanan basah untuk dikirim adalah pakai bubble wrap. Iya, bubble wrap cukup efektif sebagai bagian terluar dari packing makanan.

Selain itu, bubble wrap juga sering dijadikan sebagai penahan produk di bagian dalam sebelum dimasukkan ke dalam kardus atau karton.

Kardus atau Karton

Alat yang juga umum digunakan orang packing lainnya adalah kardus atau karton.

Anda bisa menyesuaikan ukuran dan ketebalan kardus sesuai dengan produk yang ingin Anda packing agar tidak menyisakan ruang kosong.

Semakin tebal bahan kardus yang Anda gunakan, maka semakin tinggi pula tingkat keamananya.

Jenis kardus atau karton yang biasa digunakan untuk packing skincare adalah kardus berbahan corrugated paper maupun yellow board.

Kardus berbahan corrugated paper adalah salah satu jenis karton yang bergelombang dan biasa dijadikan untuk packing atau kemasan distribusi. Anda bisa menggunakan karton jenis ini untuk packing produk skincare yang Anda jual.

Sementara itu, yellow board merupakan jenis karton yang lebih tebal dan eksklusif. Biasanya kardus jenis ini digunakan untuk untuk gift box.

Anda juga bisa menggunakan kemasan ini agar produk yang Anda jual memiliki nilai jual tinggi.

Lakban atau Selotip

Packing produk pasti membutuhkan lakban atau selotip sebagai alat perekat.

Jadi, Anda bisa menggunakan lakban atau selotip untuk merekatkan kertas, kardus, atau bubble wrap yang Anda gunakan untuk packing.

Selotip atau Stiker Khusus

Selain selotip polos, Anda juga bisa menyiapkan selotip khusus untuk merekatkan kardus pada produk yang mudah pecah, seperti stiker barang pecah belah, stiker yang menunjukkan bagian atas produk, dan stiker jangan ditumpuk

Hal ini bisa menjadi penanda bahwa produk yang dikirimkan harus ditangani dengan hati-hati agar tidak mengalami kerusakan, seperti halnya produk skincare.

Packing Produk Secara Berlapis

Tips selanjutnya adalah dengan membungkus produk secara berlapis. Apalagi jika produk yang dikirim berupa material mudah pecah, cairan, atau sejenis lainnya. 

Hal ini dilakukan untuk meredam benturan dan meminimalisasi kerusakan pada produk yang hendak dikirimkan.

Contohnya adalah saat Anda mengirim makanan basah. Cara packing makanan basah untuk dikirim yang paling ultimate adalah dengan melapisi setiap produk dengan menggunakan bubble wrap dan kardus.

Bahkan jika Anda akan mengirimkan beberapa produk dalam satu kardus, maka Anda harus memberikan lapisan bubble wrap pada setiap produk yang akan Anda kirimkan tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan kardus untuk melindungi produk di bagian luar. Kemudian, bagian ruang yang kosong bisa diberikan tambahan serutan kertas warna-warni untuk menambahkan keamanan sekaligus mempercantik kemasan.

Tujuannya agar produk tidak mengalami goncangan berarti. Sehingga lebih aman dan tidak merusak kualitas produk tersebut.

Bungkus Paket dengan Rapi dan Rapat

Tips selanjutnya adalah membungkus paket dengan rapi dan rapat agar tidak ada sisi yang terbuka selama proses pengiriman.

Jika produk yang dipacking tidak tertutup dengan sempurna, maka paket terbuka hingga menimbulkan kerusakan.

Jadi, penggunaan lakban atau isolasi yang kuat bisa menjadi salah satu upaya untuk mempererat kardus yang digunakan untuk membungkus produk.

KiriminAja juga membuat uraian khusus bagaimana cara mengemas yang tepat dan bisa dipacking dengan rapi dan rapat untuk bisnis Anda

Uraian di tautan itu bertujuan agar Anda bisa lebih bijak dan strategis memilih kemasan dengan berbagai faktor pertimbangan. 

Cukup klik tautan di atas tadi, lalu dibaca, dan coba mulai praktikkan secara perlahan ke bisnis Anda.

Menyertakan Nama dan Alamat Penerima yang Jelas

Tips packing berikutnya adalah menyertakan nama dan alamat penerima dengan jelas dan lengkap. 

Hal ini akan memudahkan pihak ekspedisi pengiriman untuk mengantarkan paket ke alamat yang dituju.

Selain itu, pastikan Anda menyertakan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi agar pengiriman tidak terhambat. Pasalnya, pengiriman yang terhambat justru bisa dikembalikan kembali kepada Anda sebagai penjual.

Menyelipkan Pesan Sederhana untuk Customer

Untuk menarik konsumen, Anda juga bisa menambahkan pesan sederhana, lho…

Pesan sederhana ini bisa berupa ucapan terima kasih hingga quote untuk konsumen yang telah memesan produk Anda.

Jadi, cukup dengan menyusun kalimat sederhana yang bisa membuat pelanggan Anda terkesima dan kagum saat membuka paket yang diterima.

Hal ini nantinya bisa membangun kedekatan dan kepercayaan pelanggan dengan Anda serta menambah nilai jual produk Anda.

Selain itu, cara ini juga bisa meningkatkan penilaian konsumen terhadap pelayanan yang Anda berikan sebagai pebisnis online. 

Bahkan, konsumen juga bisa merekomendasikan orang lain untuk berbelanja di toko online Anda.

Memberikan Free Gift untuk Pembelian dalam Jumlah Tertentu atau Kepada Pelanggan Setia

Memberikan free gift atau bonus tertentu kepada konsumen setia atau pembeli grosir juga bisa jadi cara ampuh membangun kedekatan bisnis.

Gift atau bonus yang bisa Anda berikan bisa berupa masker wajah, mangkok dan kuas masker, kaos kaki, voucher diskon, atau bonus menarik lainnya yang memiliki nilai guna.

Selain membuat konsumen Anda semakin berkesan, pemberian gift ini juga bisa menambah minat konsumen untuk berbelanja di toko online Anda.

Menempelkan Stiker Khusus Pada Paket yang Akan Dikirimkan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu peralatan packing yang wajib Anda miliki sebagai pebisnis online adalah stiker berlabel khusus.

Striker ini nantinya bisa Anda tempelkan di bagian karton atau kardus yang digunakan untuk packing.

Pastikan ukuran stiker terlihat jelas agar jasa pengiriman yang bertugas mengirimkan paket bisa memperlakukannya dengan hati-hati.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa stiker yang Anda tempelkan juga kedap air ya, agar tidak luntur saat terkena air.

Stiker ini bisa berguna banget sebagai salah satu cara membungkus makanan untuk dikirim. 

Karena stiker bisa jadi penanda bahwa paket yang dikirim adalah makanan atau produk-produk rawan pecah.

Pilih Jasa Pengiriman Terpercaya

Pastikan Anda memilih jasa pengiriman terpercaya untuk setiap pengiriman paket. Tanpa jasa pengiriman terpercaya, maka sebagus apapun packing yang Anda siapkan, tentu saja hasilnya belum tentu seperti yang diharapkan.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk memilih jasa pengiriman atau ekspedisi yang bisa Anda andalkan serta menjamin produk yang dikirimkan sampai di tangan konsumen dengan aman.

Untuk mendapatkan jasa kurir reliable, maka Anda bisa mengandalkan KiriminAja.

Apalagi, seperti diketahui bersama, servis ekspedisi adalah faktor krusial di mata konsumen sebelum memutuskan jadi check out atau tidak.

Untuk itulah, sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja menghadirkan kemudahan dalam mengelola pesanan dan proses pengiriman.

Artinya, Anda tak perlu lagi khawatir tentang berbagai permasalahan pengiriman, seperti paket hilang, telat datang, atau rusak. Bisnis jadi tenang dan hidup Anda lebih stress-free.

Jika ada hambatan, layanan pelanggan KiriminAja siap berada di garda terdepan membantu Anda.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai fitur inovatif, salah satunya adalah COD Advance. 

Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD hingga 50% begitu paket sudah berada di tangan kurir.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai paket sampai di tangan pelanggan untuk mencairkan dana. Tujuannya agar bisnis Anda dapat menjaga arus kas tetap stabil.

Karena, KiriminAja ingin membantu Anda memegang kendali penuh atas sistem logistik bisnis yang berjalan sambil tetap bisa mengatur margin keuntungan sendiri dan menjaga stabilitas arus kas.

Dengan dukungan KiriminAja, Anda punya lebih banyak peluang mengembangkan bisnis, meraih pelanggan baru, dan menjaga pelanggan lama tetap setia.

Kabar baiknya lagi, demi semua manfaat dan layanan premium di atas, Anda hanya perlu registrasi gratis di dashboard KiriminAja.

Setelah itu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Salah satu strategi dan cara packing barang paling reliable adalah bergabung dengan KiriminAja demi menjaga #CashFlowAman, memberi servis logistik memuaskan, memaksimalkan keuntungan, serta menciptakan suasana bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Roid Faruq
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.