Memahami Arti Drop Off dalam Pengiriman Barang Mantan yang Stupid Itu

Danusantoso
10 bulan yang lalu
Bisnis
Drop off pengiriman barang

Arti drop off dalam pengiriman barang adalah menaruh paket di kantor jasa kurir. Siapa tahu saat menaruh barang itu, Anda bisa berkenalan dengan manajer area kantor yang lagi jomblo itu.  

Drop off merupakan salah satu metode pengiriman yang memungkinkan proses lebih cepat dan harga lebih hemat. Metode ini dapat digunakan oleh seller pemula yang baru memulai bisnis online. 

Dalam artikel ini, KiriminAja akan bahas definisi, hal yang perlu diperhatikan untuk Drop Off, pentingnya Drop Off, dan tips menggunakan metode Drop Off untuk seller pemula. Yuk simak penjelasannya sampai akhir...

Definisi Drop Off

Drop Off adalah jenis layanan pengiriman yang yang mengharuskan pengirim mengantarkan paket langsung ke kantor ekspedisi. Kemudian baru diproses untuk dikirimkan ke alamat tujuan.

Dalam aktivitas belanja online, Drop Off dilakukan oleh seller untuk mengirimkan pesanan ke pelanggan. Oleh karena itu, seller harus menyiapkan dan mengemas pesanan terlebih dahulu.

Selain itu, seller juga perlu mencari tahu lokasi Drop Off yang tepat dan terpercaya. Tujuannya agar pesanan dapat sampai ke tangan pelanggan dalam kondisi baik dan tepat waktu.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Drop Off

Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan Drop Off pengiriman online store:

Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat

Anda harus memilih jasa pengiriman yang tepat dan terpercaya untuk memastikan pesanan sampai ke tangan pembeli dengan aman dan tepat waktu.

Menentukan Lokasi dan Waktu Drop Off

Anda dan pihak jasa pengiriman harus menentukan lokasi dan waktu drop off yang tepat agar proses pengiriman berjalan lancar. 

Bahkan, beberapa jasa pengiriman juga menyediakan opsi drop off di tempat tertentu, seperti toko atau locker khusus.

Memastikan Dokumen Pengiriman Lengkap

Anda harus memastikan dokumen pengiriman telah lengkap, meliputi nomor resi dan faktur pembelian. Kemudian, jangan lupa untuk memberikannya kepada pembeli. 

Dokumen tersebut akan berguna sebagai bukti pesanan telah dikirim, serta untuk memantau status pengiriman.

Memantau Status Pengiriman

Selain pembeli, Anda juga perlu memantau status pengiriman. Tujuannya untuk memastikan pesanan sampai ke tangan pelanggan dengan aman dan tepat waktu.

Jika terjadi kendala dalam proses pengiriman, Anda juga dapat langsung mengambil tindakan untuk mengatasinya. 

Keuntungan Menggunakan Metode Drop Off

Dengan metode Drop Off, Anda dapat lebih mudah dan cepat dalam melakukan proses pengiriman. Cukup serahkan ke ekspedisi dan pantau status pengirimannya.

Berikut beberapa keuntungan lain menggunakan metode Drop Off dalam pengiriman:

Fleksibilitas Waktu

Metode drop off memberikan fleksibilitas waktu yang lebih besar untuk pengirim karena Anda dapat menyerahkan paket kapan saja selama jam operasional toko dan kantor ekspedisi.

Hal ini lebih praktis karena Anda tidak perlu menunggu kurir datang mengambil paket.

Biaya Pengiriman Lebih Murah 

Biaya ongkos kirim metode Drop Off lebih murah dibandingkan dengan pengiriman secara Pick Up. Hal ini tentu dapat menekan pengeluaran jika ongkos kirim ditanggung seller.

Jika ditanggung pembeli, juga dapat memberikan kepuasan karena biaya ongkos kirimnya lebih hemat. 

Kemudahan Proses

Metode drop off juga lebih mudah karena Anda hanya perlu membawa paket ke kantor ekspedisi dan menyerahkannya kepada petugas yang ada di sana. Proses ini relatif cepat dan mudah dilakukan.

Perlindungan Paket

Ketika Anda menyerahkan paket ke kantor ekspedisi, maka akan diberi label dengan kode unik dan akan ditandai sebagai paket yang telah diserahkan. 

Hal ini memudahkan Anda dan pembeli melacak dan menghindari kehilangan paket karena pengiriman yang tidak jelas.

Lebih Cepat

Metode drop off dapat lebih cepat daripada pengiriman secara Pick Up. Sebab, Anda tidak perlu menunggu kurir datang menjemput paket.

Apalagi kalau sedang banyak pengiriman, tentu kurir akan lebih lama datang dan proses pengiriman ke alamat tujuan akan akan lebih lambat juga.

Secara umum, metode Drop Off memang pilihan yang baik untuk Anda yang mengutamakan fleksibilitas waktu dan biaya ongkos kirim lebih murah.

Tips untuk Seller Pemula Melakukan Pengiriman Drop Off

Bagi seller pemula mungkin belum terbiasa melakukan pengiriman paket secara rutin. Tak perlu khawatir, KiriminAja akan kasih tips melakukan pengiriman dengan metode Drop Off.

Ini dia beberapa tipsnya:

Pastikan Anda Memahami Prosedur Pengiriman

Sebelum memulai pengiriman, pastikan Anda memahami metode drop off terlebih dahulu ya. Hal ini termasuk jam operasional dan persyaratan paket seperti ukuran dan berat.

Pilih Lokasi Drop Off yang Terdekat dan Terpercaya 

Pilih lokasi Drop Off terdekat dan terpercaya, seperti kantor pos atau toko yang telah bekerja sama dengan penyedia jasa ekspedisi. Anda dapat melihat di situs resmi jasa ekspedisi untuk lokasi Drop Off yang tersedia.

Pastikan Paket Sudah Siap Dikirim

Pastikan paket Anda sudah siap untuk dikirim sebelum pergi ke lokasi Drop Off, termasuk pengemasan yang baik dan label pengiriman yang tepat.

Jangan lupa memasukan informasi penerima yang lengkap agar proses pengiriman berjalan lancar.

Pahami Berbagai Istilah Pengiriman

Dengan memahami berbagai istilah pengiriman, Anda bisa lebih berhati-hati, waspada, dan lebih up to date. Dengan begitu, saat drop off sudah dilakukan, Anda bisa melacak paket sekaligus menginformasikan kondisi paket ke konsumen.

Karena itulah, Anda perlu membaca kamus istilah pengiriman. Sebagai contoh, KiriminAja sudah menyiapkan kamus daftar istilah dan layanan pengiriman Pos Indonesia untuk rujukan pertama Anda.

Kirim Paket Secepat Mungkin

Agar proses pengiriman ke alamat penerima lebih cepat, Anda harus memastikan paket sampai di tempat Drop Off dengan cepat. Jangan menunda-nunda waktu untuk mengantarnya.

Sebab, pengiriman yang cepat juga akan menjadi nilai plus tersendiri di mata pelanggan. Mereka akan merasa lebih puas karena pesanannya cepat datang.

Apalagi Anda bisa memberikan pelayanan logistik dengan harga murah namun tetap memiliki kualitas pengiriman reliable. 

Namun tak banyak yang melakukan integrasi terhadap layanan logistik secara holistik. Untuk itulah, Anda bisa mencoba KiriminAja.

Dengan KiriminAja, Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan layanan seperti online store, manajemen produk, bahkan mengatur margin profit secara bebas. 

Fitur lain yang pasti menarik adalah COD Advance. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD ketika paket sudah di tangan kurir. Iya, tidak perlu menunggu sampai paket tiba di tangan konsumen. Artinya, bisnis Anda bisa menjaga #CashFlowAman.

Nah, Anda tak memerlukan banyak effort untuk mendapatkan hal tersebut. Anda hanya cukup mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, lalu verifikasi sejumlah data, dan mulai merasakan servis reliable aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, sudah siap kan untuk memulai kerja barang KiriminAja?! Supaya usaha Anda makin lancar di tahun ini demi bisa menjaga konsumen puas, #CashflowAman, profit tumbuh, dan bisnis jadi tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.