Semua yang Perlu Diketahui Soal Buzzer untuk Marketing Bisnis Online

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Buzzer marketing bisnis online

Memahami buzzer adalah mencoba mengerti salah satu strategi pemasaran yang, hemat, punya jangkauan luas, dan dengan target audiens spesifik.

Anda dan digitalpreneur lain tidak mungkin menghindari penggunaan media sosial di hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari di lingkungan teknologi saat ini

Meskipun Anda, mungkin, tidak akrab dengan istilah buzzer, Anda perlu menyadari bahwa buzzer adalah bagian tak terpisahkan dari strategi pemasaran digital.

Istilah buzzer diartikan sebagai alat pemasaran, khususnya berdengung, dan berkembang menjadi metode untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas seorang tokoh atau partai politik.

Simbol buzzer di Indonesia, biasanya, dikaitkan dengan layanan terkait politik praktis. Dalam aktivitas politik, fungsi buzzer  di kampanye media sosial adalah menjaga citra tokoh/institusi atau mengalahkan lawan politik.

Apa itu Buzzer?

Arti buzzer yaitu sebuah lonceng atau alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan simbol tertentu dari suatu kondisi. Namun, di era teknologi digital saat ini, ungkapan tersebut telah migrasi ke ranah media sosial.

Di media sosial, buzzer berfungsi sebagai manusia atau organisasi yang berfungsi sebagai lonceng bagi orang lain di sekitarnya.

Buzzer berfungsi untuk berbagi pengetahuan tentang topik terpanas hari itu dari sudut pandang unik mereka. Biasanya, buzzer ini memiliki penggemar alami yang terlibat dan bersemangat untuk mendukung komentar dan ulasan buzzer.

Seorang buzzer memiliki kemampuan untuk membangkitkan minat audiens agar mereka mendukung dan mempelajari lebih lanjut tentang suatu masalah atau produk. 

Alhasil, dari aspek komunikasi bisnis, buzzer bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan bagi kaum milenial saat ini.

Tantangan Menjadi Buzzer

Meskipun pekerjaan buzzer terkesan sederhana tapi punya bayaran tinggi, sebenarnya ada banyak hal yang perlu diperhitungkan.

Saat mempromosikan suatu produk, buzzer harus berhati-hati agar tidak terlihat secara terbuka atau agresif memasarkannya. Hal ini juga berlaku saat menyajikan informasi.

Buzzer mengkomunikasikan informasi dengan cara yang tenang dan kaya data, memastikan bahwa pengikut memahami dan tidak bingung dengan apa yang dikatakan. 

Ketika mereka gagal menyampaikan informasi yang jelas dan menyeluruh, pengikut mereka menjadi bingung, dan pesan yang dimaksudkan hilang.

Selain hal tersebut di atas, buzzer harus dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang baru. Mereka biasanya harus membahas atau menjelaskan produk atau topik yang sama lebih dari sekali.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Buzzer

Untuk menjadi buzzer yang banyak pengikutnya dan diminati oleh para pelaku usaha dan pemangku kepentingan, seseorang perlu memiliki berbagai kompetensi di berbagai sektor.

Buzzer adalah pekerjaan yang cukup kompleks karena ada banyak jenis tugas dan talenta yang harus dijalankan. Ada enam talenta penting untuk pekerjaan buzzer, yaitu:

Menganalisis Produk dari Sudut Pandang Lain

Pertama, tugas buzzer adalah mampu menilai situasi secara kritis dari berbagai perspektif. Penggemar setia mengatakan bahwa analisis buzzer untuk suatu produk atau layanan adalah referensi. Buzzer pasti akan memperhatikan poin-poin penting dari setiap produk atau layanan yang diulasnya. 

Menguasai Copywriting

Copywriting adalah kemampuan untuk membuat narasi menggunakan ulasan untuk menarik minat audiens untuk membeli dan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.

Keterampilan ini dianalogikan dengan dapat langsung mengiklankan sesuatu dengan menawarkan ulasan dan testimoni yang asli. Ketika salinan biasanya soft dan hard selling, bel khusus yang wajib digunakan copywriting adalah softselling.

Hal ini terjadi karena pengikut dan audiens lebih suka mendengar ulasan produk dari buzzer daripada membeli barang secara langsung.

Berbicara di Depan Umum

Selanjutnya, tidak cukup jika seorang buzzer tidak memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang baik. Misalnya, jika seseorang tidak memiliki kemampuan berbicara di depan umum, ia pasti akan kesulitan menyajikan hasil analisis, ulasan, perbandingan, rekomendasi, kelebihan, dan kekurangan suatu produk.

Karena itu, pekerjaan buzzer bukan hanya masalah bermain dengan kata-kata, tetapi juga mengembangkan intonasi dan bahasa tubuh yang dapat dipercaya bagi pendengarnya.

Desain Grafis

Kemampuan buzzer di design grafis diperlukan untuk dapat mengisi kolom situs web, feed Instagram, Facebook, dan posting Twitter, dan membuatnya lebih menarik untuk dieksplorasi audiens. 

Mereka biasanya membutuhkan keterampilan desain grafisnya untuk menonjolkan fitur suatu produk atau layanan. Pemakaian software editing grafis seperti CorelDraw , Photoshop, Photoscape, Canva, dan lain-lain jadi penting bagi buzzer.

Pengeditan Video

Video akan memudahkan buzzer untuk mengirimkan pesan mengenai informasi produk dan layanan. Tentu saja, karena media video lebih menyukai audio visual, video alternatif ini populer di kalangan penonton. Buzzer satu arah ini biasanya memanjakan penonton dengan menggunakan audio visual.

Melakukan kampanye untuk tujuan pemasaran seperti pekerjaan sehari-hari bagi buzzer.

Mereka perlu membuat dan kampanye email yang relevan sesuai dengan segmen pelanggan atau pelanggan mereka.

Apa Fungsi dan Tugas Buzzer untuk Bisnis?

Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, maka sangat wajar jika buzzer sangat capable untuk merekomendasikan produk Anda ke audiens/follower mereka.

Seperti diketahui bersama, di dalam dunia bisnis selalu ada ungkapan yaitu modal yang sekecil-kecilnya, keuntungan yang sebesar-besarnya. 

Bagi para pelaku bisnis online, buzzer memungkinkan istilah tersebut jadi nyata. Dengan berbagai kemampuan dan jumlah follower yang dimiliki, buzzer efektif menjadi bagian dari praktik pemasaran.

Kabar baiknya lagi, harga buzzer terbilang cukup terjangkau dibandingkan saluran pemasaran lain. Karena itu, buzzer jadi favorit banyak aktivitas pemasaran.

Berikut ini sejumlah peran buzzer yang mendatangkan banyak keuntungan dengan modal rendah:

Mendatangkan Pelanggan Baru

Audiens memiliki potensi yang tinggi untuk menjadi konsumen setelah mendapatkan informasi dari buzzer. 

Masyarakat dapat memperoleh informasi melalui video review di channel YouTube, text narration di blog, foto atau caption termasuk review di Instagram, dan lain sebagainya.

Setelah audiens menerima informasi, buzzer akan memberikan rekomendasi serta kode referensi untuk mendapatkan diskon khusus saat membeli barang.

Proses bisnis terjadi pada titik ini. Ketika pembeli menggunakan kode rujukan atau kode promo dari mereka untuk membeli produk atau layanan, pengulas menerima komisi. Namun, karena tidak selalu menerima jumlah uang yang sama untuk setiap proyek, panggilan ini diklasifikasikan sebagai pekerja lepas.

Membantu Memanajemen Bisnis dengan Tepat

Sebagai buzzer yang bekerja tanpa batasan waktu dan aturan ketat layaknya pekerja kantoran, tentunya seorang influencer harus pandai mengelola semua pekerjaannya.

Seperti mengatur janji, pengingat jadwal & pemberitahuan untuk pemesanan pesanan untuk layanan mereka, dan lain-lain.

Dapat kita simpulkan bahwa buzzer adalah seseorang atau sekelompok orang yang mendapatkan bayaran atas jasanya dalam mempromosikan, mengkampanyekan dan menyuarakan sesuatu.

Pada dasarnya, pemangku kepentingan bisnis membayar dan menggunakan layanan mereka sebagai sarana pemasaran atau periklanan, sebagai strategi bisnis untuk mengiklankan produk.

Opsi buzzer bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Terutama jika Anda sedang melakukan sebuah campaign atau program yang mempromosikan produk kamu.

Anda bisa saja mulai merintis karir sebagai buzzer. Sayangnya, menjadi buzzer harus dilatarbelakangi kemampuan di dunia nyata.

Karena terbatasnya akses menjadi buzzer, Anda bisa mencoba sejumlah ide bisnis milenial dari KiriminAja.

Iya, KiriminAja sudah merangkum sejumlah bisnis kreatif yang cocok untuk milenial Indonesia di 2023. Iya, khusus untuk Anda.

Harapannya, campaign Anda jadi lebih menarik bagi konsumen dan bagi brand.

Setelah produk kamu sukses dalam promosinya jangan lupakan untuk mempersiapkan opsi pengiriman yang melayani sistem COD ya, karena konsumen saat ini lebih memilih opsi pembayaran di tempat atau Cash on Delivery karena mereka merasa lebih aman ketika sudah memegang barang yang mereka beli baru membayarnya. Tapi tenang, kini ada aplikasi yang bernama KiriminAja.

Satu aplikasi multi fungsi yang permudah semua urusan pengirimanmu, dengan berbagai fitur mulai dari bebas pilih ekspedisi, bisa reqeust pickup bahkan hingga pencairan dana COD harian. Banyak bukan fiturnya? Yuk cobain KiriminAja.

Pakai KiriminAja, Bebas Pilih Ekspedisi, Permudah Kirimanmu.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.