Seberapa Penting Sih Logo? Apa Saja Alasan, Tujuan, dan Manfaat Logo?

Ruth
1 tahun lalu
Ecommerce
Manfaat logo profesional

Walau terlihat sepele, ternyata logo adalah hal krusial banget. Karena itulah, KiriminAja mengajak Anda membahas detail apa saja alasan, tujuan, dan manfaat logo di artikel ini.

Sebab, ternyata masih banyak orang tidak sadar akan pentingnya logo yang baik. Padahal, logo bagi bisnis ini penting sebab, saat Anda memutuskan berjualan atau meluncurkan produk baru, tentu saja promosi adalah hal yang perlu dipikirkan baik-baik. 

Terlebih jika Anda ingin mengenalkan sebuah produk baru yang ingin diluncurkan secepatnya. Maka, Anda memerlukan media promosi seperti desain logo yang dapat mengenalkan identitas produk Anda.

Apakah Tujuan Pembuatan Logo?

Salah satu kegunaan logo yang utama adalah sebagai identitas utama dalam sebuah aktivitas marketing. 

Karena itulah, pertimbangan marketing dan sales sangat berperan dalam sebuah desain logo profesional.

Sayangnya, walau banyak bisnis memakai logo, ternyata banyak yang merancangnya apa adanya saja. 

Hal ini tentunya sangat disayangkan. Apalagi jika sedang menjalankan bisnis UMKM. Logo bisnis UMKM bisa menjadi faktor pembeda yang membuat brand dikenal audiens.

Iya, logo UKM bisa menjadi alat mendukung marketing dengan budget pas-pasan. Tentu saja, Anda 

Nah agar bisa mempersiapkan logo menjadi lebih profesional lagi, maka KiriminAja membuat panduan memahami logo di sini. Yuk, bahas.

Tujuan dan Manfaat Logo

Logo adalah representasi visual bisnis Anda. Biasanya, tujuan pembuatan logo adalah sebagai alat yang kuat untuk branding, pemasaran, dan komunikasi. Secara lebih detail, berikut ini adalah beberapa tujuan dan manfaat logo untuk bisnis:

  • Brand Awareness: Logo yang baik membantu audiens mengenali produk/bisnis Anda dengan cepat dan mudah. Pada akhirnya, logo jadi alat mutlak membangun brand awareness dan loyalitas konsumen.
  • Profesionalisme: Manfaat logo yang tidak bisa dipungkiri adalah menunjukkan bahwa bisnis Anda lebih profesional dan kredibel.
  • Komunikasi: Logo juga jadi alat komunikasi tentang bagaimana karakter, niche, dan ciri khas bisnis Anda. Sehingga, bisnis Anda lebih relevan dengan konsumen.
  • Diferensiasi: Manfaat dari logo yang tidak kalah penting adalah menonjolkan bisnis Anda lebih oke dibanding kompetitor.
  • Pemasaran: Logo adalah salah satu bagian mutlak dari aktivitas marketing dan sales.

Prinsip Dasar Logo yang Harus Diperhatikan

Karena manfaat dan tujuan yang fundamental banget, maka UKM juga perlu logo profesional. Karenanya, dalam merancang membuat logo, Anda harus memastikan sejumlah prinsip utama, yaitu:

Logo Harus Dirancang Sederhana

Sederhana adalah kriteria yang paling utama dalam sebuah logo. Desain logo minimalis, tentu saja, akan mudah diingat audiens. 

Pada akhirnya, hal tersebut akan memaksimalkan fungsi logo sebagai identitas yang mendukung untuk diingat calon konsumen.

Tidak hanya sederhana, logo yang Anda rancang untuk bisnis harus bisa digunakan di media lainnya. Maka dari itu pertimbangkan bagaimana logo tersebut bisa digunakan di media lainnya.

Harus Mudah Diingat

Anda pernah melihat logo yang sudah terkenal di dunia seperti logo Apple atau Facebook? Logo mereka selalu konsisten dalam hal branding produk mereka?! 

Kenapa? Karena komposisi logo mereka minimalis namun sangat kuat dalam memberikan identitas terhadap perusahaannya.

Karena logo yang sederhana, minimalis, dan unik akan dengan mudah menarik perhatian calon konsumen dan mudah untuk diingat calon konsumen.

Logo Harus Bisa Bertahan Lama

Contoh logo yang bisa bertahan lama adalah logo brand Coca Cola. Logo Coca Cola punya ciri khas lettering meliuk sehingga berhasil membangun brand minuman ini. 

Logo Coca Cola konsisten dari awal tahun 1886 dengan menggunakan lettering logonya tersebut. Namun bukan berarti Anda merancang logo tanpa memperhatikan masa depan perusahaan. 

Anda tetap harus memperhatikan perkembangan tren desain yang cepat berubah. Jika memang trend desain berubah, maka logo juga bisa disesuaikan dengan tren.  

Bagaimana Cara Mendapatkan Logo yang Baik dan Profesional?

Nah, sekarang mungkin Anda berpikir bagaimana cara untuk mendapatkan logo yang profesional ?

Sebenarnya untuk mendapatkan logo yang profesional sangat gampang, bahkan bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. 

Tentu saja jika memiliki waktu luang yang banyak, maka Anda bisa merancang sendiri logo dengan menggunakan aplikasi Corel dan sejenisnya.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk merancang dan memikirkan sebuah logo, di bawah ini ada solusi yang mungkin bisa Anda gunakan.

Menggunakan Logo Maker

Solusinya adalah menggunakan layanan logo maker yang tersedia banyak di internet. Logo maker adalah sebuah aplikasi yang memiliki banyak objek, simbol, warna dan font yang dapat membantu Anda dalam merancang logo. 

Ada beberapa logo maker yang tersedia gratis dan ada juga yang dikenakan biaya tambahan, seperti Canva, Mid Journey, dan lain sebagainya.

Kelebihan yang dimiliki logo maker adalah Anda dapat melakukannya sendiri, namun tidak menghabiskan banyak waktu dalam merancangnya. Dengan logo maker Anda bisa menggunakan gambar, simbol, font dan warna.

Budget yang Anda keluarkan juga akan jauh lebih sedikit dibandingkan Anda harus menyewa seorang desainer logo.

Mengadakan Kontes Desain Logo

Solusi kedua adalah Anda bisa mengadakan kontes desain logo, ada beberapa website yang menampung para desainer hebat dan kreatif yang siap untuk membantu Anda dalam memaksimalkan brand produk.

Di website ini Anda hadir sebagai klien dan membuat sebuah kontes desain logo yang akan diikuti oleh ribuan desainer disana untuk merebutkan hadiah yang Anda tawarkan sebelumnya.

Kelebihannya adalah Anda akan diberikan beberapa alternatif logo dan jika menemukan logo yang sesuai dengan kriteria maka Anda bisa langsung memilih logo tersebut. Namun Anda juga bisa memberikan beberapa masukan untuk logo yang mendekati kriteria Anda.

Harga yang harus Anda keluarkan cukup terjangkau untuk kualitas desain yang profesional dan pilihan yang banyak. Dengan cara ini juga tidak akan memberikan waktu yang lama, sehingga bisa menghemat waktu Anda.

Menggunakan Jasa UKM Logo

Ada banyak orang yang menyediakan jasa membuat logo. Anda bisa menggunakan jasa UKM logo ini untuk membuatkan identitas bisnis.

Harga yang diberikan oleh UKM logo sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkan logo seharga 100 ribu hingga 2 juta. 

Harga-harga tersebut sangat tergantung pada kerumitan desain logo, skala bisnis UKM logo, dan layanan yang diberikan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.