Paket Sering Diretur? Yuk Simak Penyebab dan Tips Menghindarinya di Sini!

Akhmad Ilham Cahyono
1 bulan lalu
Info KiriminAja
apa sih pengertian retur?

Dalam dunia jual beli online yang semakin ramai ini, ada kabar gembira yang berhasil dicapai oleh ribuan seller seperti kamu.

Mereka berhasil ngurangin angka retur paket dengan satu trik jitu: manfaatin fitur Undelivery dari KiriminAja.

Sebagai seller online kamu pasti paham bahwa retur itu bikin deg-degan dan nggak tenang karena bisa bikin profit kamu melayang dan bikin pusing tujuh keliling.

Tapi, tenang saja, dengan serangkaian tips anti retur, pemahaman fitur undelivery, dan cara asik ngurusin tiket support yang bakal kita bahas ini, kamu akan jadi jagonya mengatasi masalah tersebut.

Yuk langsung aja kita simak pembahasannya dalam artikel kali ini.

Apa Sih Pengertian Retur?

Sebelum kita ngulik lebih dalam, yuk, pahami dulu apa itu retur.

Jadi, retur itu ketika pembeli mengembalikan barang ke penjual karena berbagai alasan, seperti salah kirim, barang rusak, atau gak sesuai ekspektasi.

Bayangin aja, retur bisa jadi nightmare buat seller karena bisa bikin rugi dan nama baik toko online kamu bisa tercoreng.

Kenapa Sih Retur Bisa Terjadi?

Retur bisa terjadi karena macam-macam hal, mulai dari kesalahan pengiriman, barang yang rusak, sampai ketidakpuasan pembeli terhadap barang yang diterima.

Bisa juga penyebabnya adalah:

· Informasi paket nggak sesuai

· Paket tertinggal di kantor pengiriman

· Barang melanggar aturan pengiriman

· Alamat salah

· Ditolak oleh penerima

· Pengiriman gagal

· Ukuran atau berat paket nggak sesuai

Dengan ngerti penyebab-penyebab umumnya, kamu bisa lakukan tindakan pencegahan nih biar retur bisa diminimalisir.

Tips Jitu Hindari Retur

Tindakan pecegahan ini bisa kamu lakukan dengan beberapa tips jitu di bawah ini, seperti:

Cek dan Ricek Data Pengiriman

Kesalahan sekecil apa pun dalam alamat atau nomor telepon bisa bikin paket kamu nyasar. Pastiin semua info pengiriman udah bener dan akurat sebelum paket berangkat. Pastikan semuanya lengkap dan benar mulai dari alamat penerima, nomor telepon aktif, dimensi paket, informasi barang dan sebagainya.

Kualitas Paket Jangan Main-main

Pastiin isi paket sesuai pesanan, packingnya aman, dan nomor resi ditempel dengan benar. Kalo barang kamu tuh tipe yang gampang pecah, jangan lupa kasih catatan khusus buat ngingetin.

Pake Layanan yang Punya Fitur Undeliver

Nah, KiriminAja punya fitur undelivery nih yang bisa ngebantu kamu ngatur paket yang susah diantar. Fitur ini bisa jadi penyelamat buat menghindari retur gara-gara masalah pengiriman. Kamu bisa tenang dan nggak kahawatir lagi karena fitur ini bakal menyelematkanmu dari retur.

Ngulik Fitur Undeliver KiriminAja

Fitur undeliver dari KiriminAja itu kayak jimat buat kamu yang sering hadapin masalah paket susah diantar. Dengan fitur ini, kamu bisa dapet notif kalo ada paket yang bermasalah, dan langsung aja deh ambil aksi cepat, seperti ubah alamat atau jadwal ulang pengiriman, biar retur bisa dihindari.

Tutorial Tiket Support

KiriminAja juga kasih kamu akses ke tutorial tiket support jika menemukan kendala yang belum teratasi yang bisa kamu cek di link ini: Tutorial Tiket Support KiriminAja.

Tutorial ini bakal ngajarin kamu cara pake fitur-fitur KiriminAja buat solve masalah pengiriman, termasuk gimana cara efektif manfaatin fitur undeliver dan ngurusin tiket support.

Kamu juga bisa baca tutorial bikin tiket support berikut ini:

Via Aplikasi

  • Pertama, log in dulu menggunakan aplikasi.

  • Selanjutnya, pilih menu Bantuan yang ada di bagian bawah.
  • Kemudian, klik menu “Buat Tiket” yang ada di tengah.

  • Setelah itu, isi kendala apa yang kamu alami sesuai dengan kolom yang tersedia. Terakhir kamu tinggal klik “Buat Tiket Baru”

Via Dashboard

  • Log in ke dashboard dengan akun yang sudah kamu buat.
  • Pilih menu “Support Ticket” yang ada di bagian kiri bawah.
  • Klik “Buat Tiket Baru” di bagian kanan atas.
  • Isi masalah atau kendala yang kamu alami di kolom yang sudah disediakan. Setelah selesai mengisi, langsung klik “Buat Tiket Baru".

Dengan ngikutin tips anti retur, ngertiin fitur undelivery, dan nonton tutorial tiket support dari KiriminAja, ribuan seller udah berhasil ngurangin angka retur mereka loh dan kamu jangan ketinggalan.

Ini bukan cuma tentang menghindari retur, lho, tapi juga soal membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan yang pada akhirnya bakal ngebantu nama baik dan penjualan tokomu makin moncer.

Yuk, mulai terapin strategi ini dari sekarang dan jadi bagian dari ribuan seller lain yang udah merasakan manfaatnya. Bersama KiriminAja, kamu gak cuma ngirim paket, tapi juga sedang membangun masa depan bisnis yang lebih cerah tanpa bayang-bayang retur.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.