Cara Evaluasi Strategi Pemasaran Untuk Jangkau Pasar yang Lebih Luas

Dwika
1 tahun lalu
Bisnis
Strategi menjangkau pasar lebih luas

Evaluasi strategi pemasaran bukanlah sekedar ritual tim marketing. Evaluasi strategi marketing ini jadi kunci untuk mengetahui seberapa efektif langkah Anda mencapai target pasar dan memasarkan produk.

Mari kita perjelas, kenapa proses evaluasi strategi marketing ini begitu vital bagi bisnis Anda:

  • Anda perlu tahu apa yang berhasil dan apa yang kurang tepat. Dengan mengevaluasi, Anda bisa melihat saluran dan strategi marketing mana yang paling efektif.
  • Melakukan penyesuaian yang diperlukan. Setelah mengetahui keberhasilan dan kekurangan Anda, saatnya menyesuaikan dan mengoptimalkan strategi.
  • Selangkah lebih maju dari pesaing. Dunia pemasaran selalu berubah, jangan sampai Anda tertinggal. Evaluasi menuntun Anda jadi lebih baik dari kompetitor.
  • Untuk menemukan peluang baru. Mungkin ada saluran pemasaran terbaru atau segmen pelanggan yang belum Anda gali.

Keuntungan Evaluasi Strategi Pemasaran Anda

Jika mengambil sudut pandang yang lebih luas, evaluasi strategi pemasaran juga akan membantu Anda:

  • Meningkatkan kesadaran merek Anda
  • Menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Mengurangi biaya pemasaran
  • ROI (Return of Investment) yang lebih baik

Tanpa evaluasi strategi marketing, ada risiko menyia-nyiakan sumber daya, melewatkan peluang potensial, atau bahkan menjauhkan pelanggan yang sudah ada.

Karena itulah, kami mendorong bisnis Anda benar-benar mengevaluasi, memahami, dan mengoptimalkan strategi pemasaran.

Tujuannya, agar Anda membuka peluang untuk engagement lebih baik, peningkatan konversi, dan pada akhirnya, ekspansi brand ke pasar yang lebih luas.

Kami membuat panduan dasar dan lengkap cara evaluasi strategi marketing Anda. Jadi, daripada berlama-lama, mari bahas semua detailnya di bawah ini. 

Faktor Apa Saja yang Dievaluasi dalam Manajemen Strategi Pemasaran?

Berikut ini sejumlah faktor utama yang harus Anda evaluasi terkait manajemen strategi pemasaran:

ROI (Return on Investment)

ROI selalu menjadi perhatian utama dalam berbagai aktivitas marketing. Anda perlu memeriksa apakah uang yang Anda investasikan dalam rencana pemasaran menghasilkan keuntungan.

Ukurlah jumlah yang dihabiskan untuk setiap kampanye, lalu bandingkan dengan jumlah penjualan yang diperoleh dari kampanye tersebut.

Meski Anda bisa menghitung secara keseluruhan, rincian spesifik akan menunjukkan kampanye mana yang berhasil dan mana yang kurang efektif.

Menganalisa Angka Penjualan

Melihat angka penjualan bisa menjadi cara paling cepat dan dasar untuk menentukan apakah strategi Anda bekerja.

Jika penjualan Anda tahun lalu dari 1 Juni hingga 1 September mencapai Rp100 juta dan tahun ini menjadi Rp150 juta, jelas strategi pemasaran Anda memiliki dampak positif. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan kenaikan harga atau ekspansi bisnis.

Respon dan Reaksi Pelanggan

Respon pelanggan dapat membantu Anda menilai efektivitas strategi pemasaran. Survei, feedback, komplain konsumen, dan komentar online bisa mengungkap apa yang diasumsikan konsumen tentang pemasaran Anda.

Karena itu, rajin-rajinlah melihat reaksi konsumen dalam berbagai marketing channel bisnis Anda.

Ekspansi dan Jangkauan Pemasaran

Jika jangkauan marketing berkembang dan mendapat konsumen baru, maka kemungkinan besar karena efektivitas strategi Anda.

Marketing yang mencapai niche baru karena rekomendasi konsumen dan organic growth menunjukkan produk Anda sudah populer yang berkombinasi dengan aktivitas marketing.

Tanggapan Mitra Marketing

Mitra pemasaran, seperti affiliate atau freelance marketing, akan memberi tanggapan tentang efektivitas strategi marketing Anda. 

Tanggapan mereka mengungkap seberapa baik upaya marketing bisnis Anda berdampak pada brand, pemasok, dan vendor yang terkait.

Aktivitas Kompetitor

Aktivitas pesaing bisa menjadi indikator keberhasilan atau kegagalan strategi Anda. Jika mereka berusaha meniru atau mengungguli inisiatif marketing bisnis Anda, berarti strategi marketing Anda berhasil.

Namun, jika kampanye Anda diabaikan atau mendapat respons negatif, mungkin ada masalah dengan strategi yang Anda jalankan.

Tentu saja untuk memahami semua faktor di atas, harus ada metode evaluasi yang serba terukur dan taktis. Karena itulah, yuk, bahas metode mengukur berbagai faktor evaluasi di atas.

Parameter Evaluasi Strategi Marketing Bisnis Anda

Nah, berikut adalah beberapa parameter kunci yang sebaiknya Anda gunakan untuk menilai rencana pemasaran Anda.

Lalu Lintas Web

Mengukur trafik online adalah hal esensial. Bagaimana perbandingan trafik website Anda bulan ini dengan bulan lalu atau tahun lalu? Peningkatan jumlah pengguna menunjukkan visibilitas online yang meningkat dan potensi peningkatan lead pemasaran.

Tujuan Pemasaran

Evaluasi efektivitas rencana pemasaran dengan membandingkan dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Tetapkan Tujuan yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-Bound):

  • Spesifik: Tentukan dengan jelas apa yang ingin Anda capai.
  • Terukur: Pastikan bahwa tujuan tersebut dapat diukur, sehingga Anda dapat melacak kemajuannya.
  • Dapat dicapai: Sasaran Anda harus menantang namun realistis berdasarkan sumber daya dan kondisi pasar.
  • Relevan: Pastikan tujuan tersebut selaras dengan tujuan bisnis Anda dan memiliki tujuan yang jelas.
  • Terikat waktu: Tetapkan tenggat waktu tertentu untuk mencapai tujuan. 

Sebagai contoh, alih-alih hanya sekedar "meningkatkan lalu lintas situs web," targetkan untuk "meningkatkan lalu lintas situs web sebesar 15% di kuartal pertama 2024."

Marketing Qualified Leads (MQL)

Efektivitas rencana Anda tidak hanya tentang jumlah lead, tapi kualitasnya. Jika lead pemasaran Anda tidak berubah menjadi lead penjualan, maka segera berkoordinasi dengan tim sales untuk mendefinisikan lead yang memenuhi kualifikasi.

Temukan kampanye marketing mana yang menghasilkan lead tidak memenuhi kualifikasi. Lalu, sesuaikan untuk menargetkan audiens yang ideal.

Cek Setiap Channel dan Campaign

Saat evaluasi strategi marketing Anda maka salah satu langkah terakhir adalah membuat penyesuaian yang diperlukan. Ingatlah tips berikut ini selama evaluasi Anda:

  • Evaluasi channel dan campaign dari mana calon pelanggan berasal.
  • Ambil campaign atau channel yang berkinerja paling baik, untuk meniru strategi atau mengalokasikan lebih banyak anggaran.
  • Untuk channel dan campaign yang tidak berkinerja baik, maka segera evaluasi apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih efektif. Anda juga bisa menghentikan sementara kampanye. Anda juga bisa memindah alokasi anggaran Anda ke campaign atau channel lain.

Kepuasan Pelanggan

Pemasaran tidak berhenti setelah penjualan. Kepuasan konsumen adalah cara lain untuk mengukur efektivitas rencana pemasaran Anda.

Dengarkan apa yang dikatakan konsumen Anda untuk mendapatkan masukan tentang seberapa baik hasil rencana dan strategi marketing Anda. Untuk bisa mendengar kepuasan konsumen itu, Anda bisa melakukan survei, focus groups discussion (FGD), atau melihat online review.

Dalam dunia digital, kecepatan dan adaptasi adalah kunci. Makanya, strategi marketing yang efektif bukan sekedar menjalankan campaign dan berharap yang terbaik.

Strategi marketing adalah tentang pemantauan konstan, evaluasi, dan penyesuaian untuk memastikan bahwa Anda selalu satu langkah di depan kompetisi. Karena itulah evaluasi strategi marketing merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari marketing itu sendiri.

Sebagai penjual online di Indonesia, kesuksesan Anda bergantung pada seberapa baik Anda bisa beradaptasi dengan dinamika pasar yang selalu berubah. 

Sebagai contoh, kita tahu bersama, konsumen selalu mencari pengalaman pembelian yang nyaman, harga terjangkau, dan efisien. 

Pengalaman pembelian ini juga terkait dengan bagaimana proses pengiriman. Dan, saat konsumen bermasalah dengan jasa kurir ini, bisnis Anda terancam bermasalah di mata publik.

Apa artinya strategi marketing oke, evaluasi strategi marketing bagus tapi dapat review negatif dari konsumen?

Makanya, salah satu cara mendukung aktivitas marketing yang baik adalah strategi operasional layanan logistik.

Karena itu, kami hadir untuk bisnis Anda agar bisa menawarkan pengiriman yang terjangkau dan terpercaya, sehingga bisa memikat hati konsumen.

Selain itu, kami juga menyediakan KA Poin yang memungkinkan Anda dapat hadiah untuk setiap transaksi pengiriman di aplikasi KiriminAja.

Fleksibilitas biaya kami juga memungkinkan Anda menyesuaikan harga produk dengan kompetisi pasar, menjaga daya saing, dan tetap mengoptimalkan profit.

Artinya, saat memakai layanan kami, Anda lebih punya fleksibilitas dan fokus menjangkau pasar baru. Iya, urusan logistik Anda biar kami handle. Lalu, Anda fokus mengevaluasi dan beradaptasi dengan demi memperluas jangkauan pasar.

Dengan memanfaatkan KiriminAja, Anda bisa menghemat banyak biaya sambil tetap memberikan layanan reliable ke konsumen.

Kabar baiknya lagi, untuk banyak layanan di atas, Anda hanya perlu mendaftar gratis di Dashboard KiriminAja. Setelah mendaftar, Anda bisa langsung merasakan berbagai layanan prima yang kami miliki.

Sehingga, Anda bisa fokus menjaga #CashFlowAman sambil tetap bisa menjalankan evaluasi strategi pemasaran. Efeknya, bisnis jadi tenang dan profit terus berdatangan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.