Aslinya, Feedback Adalah Bentuk Cinta Konsumen. Yuk, Pahami Cinta Itu

Danusantoso
9 bulan yang lalu
Ecommerce
Jenis feedback

Feedback adalah output yang berupa tanggapan atau respon komunikan kepada komunikator. 

Komunikan adalah mereka yang menerima pesan, sedangkan komunikator adalah pemberi pesan.

Memang seperti hubungan asmara. Feedback, cinta adalah dua hal yang saling terhubung dan membentuk kesatuan yang positif bagi bisnis.

Dalam aktivitas bisnis sendiri,feedback biasanya berkaitan dengan komunikasi antar karyawan atau bisa juga respon dari pihak luar terhadap bisnis, seperti investor, customer, dan sebagainya.

Dalam bisnis, feedback adalah hal penting. Sebab, feedback bisa mengantarkan bisnis ke pertumbuhan positif. 

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca uraian mengapa feedback sangat penting dalam dunia bisnis di tautan tersebut. Anda akan membaca mengapa feedback bisa memberi efek positif bagi pertumbuhan bisnis.

Bagi konsumen, feedback semudah memencet tombol “send feedback” di aplikasi. Iya, semudah itu. Send feedback artinya mengirim umpan balik.

Setelah membaca artikel tersebut, Anda bisa melanjutkan artikel ini yang akan membahas berbagai jenis feedback dan bagaimana cara mendapatkan feedback dari pelanggan.

Selalu Camkan; Feedback Adalah Hal Positif

Seperti disebutkan sebelumnya, feedback adalah output yang berupa respon atas sebuah produk atau kondisi tertentu.

Positive feedback adalah umpan balik berupa respon positif seperti pujian atau pengakuan terhadap suatu tindakan atau perilaku yang dianggap baik atau memuaskan. 

Feedback positif biasanya diberikan untuk memotivasi seseorang agar terus melakukan hal-hal yang baik atau meningkatkan performa mereka. 

Contoh dari positive feedback adalah ucapan terima kasih, pujian, penghargaan atau bonus, serta testimoni atau review positif. 

Positive feedback ini dapat Anda manfaatkan sebagai pemantik untuk membangun motivasi, kepercayaan diri, dan hubungan yang baik antar karyawan atau pihak luar.

Negative Feedback

Negative feedback adalah umpan balik berupa kritik atau penilaian terhadap suatu tindakan atau perilaku yang dianggap buruk atau tidak memuaskan. 

Negative feedback biasanya diberikan untuk membantu seseorang memperbaiki kinerja mereka atau menghindari kesalahan yang sama di masa depan. 

Contoh dari negative feedback adalah kritik konstruktif, menunjukkan kesalahan yang telah dilakukan, atau memberikan saran untuk perbaikan. 

Harus diakui, kita semua pasti jengkel saat menerima feedback dengan kata-kata kasar. Akan tetapi, sebagai pelaku bisnis, Anda harus menyadari bahwa konsumen tidak bisa kontrol.

Artinya, Anda harus selalu fokus pada esensi feedback dari konsumen. Tentu saja, contoh feedback yang baik dipenuhi kata-kata halus dengan esensi yang membangun. Sayangnya, kadang kenyataan tidak seindah itu.

Meskipun terkesan kurang menyenangkan, tetapi negative feedback dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat evaluasi perbaikan.

Dengan demikian, Anda dapat membuat keputusan-keputusan bisnis dengan lebih bijaksana dan akurat.

Customer Feedback

Customer feedback adalah umpan balik yang diberikan oleh pelanggan terhadap produk, layanan, atau pengalaman yang mereka alami selama berinteraksi dengan bisnis Anda. 

Bentuk feedback dari pelanggan dapat berupa kritik, saran, pujian, atau keluhan terkait dengan kualitas produk atau layanan yang Anda berikan. 

Customer feedback ini sangat penting bagi bisnis Anda karena dapat memberikan wawasan dan informasi berharga tentang kebutuhan, preferensi, dan tingkat kepuasan pelanggan. 

Contoh customer feedback adalah “Saya menyukai desainnya yang modern dan fungsional. Saya akan merekomendasikan produk ini kepada teman dan keluarga.”

Dengan mendengarkan dan memperhatikan customer feedback, Anda dapat meningkatkan kualitas produk, mengidentifikasi dan memecahkan masalah, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Hal tersebut tentu pada akhirnya dapat meningkatkan reputasi dan keuntungan bisnis Anda. Sehingga, cashflow bisa tetap aman dan bisnis jadi tenang.

Manfaat Feedback dari Customer

Secara prinsip, feedback artinya sejumlah manfaat untuk bisnis. Tentu saja, jika feedback yang didapat itu direspon dengan baik. Beberapa manfaat utama dari customer feedback antara lain:

Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan

Ingat, feedback baik adalah umpan balik yang jadi landasan menyempurnakan bisnis Anda. Makanya, customer feedback dapat membantu bisnis Anda untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk atau layanan yang ditawarkan. 

Dengan memperbaiki kelemahan dan mempertahankan kekuatan, Anda dapat meningkatkan kualitas produk sehingga pelanggan tidak beralih ke pihak lain atau kompetitor yang menjual produk serupa.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Customer feedback dapat membantu bisnis Anda untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang ada.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Customer feedback dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mempertahankan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, serta memperbaiki kekurangan yang diidentifikasi oleh pelanggan.

Memecahkan Masalah

Customer feedback dapat membantu bisnis Anda untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan.

Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Customer feedback yang positif dapat membantu bisnis Anda untuk membangun reputasi yang baik di mata pelanggan dan masyarakat. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperluas jangkauan pasar.

Contoh Feedback dari Customer

Feed back adalah sesuatu yang sulit dikontrol. Makanya, feedback dari customer bisa berupa pujian, keluhan, saran, permintaan, hingga kritikan. Berikut beberapa contoh feedback yang biasanya customer berikan: 

  • Pujian: “Kualitas produknya bagus dan sesuai dengan pesanan saya. Selain itu, pengirimannya juga cepat.”
  • Keluhan: “Saya sangat kecewa dengan kualitas produk yang saya beli di toko ini. Produknya cepat rusak dan tidak sebanding dengan harga yang saya bayar.”
  • Saran: “Produknya sangat bagus dan bermanfaat untuk ibu rumah tangga seperti saya. Namun, akan lebih baik jika dibuat dengan variasi yang lebih banyak.”
  • Permintaan: “Saya tidak bisa transfer ATM, apakah bisa pakai sistem COD untuk pengirimannya?.”
  • Kritik konstruktif: “Saya mengalami sedikit kesulitan menggunakan produk Anda karena petunjuknya tidak jelas. Saya pikir toko Anda dapat meningkatkan petunjuk penggunaannya agar lebih mudah dipahami.”

Cara KiriminAja Menjaga Konsumen Anda Tetap Memberi Feedback Positif

Namun, Anda tidak perlu baper dan berkecil hati ketika mendapatkan feedback yang berupa kritikan atau keluhan. 

Hal tersebut tentu dapat Anda manfaatkan untuk lebih mengoptimalkan kualitas produk dan layanan yang bisnis Anda tawarkan.

Sebagai contoh, saat pelanggan memberikan feedback soal layanan logistik. Tentu saja, Anda harus menerima feedback tersebut, lalu mengevaluasi di mana masalahnya.

KiriminAja sudah menyiapkan uraian khusus bagaimana cara bisnis Anda menghadapi keluhan pelanggan dengan elegan dan solutif.

Anda sangat dianjurkan menerapkan panduan di uraian tersebut untuk menangani keluhan pelanggan.

Jika perlu, Anda bisa memakai KiriminAja untuk memperbaiki kualitas layanan logistik. Sebab, berinvestasi pada layanan logistik yang handal dan hemat biaya adalah salah satu pendekatan yang bisa diambil dalam bisnis Anda. 

Misalnya, menawarkan opsi pengiriman yang aman, murah, namun tetap dapat diandalkan. Apalagi, banyak pebisnis online kurang memperhatikan aspek logistik ini. 

Padahal, konsumen sangat menginginkan layanan pengiriman yang handal dengan harga terjangkau.

Nah, di sinilah KiriminAja dapat menjadi solusi Anda. KiriminAja adalah mitra bisnis yang mampu menangani berbagai aspek pengiriman produk bisnis online Anda.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja menghadirkan kemudahan dalam mengelola pesanan dan proses pengiriman.

Artinya, Anda tak perlu lagi khawatir tentang berbagai permasalahan pengiriman, seperti paket hilang, telat datang, atau rusak. Bisnis jadi tenang dan hidup Anda lebih stress-free.

Jika ada hambatan, layanan pelanggan KiriminAja siap berada di garda terdepan membantu Anda.

Selain itu, KiriminAja juga menawarkan berbagai fitur inovatif, salah satunya adalah COD Advance. 

Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencairkan dana COD hingga 50% begitu paket sudah berada di tangan kurir.

Jadi, Anda tidak perlu menunggu sampai paket sampai di tangan pelanggan untuk mencairkan dana. Tujuannya agar bisnis Anda dapat menjaga arus kas tetap stabil.

Karena, KiriminAja ingin membantu Anda memegang kendali penuh atas sistem logistik bisnis yang berjalan sambil tetap bisa mengatur margin keuntungan sendiri dan menjaga stabilitas arus kas.

Dengan dukungan KiriminAja, Anda punya lebih banyak peluang mengembangkan bisnis, meraih pelanggan baru, dan menjaga pelanggan lama tetap setia.

Kabar baiknya lagi, demi semua manfaat dan layanan premium di atas, Anda hanya perlu registrasi gratis di dashboard KiriminAja.

Setelah itu verifikasi data, dan langsung rasakan manfaat dari aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Bersama KiriminAja, feedback adalah cara Anda membangun bisnis jadi tenang, #CashFlowAman, dan lebih berani tumbuh.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.