Follow Up Artinya Apa Sih? Ini Dia Fungsi dan Caranya Bikin Konsumen Loyal

Danusantoso
10 bulan yang lalu
Bisnis
mengapa sih follow up itu penting?

Mempertahankan pelanggan agar tak pergi begitu saja adalah sebuah tantangan. Makanya, kamu sepertinya butuh follow up deh. Follow up artinya apa sih?

Follow up adalah upaya yang dilakukan oleh seller untuk menghubungi pelanggan setelah transaksi dilakukan, baik itu melalui pesan singkat, telepon, atau email. Intinya tetap ‘mengikuti’ dan tidak abai meskipun transaksi sudah selesai.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai arti dari follow up dan cara-cara dalam melakukan follow up pada customer. Pastikan simak sampai selesai ya!

Follow Up Artinya

Secara bahasa, follow up artinya ‘ikuti’ atau ‘mengikuti’. Dalam konteks bisnis, follow up artinya strategi yang digunakan untuk ‘mengikuti’ konsumen. Maksudnya gimana? Nih penjelasannya:

Follow up adalah proses tindak lanjut yang dilakukan oleh seller atau pengusaha setelah terjadi suatu transaksi atau hubungan bisnis dengan pelanggan.

Proses ini melibatkan upaya untuk menghubungi pelanggan setelah transaksi dilakukan, baik itu melalui pesan singkat, telepon, atau email. Caranya adalah dengan mengecek dan mengikuti perkembangan dari transaksi.

Nah sekarang kamu sudah mengerti kan apa itu follow up, ini tidak hanya ‘mengikuti’ secara harfiah tapi lebih jauh lagi merupakan sebuah upaya untuk tetap terhubung setelah transaksi selesai.

Mengapa Sih Follow Up Itu Penting?

Kamu pasti sedikit bertanya kenapa sih sepenting itu follow up untuk bisnis? Jangan salah loh, follow up ini bisa bikin kamu mengukur sejauh mana dan sebaik apa produk serta layananmu.

Selain itu ada beberapa alasan lain mengapa follow up ini penting buat bisnismu, seperti:

  • Membantu memastikan bahwa semuanya telah dipahami dan tidak ada kesalahpahaman.
  • Kamu bisa memastikan jika produk atau layanan telah memenuhi harapan dan memberikan kesempatan untuk menanggapi feedback pelanggan.
  • Kamu bisa mengidentifikasi peluang lanjutan sehingga bisa menawarkan produk maupun layanan tambahan.
  • Menjaga hubungan antara seller dan customer jadi awet. Ini bisa menciptakan konsumen yang loyal.

Selain beberapa alasan di atas, dengan follow up kamu bisa menyelesaikan masalah dengan cepat jika ada masalah. Misalnya adanya komplain, ketidaksesuaian dan lainnya.

Akhirnya dengan follow up kamu bisa mendapatkan feedback yang berharga dari para pelanggan. Makanya, follow up itu sangat penting untuk perkembangan bisnis.

Tujuan Follow Up

Tujuan follow up adalah untuk memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang diberikan, serta membantu mengatasi masalah yang muncul dalam penggunaan produk atau layanan tersebut.

Melakukan follow up juga memungkinkan kamu untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, sehingga pelanggan akan lebih cenderung untuk kembali membeli produk atau layanan dari bisnismu di masa depan.

Selain itu, follow up juga dapat membantu kamu dalam memperoleh masukan dan saran dari pelanggan untuk memperbaiki kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.

Dalam konteks bisnis, follow up juga dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan bisnis.

Fungsi Follow Up

Kamu dapat menggunakan follow up untuk menawarkan produk atau layanan baru, memberikan penawaran khusus atau diskon untuk pelanggan setia, atau bahkan memperkenalkan program afiliasi yang dapat membantu meningkatkan bisnis kamu.

Dengan follow up kamu bisa mengukur kepuasan pelanggan, menjalin hubungan jangka panjang, membaca peluang baru dan bisa sigap dan tanggap dalam menjawab keluhan konsumen.

Secara keseluruhan, follow up merupakan strategi yang penting dalam menjaga hubungan bisnis dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperluas jangkauan bisnis.

Dengan melakukan follow up secara teratur dan efektif, kamu dapat membangun reputasi yang baik dan mendapatkan pelanggan yang setia dan loyal pada bisnismu.

Media Untuk Follow Up

Untuk melakukan follow up, kamu bisa menggunakan beberapa media untuk melakukannya seperti:

Email

Sampai saat ini, email masih jadi cara yang lumayan oke untuk keep in touch dengan pelanggan. Tapi kamu juga harus pilah pilih dalam mengirim biar pesan follow up tidak dianggap sebagai spam dan terabaikan.

Jadwalkan di waktu yang pas dan isi dengan tawaran atau materi yang menarik.

Media Sosial

Karena udah zaman sosmed, follow up sekarang jadi lebih mudah. Kamu bisa follow up pelanggan dengan cara kirim foto, video, atau materi promosi lainnya yang menarik.

Dengan media sosial, kamu bisa membuat dan menyesuaikan follow up sesuai dengan kebutuhan.

Telepon

Komunikasi lewat telepon sebenarnya masih oke, lho. Meskipun sekarang mungkin udah jarang dipakai karena sibuk, tapi ini cara yang efektif buat nutupin jarak. Nggak perlu lama-lama, cukup sekadar nanya kabar atau ngobrol santai aja.

Cara Follow Up Customer dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa cara follow up yang dapat kamu lakukan untuk dalam bisnis kamu:

Lakukan Follow Up Setelah Transaksi Dilakukan

Setelah transaksi dilakukan, pastikan kamu mengirimkan pesan ucapan terima kasih kepada pelanggan dan meminta umpan balik mereka tentang produk atau layanan yang telah mereka gunakan.

Hal ini memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan pengalaman mereka dan membantu kamu dalam mengidentifikasi masalah yang muncul dalam penggunaan produk atau layanan tersebut.

Lakukan Follow Up Secara Teratur

Selain melakukan follow up setelah transaksi dilakukan, pastikan kamu juga melakukan follow up secara teratur untuk memperkuat hubungan bisnismu dengan pelanggan.

Kamu dapat melakukan follow up melalui email, telepon, atau pesan singkat untuk mengirimkan informasi tentang penawaran khusus, produk baru, atau bahkan untuk sekedar menanyakan kabar kepada pelanggan.

Berikan Penawaran Khusus

Selama melakukan follow up, jangan ragu untuk memberikan penawaran khusus atau diskon untuk pelanggan setia.

Hal ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat mereka merasa dihargai oleh bisnismu. Ini merupakan salah satu cara follow up customer yang ampuh.

Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Follow Up

Pastikan kamu melakukan follow up pada waktu yang tepat, yaitu ketika pelanggan sedang membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnismu.

Misalnya, jika menjual baju renang, pastikan kamu melakukan follow up pada musim panas ketika pelanggan sedang membutuhkan baju renang untuk liburan.

Gunakan Teknologi yang Tepat

Untuk memudahkan proses follow up, kamu dapat menggunakan teknologi yang tepat seperti software manajemen pelanggan (CRM) atau layanan email marketing.

Hal ini dapat membantu kamu dalam mengelola informasi pelanggan, melakukan follow up secara teratur, dan memperoleh insight tentang perilaku pelanggan untuk meningkatkan bisnismu.

Dengan melakukan follow up secara teratur dan efektif, kamu dapat memperkuat hubungan bisnis dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memperluas jangkauan bisnis.

Tips Lain untuk Mendukung Follow Up

Selain melakukan follow up terhadap pelanggan, ada beberapa strategi lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap menarik di mata konsumen.

Salah satu langkah cerdas mengoptimalkan bisnis online ialah menjaga lancarnya sistem logistik. Untuk itu, kamu perlu memiliki sistem manajemen ekspedisi berkualitas, reliable, dan dengan terjangkau.

Apalagi, tuntutan konsumen saat ini ingin paket diproses dengan cekatan, terjamin keamanannya, serta biaya pengiriman terjangkau. Sayangnya, tidak semua penyedia jasa kurir dapat memenuhi tuntutan tersebut.

Sebagai pelaku bisnis online, kamu dapat mengeksplorasi celah tersebut dengan menawarkan pelayanan kurir berharga terjangkau namun tetap terpercaya di mata konsumenmu.

Bagaimana caranya? Rahasianya terletak pada KiriminAja.

KiriminAja adalah aplikasi kirim paket #1 Indonesia, yang memudahkan untuk mengelola pesanan dan pengiriman bisnis online.

Dengan memilih KiriminAja sebagai mitra bisnis di sektor logistik, kamu akan mendapatkan layanan manajemen ekspedisi paket yang punya biaya efisien dan reliable.

Melalui KiriminAja, tidak perlu cemas pada masalah pengiriman, seperti paket yang hilang atau rusak. Apabila ada kendala, layanan pelanggan kami yang responsif siap membantu kamu.

Ditambah lagi, kamu juga bisa mendapatkan fitur inovatif KiriminAja yang bernama COD Advance. Dengan fitur ini, kamu dapat mencairkan dana COD saat paket telah berada di tangan kurir.

Benar sekali, kamu tak perlu menunggu hingga paket sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, bisnis dapat menjaga #CashFlowAman.

Kamu hanya perlu melakukan registrasi gratis di dashboard KiriminAja, melakukan verifikasi data, dan langsung merasakan manfaat aplikasi kirim paket #1 Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi?! Coba KiriminAja sekarang, demi menjaga #CashFlowAman, fokus pada inovasi produk baru, memaksimalkan keuntungan, dan menjadikan bisnis lebih stabil.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.