Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli

Updated July 3, 2022 • Created 2 bulan yang lalu
Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli

Produk (baik jasa maupun barang) sering dilabeli ‘murah’ atau ‘terjangkau’. Harapannya, agar target market berminat untuk membeli. Padahal, alasan tersebut hanyalah sebagian dari alasan mengapa orang mau melakukan pembelian. Sebelum terjadi pembelian, ada aktivitas marketing yang dilakukan. Marketing bertugas “mempengaruhi” (to influence) agar muncul “potensi pembelian” (to buy). Beli atau tidak, itu keputusan audience yang kita target. Agar terhindar dari kesulitan merencanakan dan melakukan marketing, berikut ini 5 aktivitas marketing yang bisa Sahabat rencanakan dan lakukan, agar dapat mempengaruhi seseorang melakukan pembelian.

1. MEMBANGUN KESADARAN BRAND:

Membangun kesadaran Brand adalah satu upaya agar calon pembeli terpengaruhi untuk mau mengenal lebih dalam tentang bisnis dan produk yang kita tawarkan.  Caranya, dengan menampilkan sebuah pesan berisi value/gagasan yang disukai oleh calon pembeli.  Pesan tersebut diolah secara visual maupun audio, dan ditampilkan di saluran media. Kita juga perlu memilih media yang dan metode yang disukai oleh calon pembeli agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.

2. MEMBANGUN PERTIMBANGAN:

Ada sebagian calon pembeli yang sudah memiliki kesadaran atau kebutuhan terhadap solusi dari masalah yang sedang di hadapi. Tahapan ini calon pembeli mulai mencari-cari berbagai solusi yang ada di sedaiakan di market. Dalam proses pencarian dari seorang calon pembeli yang sedang mencari solusi terbaik dari masalah yang di hadapi, tentunya akan bertemu dengan banyak media dari berbagai bisnis yang menawarkan jasa dan produk. Tentunya penting dari bisnis kita untuk ikut muncul dari media-media yang ada untuk menampung calon konsumen yang sedang mempertimbangkan jasa atau produk yang terbaik untuknya.  Media ini berisi konten visual maupun audio, agar target market semakin kuat keyakinannya untuk membeli produk (baik barang maupun jasa) dari bisnis. Bisnis kita bisa memunulkan fitur, benefit, atau testimoni, dengan cara yang sesuai dengan psikologi dan kisah yang sedang di hadapi calon konsumen.

3. MENDORONG KONVERSI:

Bagian ini yang biasanya kita para pebisnis manfaatkan untuk menyegerakan calon konsumen untuk segera melakukan transaksi.  Ada banyak elemen marketing yang bisa dimanfaatkan dalam tahap ini, diantaranya: penentuan harga, pengemasan, diskon, batas waktu pembelian, biasanya kita gunakan pada bagian ini untuk menyegerakan calon pembeli melakukan transaksi.  Tentunya penggunaan elemen-elemen tersebut tidak bisa sembarangan dan harus dipertimbangkan untuk memilih elemen yang tepat digunakan. Semakin banyak elemen value yang tepat ditampilkan sebelum bagian konversi maka semakin mudah pembelian dapat terjadi.

4. MEMBANGUN LOYALITAS:

Setelah kustomer melakukan pembelian tentunya akan menerima dan menggunakan produk yang kita tawarkan.  Yang perlu kita ketahui adalah, sebenarnya produk adalah salah satu saluran marketing agar menimbulkan  loyalitas dan dapat terjadi pembelian ulang. Melalui produk kita bisa menciptakan trust dari konsumen ke bisnis kita. Karena di momen inilah brand akan menancap kuat. Namun hal ini juga berlaku sebaliknya.  Produk yang buruk akan menciptakan ketidak percayaan konsumen kepada brand kita.

5. MEMBANGUN ADVOKASI:

Target market yang sudah merasakan value dan merasa loyal dengan sesuatu, punya keinginan untuk menyampaikan juga kepada khalayak. Mereka akan memberikan ‘pembelaan’ dan menguatkan aktivitas-aktivitas marketing yang sudah ada. Semakin banyak orang yang rela melakukan hal ini, semakin kuat aktivitas marketing secara keseluruhan. Melalui 5 aktivitas yang sudah kami jelaskan diatas, semoga langkah-langkah marketing bisnis dapat lebih mudah direncanakan dan dilakukan. Penjelasan yang lebih detail, tunggu artikel berikutnya ya! Semoga memberi inspirasi!

Related posts:
  1. Cara Mencari Distributor Skincare Terpercaya
  2. Menyiapkan Modal untuk Bisnis Skincare
  3. Keuntungan dan Tantangan Bisnis Menjadi Reseller Skincare
  4. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  5. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
Dwika
Author
Dwika
Tags No tags.
Bagikan