Ini Dia Penjelasan Tagline dan Slogan

Kinanthi Haksari
2 bulan yang lalu
200
Ini Dia Penjelasan Tagline dan Slogan

Tau kah kamu, bahwa tagline dan slogan memiliki fungsi yang hampir sama namun sesungguhnya berbeda. Memang sepintas fungsi dari tagline dan slogan hampir sama, yaitu sebagai pengingat atau brand awareness sebuah produk. Walaupun hampir memiliki fungsi yang sama ternyata masing-masing penggunaannya memiliki perbedaan.

Tagline dan slogan selalu mengikuti logo brand tersebut. Selain menjadi karakter atau penanda sebuah logo, tagline dan slogan dibuat saling berkaitan dengan brand tersebut sehingga dapat menjadi pengingat brand tersebut.

Tagline

Tagline merupakan logo verbal karena umumnya frasa yang digunakan akan berasosiasi dengan brand. Umumnya tagline dibuat mengikuti perkembangan trend dan mengikuti jaman. Biasanya kata-kata yang digunakan sebagai tagline akan memilki ciri khas, unik, dan inspiratif. Seperti contohnya tagline sebuah brand handphone pada jaman dahulu, Nokia “connecting people”. Sebelum berkembangnya produk handphone seperti saat ini, Nokia menjadi salah satu brand handphone yang merajai pasar.

Slogan  

Frasa yang digunakan dalam sebuah slogan cenderung sebagai pengenalan produk tersebut. Kalimat-kalimat ajakan, deskripsi produk, atau yang berhubungan dengan target konsumen sering digunakan dalam slogan. Biasanya slogan yang dimilki berbeda-beda pada setiap produk atau seri yang brand tersebut miliki. Hal ini terjadi karena berbedanya target konsumen dari setiap produk yang diciptakan.

Tagline dan slogan menjadi rancu penggunaanya dikarenakan beberapa brand menggunakan tagline dan slogan yang sama. Hal ini dikarenakan brand tersebut masih membutuhkan identitas yang kuat, sehingga konsumen tidak kebingungan membedakan sebuah brand, dan lebih cenderung mengingat brand dalam satu frasa. Pembuatan sebuah tagline disarankan mencari perspektif yang unik dari brand tersebut, sedangkan untuk pembuatan sebuah slogan, diharapkan frasa yang digunakan dapat menggunakan kata-kata yang kreatif, mudah diingat dan catchy.