Canvassing Adalah Senjata Membangun Gurita Bisnis untuk Masa Depan

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Kelebihan dan kekurangan canvassing

Sales canvassing adalah aktivitas penjualan di mana Anda melakukan kontak pertama dengan prospek tanpa janji terlebih dahulu. Pendataan penjualan dapat dilakukan melalui telepon, atau dapat dilakukan secara langsung.

Banyak usaha kecil atau bisnis pemula memilih sistem canvassing karena mereka tidak memiliki anggaran untuk mendirikan departemen yang sama sekali baru dan menyewa konsultan penjualan yang mahal.

Sales canvasing memang bisa menjadi salah satu cara untuk memulai penetrasi pasar. Hanya saja, aktivitas canvasing harus tepat dan sesuai dengan pasar yang akan dipenetrasi.

Untuk memahami korelasi penetrasi pasar dan canvassing, KiriminAja menguraikan secara detail apa itu penetrasi pasar. 

Untuk itu, Anda hanya cukup klik tautan uraian penetrasi pasar berikut. Setelah membacanya, cobalah kolaborasikan dengan strategi sales canvasing yang akan Anda baca di bawah ini.

Canvassing Adalah Hal Wajib Bagi Bisnis

Canvassing adalah hal wajib bagi bisnis karena banyak benefit yang bisa didapatkan dari metode ini. Selain itu, canvassing juga bisa dilakukan oleh berbagai jenis ukuran bisnis. 

Sebagai pembuka, mari memahami kelebihan dan kekurangan metode canvasser. Mari kita bahas keuntungannya terlebih dulu.

Ekonomis

Metode sales canvasing tidak membutuhkan budget banyak. Metode canvassing jadi berbeda dengan metode sales lain yang mengharuskan adanya biaya besar untuk periklanan , pemasaran, pertemuan bisnis, konferensi, dan lainnya.

Tentu saja, metode ini dapat digunakan untuk menjangkau orang atau meyakinkan orang untuk membeli produk Anda.

Tidak Pernah Kekurangan Prospek

Dengan menjalankan metode canvassing, maka Anda dapat memilih daftar kontak dan mulai menelepon orang. 

Anda dapat menghubungi orang yang mungkin tidak dikenal, tetapi lakukanlah dengan penuh rencana dan strategi.

Anda dapat membuat daftar prospek yang tertarik berdasarkan tanggapan mereka. Pada akhir daftar kontak Anda, Anda akan memiliki daftar prospek yang telah menunjukkan minat.

Tidak Perlu Departemen Khusus dan Tim Besar

Beberapa metode lain memerlukan investasi besar di akhir penjualan atau memerlukan departemen khusus dan tim ahli. 

Anda dapat menggunakan teknik canvassing hanya dengan melakukan kontak WhatsApp dengan pelanggan.

Namun, Anda harus mempelajari beberapa tips dan trik untuk meningkatkan tingkat keberhasilan konversi Anda.

Tidak Ada Batas Waktu

Canvassing sales adalah aktivitas tanpa batasan waktu. Jadi, Anda bisa mengatur sendiri ritme kerja sales kanvas.

Tidak ada batasan jumlah panggilan yang Anda lakukan dalam sehari atau pada waktu seperti metode lainnya.

Anda dapat membuat sejumlah panggilan sepanjang hari. Ini tidak hanya akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, tetapi Anda juga akan menjadi mahir dalam keterampilan Anda dalam membujuk dan menjual.

Berinteraksi dengan Banyak Orang

Melalui canvassing, Anda mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda. Akan ada panggilan yang akan menghasilkan kesuksesan, dan akan ada panggilan di mana Anda akan diteriaki.

Tetapi satu hal yang pasti bahwa Anda belajar tentang orang, tuntutan mereka, dan harapan mereka dari bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membangun bisnis Anda dan meningkatkan produk dan layanan Anda. Anda dapat menerapkan pelajaran yang Anda pelajari segera untuk mendapatkan hasil yang positif.

Tidak Membatasi Perkembangan Bisnis

Sales kanvas adalah salah satu ujung tombak aktivitas sales bisnis Anda. Karenanya, sales kanvas bisa pergi ke mana saja, atau berkomunikasi dengan siapapun untuk menjual produk. Lebih jauh lagi, canvassing tidak membatasi Anda untuk mengembangkan bisnis.

Sedangkan metode pemasaran lainnya, seperti periklanan, memiliki jangkauan yang terbatas. Iklan untuk bisnis Anda dengan ditampilkan hanya di area di mana Anda telah membayar untuk ditampilkan.

Tidak Perlu Struktur Pendukung

Aplikasi untuk sales kanvas tidak memerlukan sistem pendukung seperti metode lainnya. Misalnya, untuk membuat iklan, Anda harus bergantung pada biro iklan dan pemilik media.

Kualitas iklan Anda dan frekuensinya akan tergantung pada investasi yang Anda lakukan. Padahal, sales canvassing adalah pekerjaan satu orang. 

Artinya, satu orang dapat melakukan pekerjaan ini tanpa bantuan apapun dan membutuhkan teknologi berat apapun. Yang dibutuhkan hanyalah kesabaran si penelepon dan bakatnya dalam membujuk orang.

Kekurangan dari Sales Canvassing

Selain memiliki beberapa keuntungan, ternyata tehnik penjualan canvassing juga mempunya banyak kekuranganlah loh. Berikut ini beberapa uraiannya.

Proses yang Melelahkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penjualan kanvas adalah proses yang sangat melelahkan. 

Ada saat-saat sales kanvas akan terpaku kelelahan di pinggir jalan. Bisa juga, Anda akan menghadapi prospek yang mengganggu bisnis secara keseluruhan.

Karena itulah, sales kanvas menjalani proses yang melelahkan. 

Tingkat Keberhasilan Rendah

Salah satu kekurangan sales adalah tingkat keberhasilan metode sales canvasing cukup rendah. Anda mungkin mendapatkan satu respons positif setelah melakukan sepuluh panggilan, dan tidak ada jaminan penyelesaian penjualan.

Untuk mendapatkan respons yang lebih positif, seseorang diharuskan melakukan lebih banyak panggilan, yang dapat mempengaruhi kehidupan pribadi orang tersebut.

Sales Canvassing Tidak Disukai Oleh Kebanyakan Orang

Dengan persaingan yang semakin ketat, setiap bisnis mencoba metode mereka untuk menjangkau pelanggan mereka dengan cepat. 

Sales canvassing adalah salah satu metode yang paling disukai digunakan oleh semua bisnis. Rata-rata orang mendapat 4-5 panggilan penjualan dalam sehari di AS.

Selain itu, Tidak peduli berapa banyak pengalaman dalam kampanye penjualan, tetapi Anda tidak akan pernah bisa mengendalikan pikiran dan suasana hati orang di seberang telepon.

Tidak Ada Jaminan

Pendataan penjualan bukanlah metode berkelanjutan untuk menjangkau dan meyakinkan pelanggan. Ini adalah proses yang sangat panjang, dan tingkat keberhasilannya cukup rendah. Ada kemungkinan Anda membuat 2-3 transaksi penjualan dalam sehari, dan ada kalanya Anda tidak dapat meyakinkan satu pelanggan bahkan setelah menelepon 4-5 hari berturut-turut.

Teknik Usang

Dengan kemajuan teknologi dan penetrasi internet, ada beberapa metode digital marketing yang bisa  menggantikan kanvas penjualan. 

Tentu saja, karena biayanya lebih mahal dari anak pegawai pajak, maka jangan mencoba-coba metode ini.

Takut Spammer

Sales canvassing adalah aktivitas yang dirasa cukup mengganggu. Bahkan, di banyak kasus, sales canvassing hampir disamakan dengan spammer.

Padahal aktivitas spam dan sales canvassing adalah dua hal berbeda. 

Bukan Metode Profesional

Kebanyakan orang berpikir bahwa sales canvassing adalah metode yang tidak profesional untuk menjangkau pelanggan potensial. 

Padahal sales canvasser yang tepat, biasanya, dimiliki oleh pihak kedua. Sedangkan pihak ketiga, biasa mengekspor ke lokasi tersebut. 

Sales Canvassing dapat Merusak Reputasi Jika Dilakukan dengan Salah

Orang-orang yang mewakili bisnis Anda adalah wajah perusahaan di mata konsumen. Orang-orang akan menilai bisnis Anda berdasarkan interaksi mereka dengan sales kanvas tersebut. 

Sebuah canvassing penjualan adalah proses yang sangat melelahkan. Apalagi jika klien diminta untuk mengulangi informasi yang sama lagi dan lagi. 

Karenanya, memilih orang yang tepat untuk sales canvassing adalah hal krusial.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa ternyata metode sales canvasing memang mempunyai kelebihan dan kekurangan. 

Tetapi, saat diterapkan dengan strategi yang baik maka akan mendatangkan keuntungan sesuai yang diharapkan. 

Namun, tidak semua bisnis dapat menggunakan metode canvasing, jadi tentukan dulu apakah model bisnis Anda cocok untuk menggunakan metode canvasing atau tidak.

Akan tetapi, metode canvassing sangat cocok untuk KiriminAja sebagai layanan manajemen jasa kurir Indonesia.

Karenanya, jika Anda membutuhkan jasa pengiriman barang, jangan lupa pake KiriminAja. Dengan berbagai fasilitas yang yang ada mempermudah segala urusan pengiriman Anda, menjaga #CashFlowAman, sehingga bisnis jadi tenang. 

Apalagi, saat Anda sudah menjadi member KiriminAja, maka semua layanan di aplikasi kirim paket #1 Indonesia ini bisa sangat diandlkan.

Yuk, pakai KiriminAja agar praktik sales canvassing adalah masalah sepele. Sehingga Anda bisa fokus mencari konsumen baru.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.