Keuntungan dan Kerugian Metode Sales Canvasing

Updated September 28, 2022 • Created 7 bulan yang lalu
Keuntungan dan Kerugian Metode Sales Canvasing

Aktivitas penjualan di mana Anda melakukan kontak pertama dengan prospek tanpa janji terlebih dahulu disebut sales canvasing. Pendataan penjualan dapat dilakukan melalui telepon, atau dapat dilakukan secara langsung.

Banyak usaha kecil atau bisnis pemula memilih metode ini karena mereka tidak memiliki anggaran untuk mendirikan departemen yang sama sekali baru dan menyewa konsultan penjualan yang mahal.

Keuntungan dari penjualan canvassing

Ketahui keuntungan dari metode penjualan canvassing yang tidak membutuhkan anggaran marketing yang mahal, berikut ini ulasannya.

 

  1. Ekonomis

Metode sales canvasing  tidak membutuhkan budget cukup banyak seperti metode lain  yang mengharuskan mengeluarkan biaya untuk periklanan , pemasaran, pertemuan bisnis, konferensi, dan lainnya.

Tentu saja, metode ini dapat digunakan untuk menjangkau orang atau meyakinkan orang untuk membeli produk Anda.

 

  1. Tidak pernah kekurangan prospek

Dengan menjalankan metode canvassing maka Anda dapat memilih daftar kontak dan mulai menelepon orang. Anda dapat menghubungi orang yang mungkin tidak dikenal, tetapi lakukanlah dengan penuh rencana dan strategi.

 

Anda dapat membuat daftar prospek yang tertarik berdasarkan tanggapan mereka. Pada akhir daftar kontak Anda, Anda akan memiliki daftar prospek yang telah menunjukkan minat.

 

  1. Tidak perlu departemen khusus dan tim besar

Beberapa metode lain memerlukan investasi besar di akhir penjual atau memerlukan departemen khusus dan tim ahli. Anda dapat menggunakan teknik canvassing melakukan kontak dengan pelanggan sebanyak yang dia butuhkan.

 

Namun, Anda harus mempelajari beberapa tips dan trik untuk meningkatkan tingkat keberhasilan konversi Anda.

 

  1. Tidak ada batas waktu

Tidak ada batasan jumlah panggilan yang Anda lakukan dalam sehari atau pada waktu seperti metode lainnya.

 

Anda dapat membuat sejumlah panggilan sepanjang hari. Ini tidak hanya akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, tetapi Anda juga akan menjadi mahir dalam keterampilan Anda dalam membujuk dan menjual.

 

  1. Berinteraksi dengan Banyak Orang

Melalui canvassing, Anda mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang berbeda. Akan ada panggilan yang akan menghasilkan kesuksesan, dan akan ada panggilan di mana Anda akan diteriaki.

 

Tetapi satu hal yang pasti bahwa Anda belajar tentang orang, tuntutan mereka , dan harapan mereka dari bisnis Anda.

 

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membangun bisnis Anda dan meningkatkan produk dan layanan Anda. Anda dapat menerapkan pelajaran yang Anda pelajari segera untuk mendapatkan hasil yang positif.

 

  1. Tidak Membatasi Perkembangan Bisnis

Canvassing tidak membatasi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda karena Anda dapat duduk di kantor Anda dan dapat melakukan panggilan lokal, nasional, dan internasional . Anda bahkan dapat menjangkau pelanggan yang duduk ribuan mil jauhnya dari Anda.

 

Sedangkan metode pemasaran lainnya, seperti periklanan, memiliki jangkauan yang terbatas. Iklan untuk bisnis Anda dengan ditampilkan hanya di area di mana Anda telah membayar untuk ditampilkan.

 

  1. Tidak perlu struktur pendukung

Sales canvassing adalah satu-satunya metode yang tidak memerlukan sistem pendukung seperti metode lainnya. Misalnya, untuk membuat iklan, Anda harus bergantung pada biro iklan dan pemilik media.

 

Kualitas iklan Anda dan frekuensinya akan tergantung pada investasi yang Anda lakukan. Padahal, sales canvassing adalah pekerjaan satu orang. Satu orang dapat melakukan pekerjaan ini tanpa bantuan apapun dan membutuhkan teknologi berat apapun . Yang dibutuhkan hanyalah kesabaran si penelepon dan bakatnya dalam membujuk orang.

 

Kekurangan dari Sales Canvasing

Selain memiliki beberapa keuntungan, ternyata tehnik penjualan canvassing juga mempunya banyak kekuranganlah loh. Berikut ini beberapa uraiannya.

 

  1. Proses yang melelahkan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penjualan kanvas adalah proses yang sangat melelahkan. Ada saat-saat Anda akan terpaku tanpa membiarkan Anda mengucapkan sepatah kata pun tentang produk Anda , atau Anda akan menghadapi prospek yang mengganggu. Beberapa panggilan back to back yang gagal mematahkan kepercayaan diri Anda.

 

  1. Tingkat keberhasilan rendah

Tingkat keberhasilan metode sales canvasing cukup rendah. Anda mungkin mendapatkan satu respons positif setelah melakukan sepuluh panggilan, dan tidak ada jaminan penyelesaian penjualan.

Untuk mendapatkan respons yang lebih positif, seseorang diharuskan melakukan lebih banyak panggilan, yang dapat mempengaruhi kehidupan pribadi orang tersebut.

 

  1. Sales Canvassing tidak disukai oleh kebanyakan orang

Dengan persaingan yang semakin ketat, setiap bisnis mencoba metode mereka untuk menjangkau pelanggan mereka dengan cepat. Sales canvassing adalah salah satu metode yang paling disukai digunakan oleh semua bisnis. Rata-rata orang mendapat 4-5 panggilan penjualan dalam sehari di AS, yang menurut orang sangat menjengkelkan. Selain itu, Tidak peduli berapa banyak pengalaman Anda dalam kampanye penjualan, tetapi Anda tidak akan pernah bisa mengendalikan pikiran dan suasana hati orang di seberang telepon.

 

  1. Tidak ada jaminan

Pendataan penjualan bukanlah metode berkelanjutan untuk menjangkau dan meyakinkan pelanggan. Ini adalah proses yang sangat panjang, dan tingkat keberhasilannya cukup rendah. Ada kemungkinan Anda membuat 2-3 transaksi penjualan dalam sehari, dan ada kalanya Anda tidak dapat meyakinkan satu pelanggan bahkan setelah menelepon 4-5 hari berturut-turut.

 

  1. Teknik usang

Dengan kemajuan teknologi dan penetrasi internet, ada beberapa metode lain seperti pemasaran email, pemasaran online , dll. yang menggantikan kanvas penjualan. Metode-metode ini jauh lebih unggul daripada sales canvassing dan memiliki laba atas investasi yang jauh lebih besar.

 

  1. Takut spammer

Ada kemungkinan Anda bahkan tidak mendapat kesempatan untuk berbicara dengan orang yang Anda coba telepon. Karena mereka bahkan tidak akan menerima panggilan ketika mereka melihat id pemasaran dengan nomor panggilan. Kebanyakan orang sengaja menjauh dari panggilan dari id pemasaran karena takut spammer. Spammer menggunakan metode ini untuk mengambil keuntungan dari orang dan menjarah mereka.

 

  1. Bukan metode profesional

Kebanyakan orang berpikir bahwa penjualan kanvas adalah metode yang tidak profesional untuk menjangkau pelanggan potensial. Mereka lebih suka mendengarkan wiraniaga yang menelepon atau berkunjung setelah membuat janji dan biasanya merasa kesal ketika orang mencoba menjual sesuatu tanpa memberitahu mereka sebelumnya. Selain itu, beberapa perusahaan mempekerjakan orang yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam pencarian penjualan, dan terkadang mereka berbicara kasar dengan prospek melalui telepon. Karena alasan ini, banyak orang menghindari panggilan telepon tanpa janji terlebih dahulu.

 

  1. Sales Canvassing dapat merusak reputasi jika dilakukan dengan salah

Orang-orang yang mewakili Anda adalah wajah perusahaan Anda. Orang-orang akan menilai bisnis Anda berdasarkan interaksi mereka dengan perwakilan penjualan Anda. Sebuah canvassing penjualan adalah proses yang sangat melelahkan, dan perwakilan Anda diminta untuk mengulangi informasi yang sama lagi dan lagi. Ada kemungkinan mereka akan lelah dan menjadi bumerang bagi Anda yang berada di seberang telepon. Satu kejadian buruk sudah cukup merusak citra perusahaan di pasar.

 

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa ternyata metode sales canvasing memang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tetapi, saat diterapkan dengan strategi yang baik maka akan mendatangkan keuntungan sesuai yang diharapkan. Namun, tidak semua bisnis dapat menggunakan metode canvasing, jadi tentukan dulu apakah model bisnismu cocok untuk menggunakan metode canvasing atau tidak.

Jangan lupa membuat skema kedepan dalam bisnis anda, jika membutuhkan jasa pengiriman barang, jangan lupa pake KiriminAja. dengan berbagai fasilitas yang yang ada mempermudah segala urusan pengirimanmu.


Mau COD? bisa.
Mau Pickup dirumah? bisa. 
mau banyak diskon? bisa.

Yuk cobain 
KiriminAja. 1 aplikasi multi ekspedisi yang permudah kirimanmu! 


Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Dwika
Author
Dwika
Bagikan