Klasifikasi Produk Adalah Penggolongan Krakteristik yang Bisa Bikin Kamu Bedain Satu Sama Lain

Akhmad Ilham Cahyono
4 minggu yang lalu
Bisnis
Apa Itu Klasifikasi Produk?

Mengelola toko online memang penuh tantangan, ya! Selain harus memikirkan strategi pemasaran yang jitu, kamu juga harus paham betul soal produk yang kamu jual. Salah satu aspek penting yang sering kali terlewatkan oleh banyak seller adalah klasifikasi produk. 

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih klasifikasi produk itu penting dan bagaimana caranya? Nah, artikel ini akan membahas semua hal yang perlu kamu ketahui tentang klasifikasi produk.

Tapi sebelum kita melangkah lebih jauh, ada satu hal penting yang nggak boleh kamu lewatkan. Kalau kamu mau bisnis onlinemu semakin lancar dan pelanggan semakin puas, pastikan kamu memilih layanan pengiriman yang andal dan praktis. 

Nah, coba deh gunakan KiriminAja! Dengan berbagai fitur unggulannya, KiriminAja bisa memudahkan proses pengiriman paketmu. Nggak cuma praktis, tapi juga bisa menghemat waktu dan biaya. Jadi, sambil kamu menyimak artikel ini, yuk langsung cek KiriminAja dan rasakan kemudahannya.

Apa Itu Klasifikasi Produk?

Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan utama. Jadi, apa sih sebenarnya klasifikasi produk itu? Secara sederhana, klasifikasi produk adalah cara untuk mengelompokkan produk berdasarkan karakteristik tertentu. 

Tujuannya adalah untuk memudahkan proses pemasaran, distribusi, dan pengelolaan stok. Dengan klasifikasi yang tepat, kamu bisa lebih mudah menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan jenis produk yang kamu jual.

Apa Saja Klasifikasi Produk?

Sebelum kamu bisa mengelompokkan produk-produk di tokomu, ada baiknya kamu tahu dulu apa saja jenis klasifikasi produk yang umum digunakan. Secara umum, produk bisa diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori besar, yaitu berdasarkan tujuan konsumsi, daya tahan, dan bentuknya. Yuk, kita bahas satu per satu.

Jenis-jenis Klasifikasi Produk

Convenience Goods

Convenience goods adalah barang-barang yang sering dibeli secara rutin dan dalam jumlah kecil, seperti makanan ringan, minuman, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Produk-produk ini biasanya memiliki harga yang relatif rendah dan tersedia secara luas di berbagai tempat.

Shopping Goods

Nah, kalau shopping goods ini adalah produk yang biasanya dibeli setelah konsumen melakukan perbandingan terlebih dahulu. Contohnya adalah pakaian, elektronik, dan perabot rumah tangga. Konsumen cenderung mencari informasi lebih banyak dan membandingkan berbagai pilihan sebelum memutuskan untuk membeli.

Specialty Goods

Specialty goods adalah barang-barang yang memiliki karakteristik unik dan biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Contohnya adalah barang-barang mewah seperti mobil, jam tangan mahal, atau produk-produk desain eksklusif. Konsumen biasanya sangat setia pada merek tertentu untuk jenis barang ini.

Unsought Goods

Jenis produk ini adalah barang-barang yang biasanya tidak dicari oleh konsumen secara aktif, seperti asuransi atau produk-produk kebersihan khusus. Penjualannya seringkali membutuhkan upaya promosi yang lebih intensif untuk menarik minat konsumen.

Barang Tahan Lama

Barang tahan lama adalah produk yang memiliki masa pakai yang panjang, biasanya lebih dari tiga tahun. Contohnya adalah perabot rumah tangga, kendaraan, dan alat-alat elektronik. Produk ini memerlukan pertimbangan matang sebelum pembelian karena investasi yang cukup besar.

Barang Tidak Tahan Lama

Sebaliknya, barang tidak tahan lama adalah produk yang habis dipakai dalam waktu singkat, biasanya kurang dari tiga tahun. Contohnya adalah makanan, minuman, dan produk-produk kebutuhan sehari-hari lainnya.

Jasa

Selain produk fisik, ada juga klasifikasi jasa. Jasa adalah aktivitas atau manfaat yang ditawarkan kepada konsumen tanpa wujud fisik. Contohnya adalah layanan konsultasi, jasa pengiriman, atau perawatan kecantikan.

Bahan Baku dan Suku Cadang

Bahan baku adalah material dasar yang digunakan untuk produksi barang jadi. Sementara suku cadang adalah komponen yang digunakan untuk memperbaiki atau merakit produk. Keduanya sangat penting dalam proses produksi.

Bahan Modal

Bahan modal adalah barang-barang yang digunakan untuk membantu proses produksi atau operasi bisnis, seperti mesin, bangunan, dan peralatan. Produk ini biasanya memiliki harga yang tinggi dan umur pakai yang panjang.

Supplies and Business

Terakhir, supplies and business adalah produk-produk yang digunakan dalam kegiatan operasional sehari-hari suatu bisnis. Contohnya adalah alat tulis kantor, bahan pembersih, dan peralatan kerja lainnya.

Kenapa Sih Harus Melakukan Klasifikasi Produk?

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, kenapa sih klasifikasi produk itu penting? Ada beberapa alasan kuat yang bisa menjawab pertanyaan ini.

Pertama, klasifikasi produk membantu kamu dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Dengan mengetahui jenis produk yang kamu jual, kamu bisa menentukan cara terbaik untuk mempromosikannya. Misalnya, untuk convenience goods, kamu bisa fokus pada promosi yang menarik dan ketersediaan yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Kedua, klasifikasi produk memudahkan kamu dalam mengelola stok. Kamu bisa lebih mudah mengatur persediaan barang, memprediksi permintaan, dan menghindari kelebihan atau kekurangan stok.

Ketiga, klasifikasi produk juga membantu kamu dalam menentukan harga. Dengan memahami karakteristik produk, kamu bisa menetapkan harga yang sesuai dan kompetitif di pasar.

Keempat, klasifikasi produk memungkinkan kamu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen. Kamu bisa menyesuaikan layanan berdasarkan jenis produk yang dijual, misalnya menyediakan garansi untuk barang tahan lama atau memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar.

Dengan memahami dan menerapkan klasifikasi produk, kamu bisa lebih mudah mengelola bisnis dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Jadi, jangan ragu untuk mulai mengelompokkan produk-produk di tokomu sesuai dengan kategori yang telah kita bahas tadi.

Akhir kata, mengelola toko online memang butuh banyak perhatian dan detail, tapi dengan langkah-langkah yang tepat, kamu bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan. Jangan lupa untuk selalu memperbarui pengetahuanmu dan tetap berinovasi dalam bisnis. 

Yuk #BantuMenujuLebihMaju juga bisnismu dengan pengiriman paket menggunakan KiriminAja. Selain bisa pencairan saldo dana cod cepat juga banyak diskon ongkir dari beberapa ekspedisi loh.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.