Langkah Mengoptimalkan Bisnis Online, Biar Jadi Suhu yang Nggak Cupu

Akhmad Ilham Cahyono
2 minggu yang lalu
Bisnis
Langkah yang Harus Kamu Lakukan Untuk Mengoptimalk

Setelah memulai bisnis e-commerce, langkah berikutnya yang penting adalah fokus pada beberapa hal krusial untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan. Langkah penting untuk mengoptimalkan bisnis ini bisa membantu kamu memajukan produk dan usaha.

Sebelum itu, ada juga yang bisa membantumu dalam memudahkan pengiriman paket yaitu dengan mendaftar di Dashboard KiriminAja. Di dalamnya banyak fitur yang bakalan memudahkan kamu untuk manajemen order.

Sebagai seorang pemilik bisnis baru, ada beberapa langkah penting yang harus kamu perhatikan untuk membantu memperkuat dasar bisnismu dan mulai menarik pelanggan.

Mari kita simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah yang Harus Kamu Lakukan Untuk Mengoptimalkan Bisnis

Memulai bisnis adalah langkah pertama yang fantastis! Sekarang, setelah semuanya terbuka, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat fondasi bisnismu dan mulai menarik pelanggan.

Optimalkan Daftar Produk

Foto produk yang berkualitas tinggi dan deskripsi yang menarik sangat penting untuk menarik perhatian pelanggan ke toko e-commerce-mu.

Investasikan waktu dalam mengambil foto yang jelas, menampilkan produk dari berbagai sudut, dan tulis deskripsi yang menggugah yang menyoroti fitur-fitur dan manfaat produkmu.

Halaman produkmu harus dirancang untuk meningkatkan konversi.

Bangun Daftar Email

Email telah menjadi alat yang efektif untuk membuatmu lebih mudah diakses oleh pelanggan, menyebarkan pembaruan tentang bisnismu, dan membantu mencapai pasar yang ada dan baru dengan cara yang berbeda.

Dengan memiliki daftar email sendiri, kamu dapat menyesuaikan upaya pemasaranmu dengan pembaruan, promosi, atau survei.

Buat dan pertahankan daftar email pelangganmu dari mereka yang mengunjungi situs webmu, memanfaatkan penawaranmu, menunjukkan minat pada produkmu, atau berlangganan newslettermu.

Ini memungkinkanmu untuk mengirimkan konten khusus, undangan acara khusus, pembaruan hanya untuk anggota, diskon eksklusif, jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan, dan upaya lain untuk menjaga pelanggan terlibat.

Buat Tampilan Konsisten

Bagaimana tampilan situs web atau halaman produkmu? Apakah menarik? Apakah gambar-gambarmu proporsional dengan baik? Apakah informasi terbaru (harga, model, ketersediaan stok, informasi kontak)? Apakah memiliki tampilan yang dirancang dengan baik?

Tampilan ini mencerminkan merekmu. Warna, huruf, gambar, dan tata letak berkontribusi pada identitas merekmu. Mereka juga berkontribusi pada pengalaman pelangganmu, yang dapat mengarah pada pembelian – atau tidak membeli – atau membeli dari situs pesaing.

Protokol Tanggapan Cepat (Misalnya, Layanan Pelanggan)

Tahukah kamu bahwa 88% pelanggan mengharapkan tanggapan dari kamu dalam waktu 60 menit? Komunikasi yang cepat dan profesional adalah kunci untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Merespons dalam waktu satu jam mungkin terasa berat terutama pada hari-hari sibuk, tetapi layanan pelanggan yang cepat dinilai penting oleh pelanggan.

Jadikan prioritas untuk mengembangkan protokol tanggapan cepat yang bisa diacu oleh timmu setiap kali pelanggan menghubungi melalui telepon, email, atau platform media sosial.

Periksa Umpan Balik Pelanggan

Juga penting untuk memperhatikan apa yang dipikirkan pelanggan tentang produk dan perusahaanmu. Kumpulkan rating atau umpan balik pelanggan melalui situs webmu, atau melalui email.

Umpan balik pelanggan ini layak untuk secara teratur diperiksa dan dicatat karena memengaruhi bisnismu.

Meminta umpan balik pelanggan secara aktif akan membantu meningkatkan produkmu, situs web, dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Jika kamu mendapatkan ulasan negatif, tanggapi dengan cepat dan usahakan untuk menawarkan solusi.

Atur Sistem Manajemen Persediaan

Ini sangat penting untuk bisnis e-commerce. Mengatur sistem manajemen persediaan secara dini akan memudahkanmu untuk melacak persediaanmu seiring dengan pertumbuhan bisnismu.

Kembangkan sistem untuk melacak tingkat persediaan dan mencegah kehabisan stok. Ini terutama penting selama musim puncak atau ketika kamu menjalankan promosi.

Atur Proses Pengiriman

Tentukan strategi pemenuhan pesananmu. Akankah kamu menangani pengemasan dan pengiriman sendiri, atau akan mengoutsourcing-nya ke pusat pemenuhan? Meskipun mungkin terasa mudah saat kamu baru memulai, namun seiring dengan bertambahnya pesanan, kamu akan perlu menyederhanakan prosesmu, dan menemukan mitra pemenuhan adalah pilihan terbaik.

Mengoutsourcing pemenuhanmu juga akan memudahkanmu untuk memperluas bisnismu karena penyedia akan menangani manajemen persediaanmu, pemenuhan pesanan, dan pengiriman.

Pantau dan Analisis Analitikmu

Memantau dan menganalisis analitik situs web e-commercemu sangat penting karena membantu kamu memahami perilaku pelanggan dan mengoptimalkan toko untuk penjualan yang lebih baik.

Gunakan data ini untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak, dan sesuaikan strategi kamu sesuai kebutuhan. Buat keputusan yang berdasarkan informasi, optimalkan toko kamu, dan akhirnya tingkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.

Itulah beberapa langkah mengoptimalkan bisnis setelah kamu memulainya, jangan lupa juga untuk daftar di Dashboard KiriminAja biar kami #BantuMenujuLebihMaju bisnismu dengan mudah.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.