Panduan Mengelola Negative Keyword Biar Iklan Anda Nggak Boncos

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
negative match adalah

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah keyword yang biasa digunakan dalam campaign digital marketing bukan. Namun, bagaimana dengan negative keyword?

Secara sederhananya, negative keyword adalah kata kunci yang tidak boleh Anda gunakan dalam iklan atau konten marketing. Sebab, hanya akan mendatangkan pengguna yang tidak relevan atau tidak tertarik.

Selain tidak menghasilkan konversi, penggunaan negative keyword juga bisa bikin boncos jika Anda menggunakan campaign PPC (Pay-Per-Click).

Jadi, langsung saja yuk pelajari selengkapnya tentang negative keyword agar iklan nggak boncos lagi.

Definisi Negative Keyword 

Negative keyword adalah kata kunci yang tidak relevan atau bertolak belakang dengan tujuan campaign yang diinginkan. Ini merupakan hal yang harus dihindari karena hanya akan mendatangkan pengunjung yang tidak relevan.

Meskipun demikian, negative keyword yang dikelola dengan baik dapat menunjang strategi campaign lho. Seperti meningkatkan targeting dan relevansi iklan, mengurangi biaya iklan yang tidak efisien, serta meningkatkan konversi dan ROI (Return on Investment).

Lalu, Apa Itu Negative Match?

Negative match adalah jenis pencocokan kata kunci yang digunakan untuk mengontrol tampilan iklan dengan cara mengecualikan negative keyword. 

Misalnya, Anda menjalankan campaign iklan untuk menjual produk camilan sehat. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan negative match untuk menghindari kata kunci seperti “resep camilan sehat” atau “sisi gelap camilan sehat”.

Sehingga, iklan Anda tidak akan ditampilkan untuk pencarian kata kunci tersebut. Pasalnya, pencarian tersebut tidak akan relevan atau bahkan bertolak belakang dengan tujuan campaign Anda, yaitu menjual camilan sehat.

Dengan demikian, negative match memungkinkan Anda untuk mengontrol target iklan secara lebih akurat dan mengarahkan iklan hanya kepada audiens yang paling relevan. 

Hal ini membantu menghindari pemborosan anggaran iklan pada kata kunci yang tidak relevan dan meningkatkan efektivitas campaign digital marketing Anda.

Fungsi Negative Keyword

Sebelum kita ke pembahasan cara mengelola Negative Keyword, kita kupas dulu yuk apa saja sih fungsinya. Berikut penjelasannya:

Menghindari Tampilnya Iklan pada Pencarian yang Tidak Relevan

Dengan menggunakan Negative Keyword, iklan tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian yang tidak relevan dengan produk yang Anda tawarkan. Hal ini membantu menyaring traffic agar fokus pada audiens yang lebih potensial.

Meningkatkan Kualitas Traffic

Negative Keyword membantu meningkatkan kualitas traffic yang mengarah ke situs web atau halaman penjualan. Sehingga, Anda dapat menargetkan pengguna yang lebih tertarik dengan produk, meningkatkan peluang konversi, dan ROI campaign.

Mengurangi Biaya Iklan yang Tidak Efisien

Alokasi biaya akan lebih efisien karena iklan hanya ditampilkan pada pencarian yang berpotensi mencapai hasil yang Anda inginkan.

Meningkatkan Relevansi dan Peringkat Iklan

Negative Keyword juga dapat membantu meningkatkan relevansi dan peringkat iklan. Di mana keduanya memiliki pengaruh pada posisi tampilan iklan, klik-through rate (CTR), dan kualitas skor iklan. 

Cara Mengelola Negative Keyword 

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk mengelola negative keyword, yaitu melalui search query reports dan penempatan level. Berikut penjelasannya:

Search Query Reports

Search Query Reports adalah laporan yang disediakan oleh platform periklanan digital seperti Google Ads. Isinya berupa insight tentang kata kunci yang digunakan oleh pengguna saat iklan Anda ditampilkan. 

Dari situ Anda dapat melihat secara rinci kata kunci apa saja yang digunakan oleh pengguna, termasuk kata kunci yang relevan dan kata kunci yang mungkin tidak relevan atau tidak diinginkan. 

Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk menambahkan kata kunci yang tidak relevan sebagai negative keyword, sehingga iklan Anda tidak akan ditampilkan pada pencarian yang mengandung kata kunci tersebut di masa depan.

Search Query Reports membantu Anda memperbaiki dan mengoptimalkan campaign marketing Anda dengan menghilangkan negative keyword, meningkatkan targeting, dan efektivitas iklan Anda.

Penempatan Level

Penempatan Level mengacu pada pengaturan dan pengelolaan iklan berdasarkan di mana iklan Anda ditampilkan, seperti situs web, aplikasi, atau halaman tertentu. Dalam hal ini, penempatan merujuk pada lokasi fisik atau media di mana iklan Anda muncul.

Pada platform periklanan sendiri, Anda sebenarnya dapat melihat laporan penempatan iklan. Laporan ini menunjukkan di mana iklan Anda ditampilkan, seperti situs web, aplikasi, atau halaman yang berbeda. 

Dari situ akan terlihat penempatan yang tidak relevan atau tidak diinginkan yang menghasilkan traffic rendah atau pemborosan anggaran. Kemudian, Anda dapat menambahkannya sebagai negative placement (penempatan negatif).

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah mengontrol dan mengelola iklan secara lebih spesifik. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam mengarahkan iklan kepada audiens yang tepat, serta meminimalkan penayangan iklan pada penempatan yang tidak relevan. 

Dengan mengelola negative keyword melalui search query reports dan penempatan level, Anda dapat secara proaktif mengidentifikasi dan menghindari tampilnya iklan pada pencarian yang tidak relevan atau penempatan yang tidak diinginkan. 

Hal ini membantu meningkatkan targeting, relevansi, dan efektivitas campaign digital marketing Anda, serta mengoptimalkan penggunaan anggaran iklan.

Setelah bisa negative keyword dapat Anda kelola dengan baik, selanjutnya Anda perlu menambahkan strategi lain agar konversi meningkat.

Misalnya, dengan memberikan penawaran menarik kepala pelanggan berupa layanan pengiriman harga hemat tapi memiliki kualitas reliable.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu effort banyak untuk layanan prima seperti itu. Cukup daftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, lakukan beberapa verifikasi, dan atur pengiriman dengan kebebasan menentukan margin profit.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.