Panduan Optimasi Penargetan Lokasi di Google Ads demi Iklan Lebih Jitu

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
Cara menggunakan penargetan lokasi di google ads

Dengan memahami penargetan lokasi di Google Ads dan bagaimana optimasinya, Anda bisa membuat iklan jadi lebih jitu.

Karena seperti kita tahu bersama, location targeting di Google Ads memang bisa memudahkan menargetkan iklan ke audiens yang target domisilinya sesuai keinginan Anda.

Location targeting memiliki kemampuan untuk memilih lokasi geografis tertentu di mana iklan Anda akan ditampilkan. Menariknya lagi, Anda juga menyesuaikan penargetan dengan tiga pilihan, yaitu Matches , Location that Include , dan Related Location .

Yuk, langsung saja pelajari apa itu fitur Location Targeting, fungsi, tipe, dan cara menggunakannya!

Apa Itu Fitur Location Targeting di Google Ads

Location Targeting adalah salah satu fitur di Google Ads yang memiliki kemampuan untuk memilih lokasi geografis tertentu di mana iklan Anda akan ditampilkan.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menentukan target audiens berdasarkan lokasi geografis mereka, seperti negara, kota, daerah, atau radius tertentu di sekitar suatu lokasi.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjangkau pengguna yang berpotensi lebih tertarik dengan produk atau layanan Anda di wilayah tertentu.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis lokal yang hanya melayani satu wilayah, Anda dapat memilih untuk menampilkan iklan hanya kepada pengguna yang berada dalam jarak tertentu dari lokasi bisnis.

Apa Fungsi Fitur Location Options

Fitur Location Options di Google Ads adalah serangkaian pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengontrol cara iklan Anda ditampilkan kepada pengguna di lokasi yang Anda targetkan.

Adapun fungsi dari fitur ini sebagai berikut:

Target Lokasi

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih menampilkan iklan hanya kepada pengguna yang berada di lokasi yang ditentukan. Hal ini membantu dalam menargetkan audiens yang relevan dengan bisnis Anda.

Orang yang Menyasar Lokasi dalam Lokasi Target

Anda juga dapat memilih untuk menjangkau pengguna yang berada dalam lokasi target Anda, baik pengguna yang sebenarnya berada di lokasi tersebut atau pengguna yang hanya tertarik dengan lokasi tersebut.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis pariwisata di Jogja, Anda dapat menampilkan iklan kepada pengguna yang berada di Jogja atau mereka yang sedang mencari informasi tentang Jogja, meskipun mereka berada di lokasi lain.

Lokasi Pengecualian

Fitur ini juga memungkinkan untuk mengecualikan lokasi tertentu dari penargetan Anda. Misalnya, jika hanya ingin menjangkau pengguna di kota tertentu, Anda dapat mengesampingkan kota lain lain yang tidak relevan.

Menampilkan Iklan Hanya di Lokasi Pemantauan

Terakhir, Anda dapat memilih untuk menampilkan iklan hanya di lokasi yang termasuk dalam laporan pemantauan Anda. Fitur ini berguna jika Anda ingin fokus pada lokasi tertentu yang telah Anda analisis dan menunjukkan performa yang baik.

Tipe Location Targeting

Sebelum menargetkan lokasi iklan, Anda perlu mengetahui tipe-tipe Location Targeting yang dimaksud. Sehingga, Anda dapat menggunakan pilihan sesuai kebutuhan. Berikut tiga tipe Location Targeting yang perlu Anda ketahui:

Matches

Tipe Location Targeting “Matches ” memungkinkan Anda untuk menargetkan lokasi yang persis sesuai dengan pilihan yang Anda tentukan.

Jika Anda memilih opsi ini, iklan Anda hanya akan ditampilkan kepada pengguna yang berada di lokasi yang secara tepat sesuai dengan yang Anda pilih.

Misalnya, jika Anda memilih Yogyakarta sebagai lokasi target, iklan Anda hanya akan ditampilkan kepada pengguna yang berada di Yogyakarta dan tidak ditampilkan kepada pengguna di lokasi lain.

Location that Include

Tipe “Location that Include ” memungkinkan Anda untuk menargetkan lokasi yang mencakup pilihan yang Anda tentukan, termasuk lokasi tersebut dan lokasi terkait yang relevan.

Dengan menggunakan opsi ini, iklan Anda akan ditampilkan kepada pengguna yang berada di lokasi target yang Anda pilih, serta pengguna yang tertarik dengan atau memiliki keterkaitan dengan lokasi tersebut.

Misalnya, jika Anda memilih Bandung sebagai lokasi target, iklan Anda dapat ditampilkan kepada pengguna yang berada di Bandung, serta pengguna di daerah sekitarnya atau mereka yang mencari informasi tentang Bandung.

Related Location

Tipe “Related Location ” memungkinkan Anda untuk menargetkan lokasi yang berkaitan dengan pilihan yang ditentukan. Dalam hal ini, iklan akan ditampilkan kepada pengguna yang berada di lokasi yang berkaitan dengan lokasi target Anda.

Misalnya, jika Anda memilih Yogyakarta sebagai lokasi target, iklan dapat ditampilkan kepada pengguna yang berada di daerah Yogyakarta, serta pengguna yang berada di sekitar kota-kota terdekat seperti Solo atau Magelang.

Cara Menggunakan Penargetan Lokasi di Google Ads

Setelah mengetahui tipe mana yang cocok untuk tujuan marketing Anda, selanjutnya kita ke pembahasan terkait cara menggunakan fitur Location Targeting ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buat materi campaign terlebih dahulu (bisa juga menggunakan yang sudah ada di akun Google Ads).
  • Pilih grup iklan di mana Anda ingin menargetkan lokasi.
  • Di dalam grup iklan, buka tab “Pengaturan” dan cari opsi “Penargetan dan Penayangan”.
  • Di bagian Penargetan dan Penayangan, klik pada tombol “+ Tambahkan Penargetan” untuk membuka opsi penargetan. Pilih “Lokasi” dari opsi yang tersedia.
  • Pilih jenis penargetan (Matches , Location that Include , atau Related Location ).
  • Tentukan lokasi target.
  • Atur pengaturan lanjutan untuk mengatur penargetan yang lebih spesifik (opsional).
  • Klik tombol “Simpan” atau “Lanjutkan” untuk menerapkan pengaturan tersebut pada grup iklan Anda.

Selanjutnya, agar iklan yang sudah ditargetkan menggunakan Location Targeting dapat mendatangkan konversi, Anda perlu menambahkan strategi lain yang menarik minat pelanggan.

Nah, agar konversi iklan semakin meningkat, Anda perlu menambahkan strategi pelayanan konsumen.

Salah satu strategi pelayanan yang sangat krusial bagi konsumen adalah servis logistik reliable dengan harga hemat. Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja sudah terbukti melayani berbagai jenis dan skala bisnis.

Iya, kami ingin memudahkan berbagai bisnis, termasuk bisnis Anda, menjalankan sistem pengiriman paket reliable bagi konsumen dan tetap menguntungkan bisnis itu sendiri.

Sehingga Anda bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru, mengembangkan operasional usaha, dan lain sebagainya yang lebih esensial bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Ada banyak fitur di KiriminAja yang memungkinkan bisnis Anda menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang dan bisa lebih fokus menjangkau konsumen baru.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Jadi, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih reward tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan kami juga ikut tumbuh.

Berita baiknya, Anda cuma perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja! Setelah itu, langsung akses semua layanan dan fitur berkualitas tinggi yang kami miliki untuk memperkuat bisnis Anda.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.