Kenali Pengertian Perdagangan Internasional Hingga Hambatannya Ini

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Manfaat perdagangan internasional

Perdagangan internasional adalah proses jual beli barang dan jasa antar negara. Dalam era teknologi saat ini, bisnis online memainkan peran penting dalam membantu perdagangan internasional.

Meskipun begitu, masih banyak pebisnis online yang belum paham tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perdagangan internasional, seperti aturan dan regulasi yang berlaku, biaya yang terkait, dan risiko yang mungkin terjadi.

Selain itu penting juga untuk mengetahui tujuan, ciri, faktor pendorong, manfaat dan hambatan dalam perdagangan internasional. Dengan memahami berbagai karakter di dalamnya, Anda sebagai pebisnis online akan lebih mudah melebarkan sayap ke mancanegara.

Berikut ini KiriminAja akan menjelaskan mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui mulai dari pengertian hingga hambatan dalam perdagangan internasional.

Pengertian dan Definisi Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah suatu proses dimana barang dan jasa dibeli ataupun dijual antar negara. Jika Anda adalah seorang pebisnis online pemula, Anda bisa menjual produk atau jasa Anda kepada orang di luar negeri dan sebaliknya

Perdagangan internasional dapat membuka peluang baru bagi bisnis online untuk menjangkau pasar baru dan memperluas basis pelanggan.

Namun, perdagangan internasional juga memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti regulasi dan peraturan yang berbeda-beda antar negara, biaya yang lebih tinggi dan risiko yang lebih besar dibandingkan dengan perdagangan domestik.

Namun, jika bisnis online dapat memahami dan mempertimbangkan hal-hal tersebut dengan baik, perdagangan internasional dapat menjadi sumber peluang dan keuntungan yang sangat besar bagi bisnis tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi bisnis online pemula dan kalangan umum untuk memahami perdagangan internasional dan mempertimbangkan peluang ini untuk memperluas bisnis mereka.

Tujuan Diadakannya Perdagangan Internasional

Tujuan diadakannya perdagangan internasional adalah untuk memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan bisnis. Melalui hal ini bisnis dapat menjual produk dan jasa mereka kepada orang di negara lain, sehingga audiens yang disasar semakin banyak.

Dari kegiatan ini, negara juga diuntungkan dengan perolehan barang dan jasa yang dibutuhkan dari negara lain. Serta bisa mendapatkan harga yang terjangkau dibandingkan jika harus memproduksi sendiri.

Secara keseluruhan, tujuan utama dari perdagangan internasional adalah untuk membantu bisnis dan negara memperoleh keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan cara memperluas pasar dan memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan.

Ciri-Ciri Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki beberapa ciri sebagai berikut:

  • Melibatkan dua atau lebih negara, dengan salah satu negara menjual barang dan jasa ke negara lain.
  • Perdagangan internasional hanya terjadi antar negara, bukan dalam lingkup domestik atau dalam satu negara saja.
  • Kegiatan ini mencakup barang fisik seperti produk tekstil, elektronik, dan bahan baku, serta jasa layanan perjalanan atau konsultasi.
  • Dalam perdagangan internasional, bisnis harus membayar dan menerima pembayaran dalam mata uang asing, sehingga membutuhkan pengetahuan mengenai fluktuasi nilai tukar terlebih dahulu.
  • Perdagangan internasional terikat oleh regulasi yang berbeda-beda sesuai dengan negara yang terlibat, seperti tarif bea masuk, undang-undang hak kekayaan intelektual, dan peraturan perdagangan.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional bisa berjalan dengan lancar karena memiliki beberapa faktor pendorongnya seperti berikut ini:

Kemajuan teknologi seperti internet dan transportasi mempermudah bisnis untuk melakukan perdagangan internasional dengan mudah dan cepat. Ini adalah faktor utama terjadinya perdagangan internasional.

Pertumbuhan ekonomi juga merupakan faktor pendorong lainnya sebab dalam negara tertentu dapat meningkatkan permintaan akan barang dan jasa dari negara lain.

Kebutuhan barang termasuk dalam faktor ini karena negara-negara memiliki kebutuhan akan barang yang tidak tersedia di dalam negeri, sehingga melakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Adanya perjanjian perdagangan bebas membuat negara tertentu menandatangani perjanjian ini untuk mengurangi hambatan perdagangan seperti tarif bea masuk, sehingga mempermudah perdagangan antar negara.

Nilai tukar mata uang juga berpengaruh terhadap harga barang dan jasa yang dijual dan dibeli dalam perdagangan internasional.

Manfaat Adanya Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki manfaat nyata seperti paparan berikut ini yang bisa Anda simak:

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pasar.
  • Menambah variasi produk dan memperkenalkan produk baru.
  • Menyeimbangkan efisiensi dan biaya produksi.
  • Meningkatkan kompetisi dan inovasi.
  • Mempererat hubungan diplomatik antar negara.

Itu adalah manfaat secara umum yang bisa didapatkan dari perdagangan internasional.

Salah Satu Hambatan dalam Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional pastinya memiliki hambatan tersendiri. Salah satu hambatan yang sering dialami adalah adalah perbedaan regulasi dan peraturan antar negara.

Masing-masing negara memiliki peraturan yang berbeda tentang produk yang diperdagangkan maupun teknis lain seperti mata uang dan pengiriman. 

Hal ini dapat menyulitkan bisnis dalam melakukan perdagangan internasional dan membutuhkan waktu dan biaya lebih untuk memenuhi persyaratan yang berlaku. Hambatan ini tentunya bisa diatasi dengan kerja sama tertentu.

Nah itulah pengertian hingga hambatan perdagangan internasional  yang bisa Anda jadikan referensi jika berpikiran untuk memulai bisnis ke luar negeri.

Namun Anda juga tak boleh lupa untuk memaksimalkan bisnis dalam negeri. Anda bisa menggunakan strategi tertentu seperti memberikan pelayanan logistik berharga hemat tapi memiliki kualitas pengiriman reliable sebab hal ini yang banyak dibutuhkan konsumen.

Nah, dengan KiriminAja Anda bisa mewujudkan hal tersebut bahkan bisa memiliki online store yang bebas mengatur margin keuntungan. Tak hanya itu Anda juga bisa melakukan manajemen produk dengan simpel dan cepat.

Dengan demikian, KiriminAja bisa memberikan keleluasan pada Anda untuk mengatur profit penjualan. Cash flow pun bisa tetap aman dan fokus Anda akan maksimal terhadap konsumen tanpa pusing memikirkan hal lain.

Berita baiknya, Anda tak perlu effort besar untuk mendapatkan semua itu. Anda hanya perlu mendaftar secara gratis di Dashboard KiriminAja. Register sekarang juga karena kami siap untuk bekerja bersama Anda di tahun ini demi #Cashflowaman, Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.