Apa yang Dilakukan Bisnis Online Saat TikTok Shop Dilarang Pemerintah?

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
revisi-permendag-untuk-tiktok-shop

TikTok Shop saat ini menjadi sorotan, banyak yang menuduh mereka sebagai penyebab penurunan transaksi perdagangan di Tanah Abang. Pedagang di pasar tersebut bahkan melakukan demonstrasi, menuntut penutupan TikTok Shop.

Namun, kita perlu mempertanyakan, apakah benar semua ini adalah kesalahan dari TikTok Shop? Atau mungkin ada faktor lain yang membuat pedagang merasa terancam?

Pemerintah, melalui beberapa kementerian, sudah mengeluarkan revisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Target utama revisi aturan tersebut adalah platform TikTok Shop. Seperti kita tahu bersama, revisi aturan Permendag (Peraturan Menteri Perdagangan) itu didasarkan pada sejumlah tuduhan terhadap platform TikTok Shop.

Iya, TikTok Shop dituduh melakukan berbagai kecurangan, mulai dari manipulasi algoritma, menjual produk dengan harga yang merugikan kompetitor, hingga membanjiri pasar dengan produk impor.

Namun, masyarakat juga patut mempertimbangkan dan mempertanyakan sejumlah hal, apakah regulasi ini benar-benar dibuat untuk melindungi UMKM? Atau hanya sebagai bentuk intervensi pemerintah dalam persaingan bisnis?

Apalagi, kecurigaan makin menjadi-jadi karena hadirnya Wishnutama, yang merupakan komisaris salah satu marketplace lokal, dalam rapat internal kebijakan pengaturan perniagaan elektronik bersama Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Setelah rapat internal pemerintah tersebut, revisi Permendag diumumkan.

Problematika platform social commerce ini jadi paradoks karena banyak pebisnis yang justru mengalami kesuksesan berkat TikTok Shop. Ada 6 juta pebisnis online yang memanfaatkan TikTok Shop sebagai platform bisnisnya.

Jadi, dengan adanya regulasi baru, apakah bisnis online akan terkena dampaknya? Apa yang bisa dilakukan bisnis online saat ini? Mari kita rinci beberapa masalah terkait TikTok Shop di sini.

Kenapa TikTok Shop Menjadi Tertuduh Membanjirnya Produk Impor?

Masalah besar yang aktual untuk jadi masalah utama tapi sering tertutup dengan kehebohan TikTok Shop akhir-akhir ini adalah membanjirnya produk impor ke Indonesia.

Membanjirnya produk impor di Indonesia memang bagai pisau bermata dua. Ada efek positif dan negatif di waktu bersamaan.

Bagi sebagian besar kalangan pemerintah, TikTok Shop dianggap sebagai pelaku utama membanjirnya produk impor akhir-akhir ini. Kenapa pemerintah bisa berpandangan begitu?

Ada beberapa alasan mengapa TikTok Shop seringkali menjadi sorotan sebagai penyebab banjir produk impor, yaitu:

  • Fokus TikTok pada live shopping. TikTok Shop menghadirkan pengalaman berbelanja langsung melalui live streaming. Strategi marketing/sales ini memungkinkan konsumen membeli produk secara langsung. Iya, live streaming merangsang dorongan impulsif konsumen makin kuat.
  • Popularitas TikTok di generasi anak muda. TikTok sangat digemari anak muda usia 17-30 tahun. Sehubungan dengan point pertama, anak muda ini cenderung lebih impulsif dalam berbelanja.
  • Kampanye pemasaran TikTok yang agresif. Intensitas marketing campaign TikTok sangat agresif dalam mempromosikan TikTok Shop. Dengan memakai berbagai jenis influencer dan selebriti, berbagai produk di TikTok Shop dipromosikan secara intensif.

Hanya saja, penting untuk diingat bahwa platform marketplace lain, seperti toko oren, juga memfasilitasi transaksi impor. Namun, sejumlah marketplace tersebut tidak sefokus dan seagresif TikTok Shop pada live shopping.

Karena itulah, yang dibutuhkan dalam problematika TikTok Shop saat ini adalah kesadaran pemerintah untuk mengembangkan regulasi penjualan produk impor di platform e-commerce.

Apalagi, yang perlu disadari adalah sebenarnya ada banyak keuntungan dari penjualan produk impor. Walau begitu, tetap ada kerugian yang juga dirasakan pebisnis Indonesia saat produk impor membanjiri negara kita.

Karena itulah, adanya peraturan yang membawa keadilan, transparansi, dan independensi jadi jalan tengah penting bagi problematika social commerce TikTok Shop.

Dampak Aturan TikTok Shop pada Bisnis Online dan Affiliator

Secara umum, yang bisa dilakukan bisnis online saat ini adalah wait and see. Karena revisi Permendag baru berjalan kurang dari seminggu, maka apa yang terjadi pada relasi TikTok dan pemerintah saat ini belum memberi dampak langsung.

Hanya saja, bisnis online perlu segera melakukan mitigasi atau pencegahan risiko jika terjadi perubahan signifikan di platform TikTok Shop.

Karena itulah, menghadapi kontroversi dan problematika yang ada, ada beberapa tawaran solusi dan rekomendasi yang bisa diambil bisnis online

  • Pengembangan produk lokal dengan harga terjangkau. Bisnis online perlu terus mengembangkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Tentu saja dibutuhkan banyak inovasi dan kolaborasi demi bisa bersaing dengan produk impor. Dengan produk yang berkualitas tinggi, bisnis lokal bisa menarik lebih banyak konsumen dan memperkuat posisinya di pasar.
  • Fokus pada diferensiasi. Bisnis online bisa menonjol dengan menawarkan produk dan layanan yang unik dan berbeda dari TikTok Shop. Misalnya, Anda memberikan servis kirim paket harga terjangkau tapi reliabel dengan KiriminAja.
  • Kolaborasi dengan bisnis lain. Dengan berkolaborasi, bisnis Anda bisa saling mendukung untuk meningkatkan jangkauan dan pengaruh di mata audiens. Misalnya, promosikan produk dan layanan mitra bisnis Anda di media sosial atau website bisnis Anda.
  • Berdialog dengan pemerintah. Komunikasikan tantangan yang Anda hadapi dan ajukan solusi kepada pemerintah. Tidak perlu jauh-jauh ke pemerintah pusat, Anda bisa berkoordinasi dengan pemerintah daerah tingkat 2 atau tingkat 1. Anda bisa membentuk atau bergabung ke asosiasi bisnis demi mewakili kepentingan ekosistem bisnis lokal dan berkomunikasi dengan pemerintah setempat.
  • Optimalkan kekuatan bisnis Anda. Apa yang membuat bisnis/produk Anda unik? Apa yang bisa Anda lakukan lebih baik dari yang lain? Komunikasikan dan promosikan keunikan tersebut dengan jelas kepada pelanggan Anda.
  • Bangun hubungan dengan pelanggan. Kenali pelanggan Anda. Cari tahu masalah dan kebutuhan mereka. Buatlah mereka mudah menghubungi Anda dan berikan bantuan ketika dibutuhkan.
  • Jadi bisnis ramah pelanggan. Berikan layanan customer service ekstra untuk memastikan kepuasan pelanggan, seperti pengiriman gratis, pengembalian produk, atau dukungan personal.

Memaksimalkan Visibilitas Bisnis Anda di Internet

TikTok Shop, meskipun menjadi sorotan dan kontroversi, sebenarnya juga membawa peluang dan manfaat bagi bisnis lokal dan UMKM di Indonesia.

Artinya, konsumen Indonesia sudah sangat akrab, dan mungkin tergantung, dengan bisnis online. Permasalahannya adalah bagaimana menonjolkan bisnis Anda dibanding kompetitor di dunia online.

Ini berarti Anda harus berani berinvestasi dalam online marketing. Dengan mengalokasikan dana untuk online marketing, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Strategi ini bisa melibatkan iklan di platform media sosial, mesin pencari, dan website.

Sebagai contoh, Anda dapat memaksimalkan TikTok dengan lebih agresif demi terhubung dengan pelanggan dan mempromosikan bisnis Anda. Ingat, TikTok masih diizinkan jadi platform media sosial dan promosi bisnis.

Walau masih menggunakan TikTok dan media sosial lain, Anda juga perlu mandiri dalam kehadiran online. Karena itulah memiliki website untuk bisnis online bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan. Berikut ini sejumlah manfaat penting website bagi bisnis Anda:

  • Membangun keberadaan online yang kredibel. Website adalah metode paling profesional dan dapat dipercaya untuk memperkenalkan bisnis Anda ke audiens. Website memberi Anda kontrol penuh atas citra merek dan pengalaman pelanggan. Tentu saja, kontrol Anda lebih banyak daripada TikTok Shop yang merupakan platform pihak ketiga.
  • Menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan website, Anda dapat menjangkau pelanggan potensial melalui mesin pencari dan media sosial. Bandingkan dengan TikTok Shop yang terbatas pada pengguna aplikasi TikTok dan tidak bisa maksimal di mesin pencari.
  • Meningkatkan penjualan. Website membuat Anda melakukan transaksi langsung dengan pelanggan.
  • Mengumpulkan data pelanggan. Website membantu Anda mengumpulkan data pelanggan yang berharga, seperti alamat email dan riwayat pembelian. Data itu bisa Anda pakai untuk banyak kebutuhan, seperti marketing atau promo diskon pelanggan eksklusif.
  • Mengontrol pengalaman pelanggan. Di website, Anda bisa menciptakan pengalaman belanja yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Iya, Anda bisa mengatur desain, tata letak, dan fitur yang Anda pilih sendiri demi mengoptimasi penjualan produk.

Dengan berbagai manfaat tersebut, website memang menjadi kewajiban di era kontroversi media sosial dan marketplace saat ini.

Masalahnya, banyak bisnis online yang kesulitan memiliki website sendiri yang terintegrasi dengan layanan transaksi online dan pengiriman paket. Efeknya, para konsumen ini merasa kurang nyaman saat berbelanja. Apalagi jika dibandingkan dengan TikTok Shop yang berhasil mengintegrasikan banyak hal dalam satu platform.

Bayangkan betapa banyak peluang dan berapa banyak konsumen yang mungkin Anda lewatkan hanya karena tidak memiliki website yang terintegrasi dengan layanan transaksi dan pengiriman?

Tentu saja, kondisi tersebut mengurangi kepercayaan konsumen sekaligus menghilangkan potensi penjualan bisnis Anda.

Karena itulah, kami mendukung dan membantu bisnis Anda memiliki website toko online sendiri yang tidak hanya profesional tetapi juga terintegrasi dengan layanan transaksi online dan pengiriman.

Kami mengintegrasikan layanan KiriminAja dengan dengan WooCommerce demi memudahkan konsumen Anda bertransaksi dan mendapatkan layanan kirim paket di website bisnis Anda sendiri. Dengan begitu, konsumen Anda dapat menikmati pengalaman berbelanja yang praktis, mudah, dan reliable.

Dengan kombinasi strategi yang tepat, bisnis online lokal sebenarnya bisa tetap berkembang dan bersaing, bahkan di tengah kontroversi relasi TikTok Shop dengan pemerintah.

Sekarang, pilihannya ada di Anda; apakah Anda berani maju, berkolaborasi, dan membangun ekosistem bisnis online yang sehat dan berkelanjutan di Indonesia?

Bagaimanapun juga, kami siap membantu Anda hadir dan lebih menonjol di dunia maya. Kami tunggu kolaborasi Anda sekarang juga.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.