Apa Itu Sales Prospecting? Begini Pengertian dan Teknik-tekniknya

Akhmad Ilham Cahyono
3 bulan yang lalu
Bisnis
Sales prospecting

SahabatKA pernah mendengar istilah sales porspecting? Kalau dilihat dari namanya sih pasti berhubungan dengan bisnis, penjualan dan sejenisnya ya.

Nah di artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu sales prospecting dan lainnya. Biar mengenal lebih dalam tentang istilah ini yuk kita simak sama-sama pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Sales Prospecting?

Sales prospecting adalah upaya mencari calon pembeli atau klien, yang disebut sebagai prospek, untuk produkmu dan menghubungi mereka dengan tujuan memasukkan mereka ke dalam saluran penjualan yang akan diikuti hingga mereka siap untuk membeli dari kamu.

Semakin baik kamu dalam menemukan prospek yang kebutuhan dan masalahnya dapat terpenuhi oleh produkmu, semakin besar kemungkinan kamu untuk mengonversi mereka menjadi penjualan di masa depan.

Prospek vs. Leads

Penting untuk memahami perbedaan antara "prospek" dan "lead" karena keduanya tidak boleh digunakan secara bergantian.

Setiap prospek adalah lead, tetapi tidak setiap lead adalah prospek:

Lead

Calon pelanggan yang telah menunjukkan minat pada produkmu; misalnya, mereka mungkin sudah mendaftar untuk newsletter-mu, mengunduh e-book, atau membaca posting blog terbaru. Namun, mereka belum tentu cocok untukmu saat ini.

Prospek

Lead yang sesuai dengan profil pembelimu, memiliki anggaran yang diperlukan, dan tertarik dengan apa yang kamu katakan.

Mengapa Sales Prospecting Penting Bagi Bisnis?

Untuk memahami pentingnya sales prospecting, kamu perlu memahami proses penjualan dan bagaimana orang membuat keputusan pembelian.

Joe Latchow, Lead Development Manager di Intelligence North America, membagikan empat alasan utama mengapa kamu perlu menguasai sales prospecting.

Mengisi Pipamu

Sales prospecting adalah nafas bisnismu. Pipa penjualanmu itu kuncinya buat pertumbuhan bisnis. Maka dari itu sales prospecting jadi hal yang penting.

Jadi Penasihat Terpercaya

Sales prospecting bukan cuma soal jualan. Kamu juga jadi penasihat yang ahli buat bisnis yang kamu wakili.

Meningkatkan Produktivitas

Tim sales prospecting bisa tingkatkan produktivitas. Dengan melacak hasil usaha mereka, kamu bisa identifikasi kelebihan dan kelemahan buat optimalin usaha.

Dapat Wawasan Kompetitif

Sales prospecting bisa jadi sumber wawasan kompetitif. Kamu pengen tahu tentang merek lain yang juga diincar prospekmu.

Nah itulah empat alasan mengapa sales prospecting penting bagi bisnis kamu.

6 Teknik Sales Prospecting yang Harus Kamu Gunakan

Sekarang mari kita bahas teknik sales prospecting, simak saja langsung cara-caranya di bawah ini:

Tentukan Waktu yang Pas

Pertama-tama, pastikan kamu menentukan waktu khusus untuk sales prospecting.

Blok waktu yang sesuai dengan jadwal calon pelangganmu akan membuat semuanya jadi lebih nyaman. Ingat, pilih waktu yang pas agar semua pihak bisa lebih enjoy. Pemilihan waktu yang pas akan mendatangkan efek

Manfaatkan Jaringanmu

Setelah kita membangun hubungan yang asik dengan calon pelanggan, nggak ada salahnya nih untuk nanya apakah kita bisa bantuin teman atau rekan mereka juga. Luangkan waktu untuk berbagi manfaat, kan?

Dengan memanfaatkan jaringan yang kamu punya, sales prospecting akan jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Acara Bisa Jadi Pilihan Tepat

Acara pemasaran masih efektif, terutama buat penjualan B2B. Ada keuntungan besar dari pemasaran acara karena bisa ketemu banyak orang dengan minat yang sama.

Tapi ya, pilih acara yang bener-bener tepat, jangan sembarang. Pertimbangkan dengan seksama!

Kalau kamu bisa memilih acara yang tepat, maka tujuanmu prospecting bisa tercapai sedikit demi sedikit.

Lakukan Riset Sebelumnya

Sebelum nyamperin calon pelanggan, sebaiknya lakukan riset dulu. Meskipun kontak pertama kita mungkin lewat telepon atau email, tapi nggak ada salahnya cari tahu lebih banyak tentang mereka sebelumnya. Dengan begini, kita bisa lebih ngerti kebutuhan mereka.

Kalau misal tidak menemui calon pelanggan secara langsung, kamu bisa mengirimi sebuah survey yang berisi hal-hal yang bakal membantumu mengenal lebih jauh soal mereka.

Bangun Hubungan, Bukan Hanya Jualan

Ingat, penjualan itu nggak cuma soal menutup kesepakatan. Kalau kita terlalu fokus pada itu, malah bikin kecewa.

Pembeli sekarang lebih suka hubungan yang lebih personal. Jadi, yuk, bangun hubungan yang oke! Dengan membangun hubungan yang lebih personal kamu bisa mengambil hati mereka dan bisa memenangkan persaingan.

Aktif di Forum

Kalo kamu bisa nunjukin keahlian kamu di bidang tertentu, calon pelanggan bakal lebih notice.

Terlibat di forum tanya jawab atau platform apapun yang bisa bikin kamu komunikasi langsung sama pelanggan, bisa jadi cara yang efektif buat share pengetahuan dan tunjukin keahlianmu.

Itulah beberapa tips sales prospecting yang bisa kamu coba. Ini akan sangat membantumu dalam menemukan konsumen yang prospek bagi bisnis.

Tapi ingat, jika ingin reach out ke konsumen atau calon konsumen, pastikan kamu tahu waktu ya. Jangan sampai terlalu sering karena itu bisa mengganggu kenyamanan mereka.

Nah, kamu juga butuh strategi lain nih dalam melancarkan bisnis selain menggunakan sales prospecting, yaitu dengan metode pengiriman paket yang cepat.

Atas alasan itulah kami menyediakan aplikasi kirim paket #1 di Indonesia dengan segala kemudahan dan fiturnya yang akan memanjakanmu.

Dalam aplikasi dan dashboard KiriminAja, kamu bisa mengatur segala keperluan mengenai pengiriman paket. Mulai dari atur penjemputan paket, cetak resi tunggal maupun massal, kirim paket secara bersama meskipun bermacam ekspedisi dan pemantauan status paket real-time.

Selain itu dengan daftar gratis di Dashboard KiriminAja, kamu bisa mendapatkan banyak penawaran promo. Tentunya ini akan semakin menghemat biaya ongkir dan tanggunganmu.

So, kalau belum gabung, langsung aja daftar sekarang di link ini ya biar #CashFlowAman dan bisnis jadi aman.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Akhmad Ilham Cahyono
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.