Strategi Jualan Online Agar Laris Manis Kayak Waifu di Festival Wibu

Danusantoso
1 tahun lalu
Ecommerce
Kenapa jualan online tidak laku

Bayangkan ada seorang waifu di tengah-tengah festival wibu; pasti akan ada banyak yang minta foto, minta tanda tangan, dan aktivitas fanbase lainnya. Bagaimana praktiknya di jualan online? Yuk, mari kita bahas strategi jualan online agar laris.

Seperti kita sadari bersama, saat menjalankan bisnis, strategi diperlukan untuk menarik pembeli agar dagangan cepat laris. Dalam artikel ini, KiriminAja telah rangkum apa saja yang membuat jualan online tidak laku, serta strategi agar cepat laku.

Yuk, kita simak penjelasan dari latar belakang sampai akhir, yuk...

Alasan Jualan Online Tidak Laku

Jualan online memang memiliki peluang besar dan caranya juga tergolong mudah. Namun, bukan berarti bisnis model ini tidak memiliki peluang gagal atau tidak laku.

Berikut beberapa alasan yang dapat membuat jualan online Anda tidak laku:

Tidak Ada atau Sedikit Permintaan

Alasan pertama yang dapat membuat jualan tidak laku adalah sedikitnya permintaan. Ini dapat terjadi jika Anda tidak memperhitungan dengan baik dalam memilih produk yang dijual.

Sehingga online store Anda tidak menjawab permintaan dan kebutuhan pasar. Makannya produk Anda akan memiliki sedikit peminat.

Strategi Promosi Kurang Matang

Jika Anda sudah menemukan produk yang memiliki pasar besar, tapi strategi promosi kurang matang, maka sulit untuk menjangkau calon pembeli.

Untuk itu, Anda perlu mempelajari berbagai strategi promosi yang cocok untuk bisnis yang dijalankan. KiriminAja sudah menyediakan uraian lengkap bagiamana seharusnya strategi promosi yang matang itu.

Anda hanya perlu menuju ke uraian dari tautan tersebut untuk memahami lebih detail promosi dan bisnis online yang realistis.

Harga Terlalu Mahal

Harga produk yang terlalu mahal bisa membuat calon pembeli beralih ke penjual lain yang menawarkan harga yang lebih murah.

Kurangnya Kepercayaan

Karena tidak bertemu secara langsung dengan penjual, beberapa calon pembeli mungkin merasa ragu untuk membeli produk dari jualan online. 

Kurangnya kepercayaan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti reputasi penjual yang buruk atau ketidakjelasan informasi tentang produk atau jasa yang dijual.

Kualitas Produk atau Jasa yang Buruk

Meskipun strategi promosi telah dibuat semenarik mungkin, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas produk Anda.

Kualitas akan mempengaruhi pengalaman belanja pelanggan. Jika kualitasnya baik, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka akan melakukan pembelian lagi nantinya.

Kurangnya Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan yang buruk atau tidak ada bisa membuat calon pembeli enggan untuk membeli produk atau jasa dari jualan online. 

Hal ini bisa terjadi karena calon pembeli mungkin memiliki pertanyaan atau masalah yang perlu diatasi sebelum memutuskan untuk membeli.

Kompetisi yang Ketat

Karena jualan online cukup praktis, maka banyak yang mencoba peruntungan dengan metode ini. Oleh karena itu kompetisi dalam berjualan online memang tergolong cukup ketat.

Strategi Agar Jualan Online Cepat Laku

Ada banyak strategi, taktik dan trik berjualan yang bisa Anda coba.

KiriminAja juga menyiapkan penjelasan berbagai trik berjualan online yang pantas dijalankan untuk bisnis Anda.

Lalu, Anda perlu menggabungkan trik berjualan di uraian itu dengan tips dan strategi yang dilakukan KiriminAja di bawah ini.

Berikut telah KiriminAja rangkum tips apa saja yang perlu Anda perhatikan untuk jualan online:

Pilih Produk yang Diminati Oleh Banyak Orang

Tips pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai jualan di Instagram adalah memilih produk yang memiliki potensi besar diterima pasar. 

Anda dapat melakukan survey untuk mencari tahu permintaan dan kebutuhan yang ada di pasar. Kemudian pilihlah produk yang dapat menjawab permintaan tersebut dan jangan lupa tambahkan keunikan  dari kompetitor agar lebih diminati.

Berikan Harga yang Kompetitif

Setelah menentukan produk yang hendak dijual, selanjutnya tentukan harga yang kompetitif dan realistis. Bandingkan dengan produk serupa untuk menentukan harga yang tepat.

Gunakan Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Buat halaman bisnis di Facebook, Instagram, dan Twitter. Lalu gunakan media sosial tersebut untuk mengiklankan produk dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Berikan Pelayanan yang Baik

Berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan Anda agar mereka merasakan kedekatan dengan merek. Tanggapi pertanyaan mereka dengan cepat dan ramah,

Selain itu, Anda juga dapat mengoptimalkan layanan pengiriman dengan menyusun manajemen yang praktis dan otomatis.

Seperti memberikan layanan logistik yang hemat tapi memiliki kualitas pengiriman yang reliable. Serta dapat dilakukan hanya dengan melalui satu pintu.

Layanan optimal seperti itu dapat Anda berikan kepada pelanggan hanya dengan daftar secara gratis di dashboard KiriminAja.

Sebagai aplikasi kirim paket #1 Indonesia, KiriminAja juga memungkinkan online store Anda memiliki kebebasan mengatur margin profit dan kemampuan mengatur manajemen produk.

Tawarkan Promo atau Diskon

Tawarkan promo atau diskon untuk menarik minat calon pembeli. Misalnya, Anda bisa memberikan diskon untuk pembelian pertama, atau memberikan hadiah gratis jika pembelian mencapai batas tertentu.

Tambahkan Opsi Pembayaran yang Beragam

Tambahkan opsi pembayaran yang beragam, seperti transfer bank, kartu kredit, atau e-wallet. Dengan menawarkan opsi pembayaran yang beragam, pelanggan akan lebih mudah memilih cara pembayaran yang paling nyaman.

Buat Konten yang Menarik

Karena berjualan secara online, maka Anda perlu membuat konten tentang produk agar dapat menjangkau pelanggan. Buatlah konten yang menarik, entah dalam bentuk foto maupun video.

Jangan lupa sertakan deskripsi yang lengkap dan tambahkan hastag agar postingan tersebut dapat dengan mudah ditemukan orang yang sedang membutuhkan produk Anda.

Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Buat deskripsi produk yang menarik dan rinci. Deskripsi yang baik akan membantu calon pembeli memahami produk Anda dan mengambil keputusan untuk membeli.

Cara terbaiknya adalah memanfaatkan konten berbasis visual. Sebagai contoh, Anda membuat video yang menjelaskan dan menunjukkan setiap produk.

Usahakan konten video yang dibuat memiliki kesan kreatif, lucu, dan unik. Tujuannya agar audiens jadi tertarik dan mau mengonsumsi konten yang Anda buat.

Itu dia beberapa tips yang menjadi strategi jualan online Anda bisa cepat laku. Tentu saja, trik dan tips di atas hanya bisa berjalan jika Anda benar-benar menjalankan sesuai kondisi pasar serta bisnis.

Jadi, yuk mulai bergerak sekarang juga. Jangan tunggu lebih lama lagi karena bisa menyesal.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.