Tahu Nilai Cash Ratio Adalah Hal Wajib. Yuk, Ketahui Caranya di Sini

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Rumus Cash Ratio

Sebagaimana dialami banyak business owner, menghitung cash ratio adalah pekerjaan tersendiri yang cukup menyita pikiran.

Oleh karena itu, KiriminAja menguraikan bagaimana cara menghitung dan mengartikan cash ratio untuk Anda. Tentu saja, Anda akan mendapat pemaparan detail bagaimana efek cash ratio bagi bisnis.

Sebelum itu, kami sangat senang jika Anda bergabung bersama kami di Dashboard KiriminAja, karena akan tumbuh bersama-sama dalam berbisnis. Salah satunya adalah dengan menyediakan bacaan seperti di bawah ini,

Yuk, mari kita bahas seluk-beluk cash ratio di sini, yuk…

Apa itu Cash Ratio (Rasio Kas)?

Cash ratio adalah salah satu jenis liquidity ratio yang digunakan untuk menganalisis likuiditas suatu perusahaan.

Tujuan cash ratio adalah untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam melunasi utang jangka pendeknya. Caranya dengan membandingkan antara kewajiban lancar dan kas atau setara dengan kas.

Kas menjadi pertimbangan karena merupakan alat pembayaran yang paling efektif. Seperti untuk membayar karyawan, utang pajak, utang vendor, dan sebagainya.

Perhitungan rasio ini, dikhususkan pada kewajiban jangka pendek seperti hutang gaji karyawan, pajak penghasilan, utang kepada vendor, dan sebagainya.

Manfaat Cash Ratio untuk Perusahaan

Analisis nilai cash ratio dapat dimanfaat dengan maksimal untuk mengontrol sistem perusahaan Anda. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk memperbaiki sistem keuangan.

Berikut manfaat cash ratio untuk perusahaan Anda yang telah KiriminAja rangkum:

Mengetahui Kemampuan Perusahaan Dalam Membayar Utang

Melalui perhitungan cash ratio, perusahaan dapat mengetahui kemampuannya dalam membayar hutang. Jika nilainya rendah, perusahaan dapat merumuskan strategi untuk meningkatkan kas yang dimiliki.

Mengetahui Jumlah Dana Tak Bergerak

Jika diketahui kas yang dimiliki terlalu tinggi, berarti perputaran kas kurang optimal. Dengan demikian, dapat dipertimbangkan untuk memanfaatkan kas tersebut agar lebih berguna. Misalnya digunakan untuk investasi.

Selain dua manfaat tersebut, cash ratio juga dapat memberikan informasi berguna bagi perusahaan Anda. Berikut beberapa hal yang dapat diperoleh dari perhitungan cash ratio:

Mengukur Profitabilitas

Siklus arus kas dapat menjadi salah satu aspek yang mempengaruhi profitabilitas kas. Perusahaan yang likuidasi kasnya rendah dalam jangka panjang, akan memungkinkan untuk sulit memperoleh keuntungan.

Penagihan

Salah satu penyebab persediaan kas rendah ialah adanya piutang yang sulit ditagih. Oleh sebab itu, jika cash ratio rendah, perusahaan tersebut dapat memperbaiki pola penagihan piutangnya.

Sehingga, kas yang dimiliki perusahaan tersebut tetap di angka yang aman.

Mencari Nilai Solvabilitas

Nilai solvabilitas dapat dilihat dari besarnya kas yang dimiliki suatu perusahaan. Sebab, kas merupakan aset utama yang memiliki tingkat likuiditas paling tinggi.

Oleh karena itu, perusahaan dapat terancam bangkrut jika tidak memiliki aset likuid yang cukup untuk melunasi utang jangka pendek dengan cepat.

Cara Menghitung Cash Ratio (Rasio Kas)

Menghitung cash ratio dilakukan dengan membandingkan jumlah kas dan jumlah kewajiban lancar. 

Cash Ratio = (Kas + Setara Kas) : Kewajiban Lancar

Berikut contoh perhitungannya agar memudahkan untuk lebih memahami.

Data dalam neraca perusahaan WY menampilkan informasi berikut:

  • Uang Tunai (Rp.30.000.000)
  • Piutang (Rp.50.000.000)
  • Surat Berharga (Rp.40.000.000)
  • Utang Pajak (Rp.5.000.000)
  • Utang Gaji Karyawan (Rp. 50.000.000)
  • Utang Jangka Pendek Lainnya (Rp.25.000.000)

Cash Ratio 

= (Total Kas + Setara Kas) : Total Utang Jangka Pendek

= (Uang Tunai + Piutang + Surat Berharga) : (Utang Pajak + Utang Gaji Karyawan + Utang Jangka Pendek Lainnya)

= (Rp. 30.000.000 + Rp.50.000.000 + Rp.40.000.000) : (Rp.5.000.000 + Rp. 50.000.000 + Rp.25.000.000)

= Rp. 120.000.000 : Rp. 80.000.000

= 1,5

Dari perhitungan cash ratio tersebut, perusahaan WY memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, yaitu 1,5. Hal tersebut menandakan bahwa perusahaan WY mampu melunasi utang jangka pendeknya dengan kas yang dimiliki.

Analisis Terhadap Hasil Perhitungan Cash Ratio

Setelah menghitung nilai cash ratio, dapat diketahui nilai likuiditas perusahaan tersebut. Nilai rasio yang ideal ialah 1. Di mana perusahaan dianggap mampu membayar utang jangka pendek dengan kas yang dimiliki.

Jika nilai rasio perusahaan di bawah 1, maka perusahaan tersebut tidak dapat melunasi utang jangka pendeknya dengan baik. Sebab, kas yang dimiliki lebih rendah dari jumlah hutangnya.

Kemudian, jika nilai rasio yang didapat lebih dari 1, maka perusahaan tersebut memiliki kas yang lebih besar dari nilai hutangnya. Sehingga, perusahaan tersebut dinilai lebih dari mampu untuk melunasi utangnya.

Untuk lebih detailnya, berikut penjelasan lebih lanjut atas analisis cash ratio tersebut.

Cash Ratio = 1

Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai kas dan aset lain yang setara dengan kas, memiliki jumlah yang sama dengan nilai kewajiban lancar.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa perusahaan tersebut dapat melunasi utangnya secara penuh dengan kas yang dimiliki.

Cash Ratio < 1

Nilai tersebut menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki kas yang cukup untuk menutup kewajiban lancar yang dimiliki.

Misalnya, jika nilai cash ratio pada angka 0.80, maka perusahaan tersebut hanya memiliki kas sebesar 80% dari utang jangka pendeknya.

Cash Ratio > 1

Jika hasil perhitungan cash ratio lebih dari 1, maka perusahaan tersebut memiliki kas lebih dari jumlah kewajiban lancarnya. 

Misalnya, jika nilai cash ratio 1,50, makan perusahaan memiliki kas yang dapat melunasi penuh utangnya. Serta masih memiliki persediaan kas sebesar 50%.

Setelah mengetahui penjelasan lengkap terkait cash ratio, KiriminAja berharap perusahaan Anda memiliki cash flow yang aman.

Anda bisa menjaga cash ratio dengan mengelola kewajiban. Sebagai tawaran, Anda bisa memakai KiriminAja untuk mendapatkan biaya ongkos kirim lebih hemat.

Dengan menjaga nilai biaya ongkir rendah, Anda akan membuat cash flow aman, cash ratio terjaga, dan bisnis jadi tenang.

Apalagi, KiriminAja hadir dengan berbagai fitur serta layanan tambahan khusus untuk Anda, para business owner, dan para digitalpreneur.

Berbagai fitur dan layanan KiriminAja berusaha untuk mendukung Anda di berbagai hal yang membuat bisnis tumbuh.

Sebab, sebagai partner bisnis, KirminAja berkomitmen membantu para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. 

Anda hanya perlu mendaftar, gratis, di dashboard KiriminAja. Setelah itu, Anda bisa langsung merasakan berbagai layanan prima KiriminAja bagi bisnis.

Dengan wujud nyata, KiriminAja dapat membantu Anda mengotomatisasikan pengiriman produk perusahaan Anda dengan mudah. Yuk, kolaborasi bersama untuk cash flow aman…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.