Strategi dan Cara Menarik Perhatian Biar Mau Belanja di Toko Online Anda

Danusantoso
1 tahun lalu
Bisnis
cara-naikkan-penjualan-online

Apakah Anda sedang mencari cara meningkatkan penjualan online Anda? Sebagai pengusaha, kemungkinan besar, Anda pasti ingin mengembangkan penjualan bisnis online yang sedang dijalankan.

Penjualan lebih banyak, pada akhirnya, menghasilkan keuntungan lebih besar. Profit di mana-mana.

Sayangnya, untuk mencapai momen hidup bisa bersantai tapi tetap terus menerima keuntungan bisnis, dibutuhkan kerja keras.

Sebagai sesama pelaku bisnis, kami yakin, Anda telah menghabiskan waktu banyak demi bisa menyempurnakan strategi penjualan.

Yes, tapi ternyata, masih banyak ruang untuk meningkatan pendapatan Anda. Dalam artikel ini, KiriminAja akan membagikan 6 tips praktikal yang ditujukan untuk melambungkan pendapatan Anda.

Menggugah Reaksi Emosional Positif Konsumen

Agar toko online Anda menonjol, produk yang ditawarkan harus bisa menyentuh hati, memunculkan emosi positif, dan menciptakan kesan mendalam.

Kesenangan, keceriaan, rasa bangga, harapan, dan banyak emosi positif lain harus banget muncul di benak konsumen.

Bahasa lainnya, berbagai perasaan intens dan mendalam bisa hadir saat melihat aktivitas promosi produk Anda.

Sebagai contoh, Nike dikenal dengan slogan "Just do it". Slogan ini menggugah orang untuk beraksi, memancing reaksi emosional, dan seketika terasosiasi dengan merek tersebut. Saat konsumen mendengar "Nike", hal pertama yang terlintas di pikiran mereka adalah "Just do it".

Maka, Anda pun harus menciptakan hal serupa. Idealnya, Anda harus menanamkan emosi dalam promosi. Tujuannya, agar konsumen dapat menggambarkan produk Anda dalam beberapa kata yang simpel namun menawan.

Buat Konten dan Tawarkan Produk yang Dipersonalisasi

Saran produk yang dipersonalisasi sangat efisien dibandingkan dengan yang umum. Bahkan, sebuah riset, yang dilakukan Invesp, menunjukkan 49 persen konsumen online akan membeli produk secara impulsif setelah terpapar iklan/saran produk yang dipersonalisasi.

Untuk meraih hasil terbaik, manfaatkan riset audiens dan insight dari analisa media sosial agar lebih memahami kebiasaan serta ketertarikan pelanggan.

 Kemudian, lakukan analisa serta ramalkan produk mana yang memiliki potensi tinggi untuk memicu konversi penjualan.

Selanjutnya, Anda bisa menampilkan saran produk, berupa iklan atau unggahan, melalui kanal yang relevan dengan konsumen.

Tingkatkan Engagement dengan Beragam Kanal Marketing

Sejauh mana pelanggan Anda terlibat dengan produk? Jika tingkat interaksi pelanggan kurang, sudah saatnya Anda menggencarkan langkah-langkah strategis khusus untuk meningkatkan engagement.

Pasalnya, interaksi yang kuat menciptakan pelanggan yang bahagia. Pelanggan happy lebih berpotensi untuk melakukan konversi dan tetap loyal.

Salah satu metode efisien untuk menggairahkan interaksi adalah melalui strategi pemasaran melalui berbagai saluran yang Anda miliki.

Artinya, Anda tidak bisa bergantung pada 1 jenis kanal marketing. Anda tidak bisa hanya promosi lewat WhatsApp Business saja, lewat social media saja, atau lewat Meta Ads saja, dan lain sebagainya.

Anda harus menggabungkan semua saluran itu dalam satu strategi marketing besar dan holistik dengan 1 pesan utama yang jelas.

Ada banyak tools di internet yang bisa Anda pergunakan untuk memaksimalkan strategi pemasaran holistik tersebut secara berkelanjutan dan menjangkau banyak konsumen.

Sajikan Promo dan Bonus Istimewa

Siapa yang tak senang menerima promo atau bonus? Tidak ada. Malah, kebanyakan konsumen mengejar bonus dan promo. 

Artinya, Anda bisa memberikan apresiasi tertentu dalam bentuk produk demi mempererat ikatan dengan konsumen. 

Strategi ini mencerminkan perhatian khusus terhadap konsumen. Plus, menegaskan bahwa bisnis Anda menghargai konsumen.

Apabila konsumen mengetahui bahwa mereka akan menerima reward, mereka akan bersemangat membeli produk Anda.  Jadi, hadirkan potongan harga dan bonus eksklusif untuk pelanggan loyal Anda. 

Berikan insentif untuk menggaet lebih banyak konsumen. Pada akhirnya nanti, Anda akan menyaksikan laba naik secara pasti.

Laksanakan Kampanye Retargeting

Setelah mengaplikasikan berbagai taktik untuk menarik konsumen ke toko online Anda, berikan dorongan tambahan.

Dorongan tambahan ini berfungsi untuk meyakinkan pengunjung sebelumnya agar kembali dan membeli produk Anda. Dorongan tambahan ini disebut dengan kampanye retargeting.

Lakukan aktivitas iklan retargeting pada pengunjung laman yang:

  • Menelusuri laman produk
  • Menyukai laman Facebook Anda
  • Mengakses koleksi khusus
  • Menyaksikan video di media sosial
  • Menambahkan barang ke keranjang namun belum membeli

Misalnya, Anda mendapatkan 200 pengunjung laman dalam 14 hari terakhir, tetapi hanya 20 yang melakukan transaksi.

Unggah daftar pelanggan ke Facebook dan buat Custom Audience untuk menargetkan mereka lewat platform tersebut.

Manfaatkan fitur iklan dinamis untuk mempromosikan produk yang sebelumnya mereka lihat di toko daring Anda.

Untuk bisa memahami iklan retargeting ini, Anda bisa mengulik lebih detail penjelasan dari Khoirul Fuady, digital marketing strategic KiriminAja, di Instagram.

https://www.instagram.com/p/CrkvEHorsRs/

Konsistensi Adalah Kunci

Dalam dunia bisnis, konsistensi menjadi hal yang sangat krusial. Produk atau bisnis Anda harus dapat diikuti oleh konsumen.

 Jika para konsumen terbiasa melihat produk Anda di Instagram, maka jangan sekali-kali berpikir menghapus akun, menunda unggahan, atau mengurangi intensitas eksistensi akun tersebut.

Jadi, apapun aktivitas Anda menarik perhatian konsumen, baik dengan cara di atas atau tidak, selama konsumen happy, maka pastikan Tindakan tersebut berjalan konsisten.

Sehingga saat konsumen merasa harapannya terpenuhi saat mengunjungi channel marketing bisnis Anda, mereka akan kembali lagi.

Keenam strategi di atas bisa Anda gunakan sejak saat ini. Tentu saja, hasilnya tidak akan bisa didapatkan dalam waktu 2-3 hari. 

Sebagai sebuah strategi jangka menengah dan jangka panjang, strategi di atas akan membantu bisnis Anda berkembang di masa depan.

Oleh sebab itu, KiriminAja selalu siap menemani Anda menjalani hari demi hari menumbuhkan bisnis. 

Anda hanya perlu mendaftar gratis di dashboard KiriminAja, lalu verifikasi sejumlah dokumen, dan Anda bisa langsung merasakan layanan prima aplikasi kirim paket #1 Indonesia. Sehingga, bersama KiriminAja, Anda lebih mampu menjaga #CashFlowAman demi bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.