Tips Meningkatkan Engagement FB Lewat Postingan dan Iklan

Ruth
2 bulan yang lalu
180
Tips Meningkatkan Engagement FB Lewat Postingan dan Iklan

Mempunyai jumlah followers yang banyak memang salah satu hal yang menguntungkan dalam dunia marketing. Semakin banyak followers yang menjangkau postingan Anda dalam bentuk konten atau iklan maka akan semakin menambahkan jumlah pelanggan. Oleh karena itu, ketahui cara meningkatkan engagement FB dengan tepat untuk meningkatkan interaksi calon konsumen.

 

Tanpa adanya engagement yang tinggi maka hal tersebut menunjukkan bahwa jumlah calon pelanggan atau pembelinya juga tidak banyak yang tertarik. Apabila engagement yang didapat semakin besar maka peluang kesuksesan menampilkan konten atau iklan juga semakin besar.

 

Manfaat Engagement dalam Digital Marketing

Apabila Anda masih belum tahu apa itu manfaat engagement dalam digital marketing maka ketahuilah dalam penjelasan di bawah ini.

 

  1. Menentukan Kesuksesan Sebuah Konten dan Iklan

Pertama, manfaat dari engagement dalam digital marketing yaitu akan menandakan kesuksesan dari konten yang Anda upload atau iklan yang ditayangkan dalam berbagai media sosial. 

 

Dengan memasang iklan atau mengupload konten yang berkaitan dengan promosi biasanya bertujuan agar banyak engagement yang melakukan transaksi atau profile visit sehingga saat jumlah engagement semakin banyak maka akan semakin banyak pula jumlah pendapatan Anda.

 

  1. Memperbanyak Jumlah Leads

Berikutnya, saat engagement FB meningkat maka akan memperbanyak jumlah leads. Ketahuilah di era sekarang ini sudah cukup banyak bisnis digital yang dijalankan. Tentu saja, leads sangat berperan untuk membangun relasi dalam jangka waktu yang lama dengan konsumen atau pelanggannya.

 

Siapa itu leads? jadi leads adalah orang yang berperan atau memiliki potensi untuk menjadi konsumen dengan memberikan kontak pribadinya. Apabila engagement di akun media sosial tinggi maka akan semakin banyak leads yang baik sebagai relasi.

 

Jadi, disarankan untuk tidak lupa membangun relasi yang baik dengan leads yang sudah Anda dapatkan.

 

  1. Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Brand

Sebagai konsumen tentu saja Anda akan menilai bahwa perusahaan tersebut terpercaya apabila media sosialnya memiliki nilai positif dari banyak followersnya. Nah, apabila jumlah likes, komen, dan engagement di akun Anda tinggi maka dapat dipastikan calon konsumen juga akan percaya dan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

 

Oleh karena itu, silahkan bangun kepercayaan dengan para calon konsumen agar dapat meningkatkan jumlah pendapatan dengan naiknya transaksi yang dilakukan oleh para calon pembeli yang sudah melakukan engagement pada postingan Anda atau iklan yang ditayangkan pada media sosial FB.



Cara Meningkatkan Engagement Facebook 

Di era sekarang ini, Facebook Ads memang menjadi tools promosi marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan engagement. Yuk, ketahui cara meningkatkan engagement FB dengan mudah dalam penjelasan di bawah ini.

 

  1. Ketepatan Posting Konten

Cara meningkatkan engagement FB yang pertama yaitu ketepatan posting konten atau iklan yang ditayangkan di media sosial. Pastikan Anda memposting  kontennya di waktu yang tepat agar jumlah orang yang melihatnya kemudian melakukan engagementnya berjumlah banyak.

 

Misalnya, saat Anda memposting konten di waktu pagi hari pastinya jumlah engagementnya tidak sebanyak di malam hari. Mengapa demikian? hal tersebut dikarenakan di pagi hari, sebagian besar orang banyak yang melakukan aktivitas bekerja.

 

  1. Membuat Konten Iklan Berkualitas

Saat Anda memasang iklan di media sosial maka pastikan postingan konten yang dibuat atau dipromosikan berkualitas karena hal tersebut menjad satu hal yang berkaitan dengan engagement di akun bisnis Anda. 

 

Oleh karena itu, pastikan Anda membuat design yang menarik kemudian mengikuti perkembangan zaman sehingga akan lebih menarik untuk dilihat para audience di akun media sosial.

 

  1. Pilih Format Video

Anda disarankan untuk memilih format video dalam memposting iklan,  biasanya Anda memang akan ditawarkan menampilkan iklan dalam bentuk slide show, foto, dan video. Dengan memilih format video tersebut juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan engagement di akun media sosial.

 

  1. Share Ke Grup Facebook

Agar jumlah engagement FB meningkat maka Anda juga disarankankan untuk share postingan ke grup facebook agar semakin banyak pengguna yang melihat iklan atau postingan tersebut.

 

Dengan demikian maka akan membuat jumlah engagement semakin meningkat sehingga jumlah pembeli Anda juga semakin banyak.

 

  1. Gunakan Fitur Facebook Insight

Selanjutnya, disarankan juga untuk menggunakan fitur FB insight yang akan mendukung bisnis Anda. Dalam fitur tersebut para pengguna dapat melihat performa konten yang Anda posting dalam tampilan grafik sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui performanya naik atau turun.

 

Jika Anda menggunakan facebook insight maka dapat membantu Anda untuk melacak engagement sampai waktu 28 hari ke belakang. Pada FB insight juga menampilkan data lengkap mengenai demografi dari audiens yang tertarik pada iklan Facebook yang Anda tayangkan.

 

Dengan mengakses fitur tersebut maka Anda sebaiknya memilih menu insightnya di halaman menu profil untuk menampilan ringkasan mengenai performa konten atau iklan di media online.

 

  1. Menguasai Fitur Facebook Ads

Anda juga sebaiknya juga menguasai fitur facebook Ads agar dapat meningkatkan jumlah engagement. Tetapi, Anda sebaiknya untuk mempelajari terlebih dahulu cara mendaftar facebook Ads dengan tepat. Dengan demikian Anda harus mempunyai akun Facebook Page terlebih dahulu agar dapat membuat iklan di platform FB.

 

Tetapi postingan iklan tersebut berbayar sehingga Anda harus menyiapkan biayanya terlebih dahulu, minimal menyiapkan budget hanya Rp. 10.000,00. Dengan menggunakan facebook ads juga akan mendorong audience untuk melakukan engagement agar dapat meningkatkan jumlah engagementnya.

 

Selain itu, melalui fitur facebook Ads juga Anda dapat mendorong audience untuk melakukan aksi lanjutan seperti transaksi repeat order sehingga menguasai FB ads untuk engagement memang sangatlah penting.

 

  1. Meningkatkan Optimasi

Anda juga disarankan untuk meningkatkan optimasi agar dapat memenuhi indikator engagement rate berupa jangkauan audience yang cukup luas. Adanya jangkauan yang  luas tersebut maka akan memberikan potensi atau peluang agar Anda mendapatkan insight yang tinggi dari setiap konten yang dibuat. 

 

Optimasi yang dimaksudkan ini sudah tersedia dalam FB ads sehingga Anda dapat mengoptimalkannya melalui fitur tersebut.

 

  1. Buat Konten yang Tepat Sasaran

Anda sebaiknya juga membuat konten tepat sasaran agar audience tertarik untuk melihat atau membukanya. Dengan demikian maka akan berpotensi untuk meningkatkan engagement rate yang masih rendah.

 

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui konten seperti apa yang disukai oleh para audience atau bagaimana cara menampilkan konten agar audience tertarik untuk melihatnya.

  1. Pastikan Tampilannya Friendly

Untuk meningkatkan engagement FB maka sebaiknya Anda juga harus memastikan tampilan profil yang friendly sehingga akan menjadi first impression yang menarik bagi audience. Apabila tampilan profilnya saja sudah tidak menarik maka audience barunya juga akan kurang suka.

 

Hal tersebut akan berpengaruh untuk menghentikan langkah audience saat membuka profil bisnis facebook Anda. 



Demikianlah beberapa tips untuk meningkatkan engagement FB dengan mudah sehingga akan meningkatkan jumlah customer dengan cepat. Selamat Mencoba.