Cara Meningkatkan Engagement: Bukan Hanya dengan 'Beli 1 Gratis 1'

Ruth
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara meningkatkan engagement facebook

Jika masih bertanya-tanya apa itu engagement, bagaimana penerapannya, dan bagaimana strateginya, Anda berada di ulasan yang tepat.

KiriminAja akan membahas berbagai hal terkait engagement. Lebih spesifik lagi, Anda bisa mendapatkan beberapa teknik dan cara meningkatkan engagement Facebook.

Dengan begitu, Anda bisa memahami peran engagement dalam berbagai praktik social media marketing dan digital marketing. Yuk…

Apa itu Engagement?

Engagement adalah interaksi antara pelanggan dan brand.

Aktivitas engagement meliputi likes, comments, share, dan tindakan lainnya yang menunjukkan keterlibatan serta minat pelanggan di/ke media sosial brand.

Peran engagement tidak sebatas meningkatkan interaksi brand dengan konsumen. Lebih jauh lagi, engagement dapat memperkuat loyalitas konsumen, dan membantu meningkatkan konversi penjualan.

Menurut Hootsuite, ada efek positif pada aktivitas meningkatkan engagement. Salah satu contohnya adalah peningkatan konversi penjualan dan peningkatan brand awareness

Manfaat Engagement dalam Digital Marketing

Berikut ini beberapa manfaat engagement dalam aktivitas digital marketing:

Menentukan Kesuksesan Sebuah Konten dan Iklan

Manfaat pertama engagement dalam digital marketing yaitu menandakan kesuksesan dari konten yang Anda upload atau iklan yang ditayangkan di media sosial. 

Pada banyak kasus, kenaikan content atau ads engagement berarti peningkatan transaksi bisnis yang berujung pada profit. 

Memperbanyak Jumlah Leads

Berikutnya, saat engagement FB meningkat maka akan memperbanyak jumlah leads. Tentu saja, leads sangat berperan untuk membangun relasi dalam jangka waktu yang lama dengan konsumen atau pelanggannya. 

Siapa itu leads? Jadi leads adalah orang yang berperan atau memiliki potensi untuk menjadi konsumen. 

Apabila engagement di akun media sosial tinggi maka akan semakin banyak leads yang baik sebagai relasi.

Jadi, disarankan untuk tidak lupa membangun relasi yang baik dengan leads yang sudah Anda dapatkan.

Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Brand

Interaksi positif dari banyak followers atau publik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat ke brand. 

Nah, apabila jumlah likes, komen, dan engagement di akun Anda tinggi maka dapat dipastikan calon konsumen juga akan percaya dan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Cara Meningkatkan Engagement Facebook

Seperti disebutkan di atas, setelah memiliki wawasan apa itu engagement secara umum, Anda juga akan mendapatkan praktik cara menaikkan engagement di Facebook.

Iya, salah satu praktik marketing FB adalah mengatur strategi bagaimana cara meningkatkan interaksi Facebook. 

Karenanya, peran Facebook Ads memang menjadi tools promosi marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan engagement. 

Yuk, ketahui cara meningkatkan engagement Facebook dengan lebih strategis dalam penjelasan di bawah ini.

Ketepatan Posting Konten

Cara meningkatkan engagement facebook yang pertama yaitu ketepatan waktu posting konten atau iklan yang ditayangkan di media sosial. 

Pastikan Anda memposting kontennya di waktu yang tepat agar jumlah orang yang melihatnya kemudian melakukan engagementnya berjumlah banyak.

Misalnya, saat Anda memposting konten di waktu pagi hari pastinya jumlah engagementnya tidak sebanyak di malam hari. 

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan di pagi hari, sebagian besar orang banyak yang melakukan aktivitas bekerja.

Membuat Konten Iklan Berkualitas

Saat Anda memasang iklan di media sosial, maka pastikan postingan konten yang dibuat berkualitas. Sebab, kualitas tersebut menjadi salah satu hal krusial menaikkan engagement di FB. 

Oleh karena itu, pastikan Anda membuat design yang menarik dan relevan demi bisa menarik minat audiens di media sosial. 

Pilih Format Video

Anda disarankan untuk memilih format video dalam memposting iklan. Sebab, tren saat ini adalah orang lebih nyaman konten yang berbentuk video.

Share Ke Grup Facebook

Agar engagement FB meningkat, maka disarankankan untuk share postingan ke grup Facebook. Agar semakin banyak pengguna yang melihat iklan atau postingan tersebut.

Anda juga bisa memakai jasa share postingan ke berbagai grup. Tentu saja, Anda harus mencari vendor jasa semacam ini di lingkup terbatas, seperti grup FB yang berisi peminat Facebook Ads.. 

Dengan demikian maka jumlah engagement semakin meningkat sehingga jumlah pembeli Anda juga semakin banyak.

Gunakan Fitur Facebook Insight

Selanjutnya, disarankan juga untuk menggunakan fitur FB insight yang akan mendukung bisnis Anda. 

Dalam fitur tersebut para pengguna dapat melihat performa konten yang Anda posting dalam tampilan grafik sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui performanya naik atau turun. 

Jika Anda menggunakan facebook insight maka dapat membantu Anda untuk melacak engagement sampai waktu 28 hari ke belakang. 

FB insight juga menampilkan data lengkap mengenai demografi dari audiens yang tertarik pada iklan Facebook yang Anda tayangkan. Salah satu cara menentukan audience Facebook Ads adalah melihat FB Insight.

Menguasai Fitur Facebook Ads

Anda juga sebaiknya juga menguasai fitur facebook Ads agar dapat meningkatkan jumlah engagement. 

Dengan menggunakan facebook ads juga akan mendorong audience untuk melakukan engagement agar dapat meningkatkan jumlah engagementnya.

Selain itu, melalui fitur facebook Ads, Anda juga dapat mendorong audience untuk melakukan aksi lanjutan seperti transaksi repeat order. 

Meningkatkan Optimasi

Anda juga disarankan untuk meningkatkan optimasi agar dapat memenuhi indikator engagement rate berupa jangkauan audience yang cukup luas. 

Adanya jangkauan yang  luas tersebut akan memberikan potensi mendapatkan hasil insight positif dari setiap konten. 

Optimasi yang dimaksudkan ini sudah tersedia dalam FB ads sehingga Anda dapat mengoptimalkannya melalui fitur tersebut.

Buat Konten yang Tepat Sasaran

Anda sebaiknya juga membuat konten tepat sasaran agar audience tertarik untuk melihat atau membukanya. 

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui konten seperti apa yang disukai oleh para audience. Anda juga harus tahu bagaimana cara menampilkan konten agar audience tertarik untuk melihatnya.

Pastikan Tampilannya Friendly

Untuk meningkatkan engagement FB maka sebaiknya Anda juga harus memastikan tampilan profil yang friendly sehingga akan menjadi first impression yang menarik bagi audience. Apabila tampilan profilnya saja sudah tidak menarik maka audience barunya juga akan kurang suka.

Insight tambahan yang perlu Anda pahami setelah memahami uraian di atas adalah Facebook bukan satu-satunya produk Meta yang bisa diandalkan untuk aktivitas digital marketing.

Anda juga perlu memahami bagaimana cara menaikkan engagement di Instagram. Sebab, sama seperti Facebook, Instagram adalah platform yang terlalu sayang dilewatkan untuk menggaet konsumen.

Karena itulah, sebagai uraian pelengkap, KiriminAja sudah menyediakan penjelasan detail bagaimana menaikkan engagement Instagram.

Tentu saja, strategi Facebook di atas juga bisa Anda kombinasikan sedemikian rupa untuk Instagram.

Untuk bisa membuat berbagai strategi di atas, Anda juga perlu memahami perbedaan target market, target audience, dan target konsumen. Dengan memahami perbedaan karakteristik ketiga kelompok tersebut, Anda akan lebih strategis menjalankan taktik pemasaran.

KiriminAja sudah membuat rangkuman perbedaan target audience, target konsumen, dan target market tersebut. Anda hanya meng-klik tautan tadi, membaca, dan mulai mempraktikkan rangkumannya.

Karena bagaimanapun juga, untuk bisa membuat praktik pemasaran yang berhasil, Anda harus mulai menentukan bagaimana karakteristik orang yang akan mengonsumsi konten pemasaran Anda.

Hal tersebut akan berpengaruh untuk menghentikan langkah audience saat membuka profil bisnis facebook Anda. 

Demikianlah beberapa wawasan apa itu engagement dan trik meningkatkan engagement FB dengan mudah. Semoga dari sini, Anda dapat meningkatkan jumlah customer dengan cepat. Selamat mencoba…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.