Trik Jitu Mempertahankan Pelanggan agar Selalu Membeli Produk Anda

Ruth
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara mempertahankan pelanggan

Upaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah pernah membeli produk Anda jauh lebih penting dibanding mengunggah kolam baru. Pelanggan yang sudah loyal akan lebih mudah mengeluarkan uang untuk kembali melakukan transaksi pada produk atau layanan jasa yang Anda berikan.

Bagaimana cara bertahan dan membuat pembeli selalu terkesima dengan produk yang Anda buat? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini;

  1. The Killer Content

Salah satu kekuatan Anda sebagai penjual dan produsen sebuah produk adalah menyajikan the killer content yang menarik. Baik layanan jasa maupun barang, keberadaan konten yang memikat akan menjadi intisari dari penjualan Anda. Misalkan untuk produk kosmetik, maka kualitas bahan dan penunjang materi yang digunakan untuk produk akan sangat berperan penting.

Jika Anda memiliki layanan jasa rias pengantin, maka kemampuan Anda untuk menjadikan pengantin sebagai ratu sehari akan sangat berdampak baik untuk usaha Anda. Bukan hal mustahil bahwa jasa Anda akan direkomendasikan kepada orang lain sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi.

  1. Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Upaya untuk mempertahankan pelanggan tetap setia juga bisa dilakukan dengan memberikan kesan pertama yang baik. Attitude dan manners akan menjadi salah satu pertimbangan seseorang ketika memutuskan untuk melakukan transaksi jual-beli. Ketika Anda memberikan kesan yang menyenangkan, maka branding diri Anda akan terbangun dengan sendirinya.

  1. Aftersales yang Menyenangkan

Pelayanan pasca penjualan akan jadi pengalaman berharga lainnya untuk pelanggan. Bagaimana Anda membangun komunikasi setelah produk dibeli? Apa saja masalah dan kendala terhadap produk yang Anda miliki? Misalkan Anda menjual produk makanan, apakah rasa yang diinginkan sesuai dengan ekspektasi pelanggan?

Jika tak sesuai keinginan, bagaimana langkah lanjutan untuk memperbaiki hal tersebut? Anda pun harus memikirkan sebuah aftersales yang tidak biasa, sehingga konsumen akan terus mengingatnya sebagai bentuk perhatian kepada pembelinya. 

Beberapa layanan aftersales yang bisa Anda gunakan antara lain sebagai berikut:

  1. Voucher potongan diskon untuk pembelian selanjutnya

  2. Bonus pembelian

  3. Konsultasi lanjutan jika dibutuhkan, misal untuk produk kesehatan, layanan jasa penulisan atau desain dan sejenisnya.

Layanan aftersales dapat disesuaikan dengan jenis produk dan layanan jasa yang Anda tawarkan.

  1. Sajikan Produk yang ‘Bersambung’ Alias Memiliki Kelanjutan Konten

Langkah selanjutnya untuk mempertahankan pelanggan agar tetap melakukan pembelian ulang pada masa selanjutnya adalah dengan membuat produk yang ‘bersambung’. Di dunia bisnis, nama Dewa Eka Prayoga adalah salah satu inspirasi terbaik untuk menjadi role model. Ia membuat banyak buku yang saling terkait satu sama lain.

Ketika produk yang dibuat sudah memenuhi the killer content, maka produk selanjutnya akan dinanti dan ditunggu perilisannya. Contoh lainnya adalah produk kosmetik unggulan. Ketika satu brand memunculkan produk lipstik, selanjutnya akan dinanti jenis dan model lainnya yang masih relevan. Produk lipcream, lipmate, lipserum, lipbalm, atau lainnya tentu sudah memiliki penggemar masing-masing.

  1. Belajar Dari Kompetitor

Keberadaan kompetitor tak selalu buruk untuk usaha Anda. Para pesaing bisa menjadi batu loncatan untuk menaikkan penjualan produk Anda. Anda bisa mengamati strategi marketing mereka untuk dapatkan calon pelanggan baru. Salah satu contoh yang heboh beberapa waktu lalu adalah fenomena BTS Meal yang begitu membahana.

Dengan euforia yang ada, kompetitor justru memanfaatkan hal ini sebagai ajang untuk pamer barang jualan mereka dengan beragam singkatan BTS yang bisa menarik perhatian calon konsumen. Kompetitor yang bisa melihat dan menganalisis pasar, tentu akan lebih mudah menaikkan branding produknya dengan lebih baik. 

  1. Tidak Sombong Pada Pencapaian

Pencapaian adalah buah dari kerja keras, sehingga Anda tak patut merasa paling berjasa atau sombong pada hal-hal yang telah diperoleh. Bisa jadi, keberhasilan yang Anda raih saat ini berkat kerja sama dari banyak pihak. Maka, hal yang perlu dipertahankan harus semakin dikembangkan, hal yang perlu dibenahi menjadi poin penting untuk dikoreksi.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang bisa memberikan banyak manfaat untuk sekitar, apa pun jenis manfaatnya. Oleh karena itu, sebagai bisnis owner, Anda harus berfokus pada niatan awal selain untuk mendapatkan laba dan keuntungan dari hasil penjualan.

  1. Melakukan Evaluasi

Meski bisnis Anda berskala kecil, UKM atau UMKM, evaluasi adalah salah satu metode yang paling ampuh untuk melesat. Dalam perjalanannya, tentu akan ada permasalahan yang terjadi. Masalah tersebut bisa dijadikan sebuah langkah untuk membesarkan kapasitas diri agar lebih banyak perbaikan pada beberapa hal yang masih belum maksimal

  1. Mencanangkan Inovasi

Setelah melakukan evaluasi, perlu adanya inovasi yang akan mempertahankan para pelanggan Anda. Inovasi bisa berkaitan dengan pembaruan produk atau kelanjutan dari produk seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Dengan inovasi yang cukup menggelitik, tentu saja langkah ini akan menarik lagi pembeli lama, bahkan bisa menjadikannya sebagai kolam baru untuk mulai bertransaksi.

  1. Memperketat Marketing Produk

Tak hanya berfokus pada produk saja, sebagai pebisnis yang menginginkan adanya profit, Anda juga harus memikirkan strategi marketing yang tepat. Jika branding yang Anda tanamkan pada produk belum kuat, maka perbaiki proses branding terlebih dahulu. Bagaimana cara menaikkan branding produk?

  • Promosi Online dan Offline

Promosi adalah jalan yang harus ditempuh oleh semua pebisnis agar produk atau layanan jasa yang dikembangkannya semakin dikenal publik. Promosi offline bisa dilakukan dengan memasang iklan di jalan berupa baliho atau banner. Sedangkan promosi online yakni pemasaran yang dilakukan dengan mengandalkan media sosial.

  • Memperbesar Kolam Penjualan

Pemasaran di media sosial akan memancing kolam baru untuk mendapatkan calon pelanggan. Anda bisa bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan performa produk. Anda juga bisa bekerja sama dengan tokoh-tokoh yang berkompeten di bidangnya agar bisa memberikan review pada produk yang sedang Anda kembangkan.

  • Memperbaiki Copywriting

Copywriting adalah salah satu jenis media tulisan iklan yang akan menarik para calon pembeli.  Dengan copywriting yang menggugah, pembeli akan terpancing rasa penasarannya untuk mencoba produk yang Anda tawarkan. Salah satu caranya yakni membuat promo yang tidak bisa ditolak.

  1. Terbuka pada kritik dan saran

Ketika terdapat sebuah kritik dan saran yang hadir untuk bisnis Anda, justru harus membuat Anda terbangun kembali untuk bisa memperbaiki. Kritik dan saran yang membangun akan kembali membuka mata Anda bahwa bisnis yang dikelola belum sepenuhnya bisa menyenangkan berbagai pihak. Dengan bantuan kritik dan saran, Anda bisa membenahi hal-hal yang masih menjadi kekurangan dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Jika Anda ingin mempertahankan pelanggan agar tetap setia, maka lakukanlah beberapa trik di atas. Jika Anda memperlakukan penjual dengan baik, niscaya penjual pun akan meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik. Sebuah produk yang memiliki kualitas unggulan pasti akan memiliki pelanggan setia yang menanti inovasinya. Tetaplah bersemangat untuk mempromosikan produk Anda dengan penuh suka cita!

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.