Toko Kitab Al Munir Ciawi: Analisa Problem Bisnis Mencari Profit & Berkah

Danusantoso
11 bulan yang lalu
Bisnis
Analisa Bisnis Toko Kitab Al Munir

Toko Kitab Al Munir berada di Ciawi, Kab. Bogor. Sesuai namanya, toko ini menjual berbagai kitab tafsir yang berkaitan dengan agama Islam.

Jarak Toko Buku Al Munir dengan Jakarta, sekitar, 60 km. Toko Kitab Al Munir beroperasi sejak 2021.Artinya, toko kitab dari Ciawi ini berhasil melewati krisis di masa pandemi dan tetap bertahan.

Sebagai toko kitab agama Islam, Al Munir harus berhadapan dengan banyak kompetitor yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam bisnis serupa.

Prospek Pengembangan Pasar Toko Kitab Al Munir

Jawa Barat, dan Indonesia, kental akan orang-orang yang rutin belajar serta memahami agama Islam.

Siapa saja bisa, dengan mudah, menemukan berbagai forum atau komunitas, baik formal atau informal, yang fokus pada pembelajaran agama Islam di Indonesia.

Tentu saja, hal tersebut membutuhkan kitab-kitab tertentu sesuai dengan topik pembahasan. Oleh karenanya, pasar bisnis toko kitab pembelajaran agama Islam cukup besar.

Toko Kitab Al Munir melihat prospek pasar tersebut. Karenanya, Toko Kitab Al Munir bisa bertahan hingga saat ini dan melewati krisis pandemic dengan sukses.

Salah satu praktik sales yang dilakukan Toko Kitab Al Munir adalah melakukan penjualan secara eceran dan grosir.

Memilih praktik sales eceran dan grosir ini sangat tepat dalam konteks penjualan kitab pembelajaran agama Islam. Seperti kita tahu bersama, forum pembelajaran agama Islam di Indonesia memiliki karakteristik yang khas.

Beberapa di antaranya adalah dilakukan secara komunal, patuh dan cenderung memiliki ketergantungan pada mentor, serta memiliki sistematika pembelajaran yang terprogram jelas.

Karakter-karakter tersebut membutuhkan treatment khusus bagi siapa saja yang ingin memasuki bisnis kitab pembelajaran agama Islam. Salah satunya adalah melayani penjualan grosir dan eceran.

Selain itu, walau jarang diumbar ke publik, prospek bisnis toko kitab memang menjanjikan profit. Lebih menariknya, aktivitas pemasaran toko kitab, rata-rata, mengandalkan community marketing.

Dalam community marketing, si marketer ikut berperan dan jadi bagian dari aktivitas komunitas konsumennya.

Dalam aktivitas di komunitas konsumen, si marketer melakukan pemberdayaan, transfer ilmu, transfer pengetahuan produk, dan aktivitas soft selling.

Tentu saja, aktivitas community marketing bisa dilakukan secara online dan offline. Hal itu juga yang dilakukan owner Toko Kitab Al Munir.

Toko Kitab Al Munir juga melakukan aktivitas community marketing melalui forum offline serta offline.

Toko Kitab Al Munir berkunjung ke berbagai forum pembelajaran agama Islam di sekitar Ciawi dan Jawa Barat. Toko Kitab Al Munir juga melakukan pemasaran via WhatsApp Group, Facebook, dan Instagram.

Problem Bisnis Toko Kitab Al Munir

Seperti bisnis pada umumnya, tentu saja, aktivitas Toko Kitab Al Munir harus berhadapan dengan sejumlah kendala.

Salah satu kendala dasar yang dihadapi Toko Kitab Al Munir adalah akses modal. Padahal akses modal ini menjadi dasar sejumlah praktik produksi dan marketing.

Tentu saja ada banyak cara untuk menambah modal usaha. Anda bisa membaca ulasan bagaimana strategi dan cara menambah modal usaha.

Akan tetapi, Arief Ardinugroho, co-founder dan CMO KiriminAja, menawarkan solusi alternatif pada Toko Kitab Al Munir.

Sebagai bisnis yang baru tumbuh, akses permodalan memang jadi sesuatu yang sulit. Mau tidak mau, hal tersebut memang harus diakui dan memang sangat wajar.

Akan tetapi, sebagai bisnis yang tangguh, seorang pebisnis harus memiliki fleksibilitas dan kemampuan mengembangkan diri dengan berbagai keterbatasan. 

Oleh karenanya, Arief Adinugroho, atau yang akrab dipanggil dengan nama Mas Auf, memberikan 3 solusi mudah dan accessible, yaitu:

Pendanaan IMF 

Bukan IMF yang jadi mantan kantor Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia, itu. IMF dalam konteks yang dibicarakan Mas Auf adalah Istri, Mertua, and Family. 

Akses modal dari keluarga dekat memang jauh lebih mudah dari akses permodalan formal. Tentu saja, ada pengorbanan gaya hidup yang mesti dilakukan untuk mengurangi pembiayaan domestik.

Akan tetapi, pengorbanan tersebut bisa menjadi sesuatu yang berarti jika Anda memang benar-benar tekun menjalankan bisnis dengan manajemen keuangan terencana dan ketat.

Modal dari Konsumen

Modal dari konsumen ini bisa didapatkan dari sistem pre-order. Toko Kitab Al-Munir bisa memberikan layanan pre-order produk tertentu. Sehingga konsumen berkenan memberikan uang down payment (DP).

Kami menyiapkan panduan memahami strategi pre order yang bisa menghemat biaya operasional bisnis Anda.

Sehingga, Anda bisa menjalankan bisnis rintisan yang ramah biaya tapi tetap bisa menarik cuan.

Uang DP ini akan menjadi modal cepat yang bisa diakses Toko Kitab Al-Munir. Apalagi, Toko Kitab Al-Munir sudah memiliki reputasi dan integritas sebagai toko kitab terpercaya.

Beberapa produk yang bisa ditawarkan Toko Kitab Al-Munir adalah Al-Qur’an custom atau mencetak kitab tertentu yang sulit didapatkan di pasaran.

Modal dari Produsen

Untuk melengkapi permodalan dari konsumen, Toko Kitab Al-Munir juga bisa mengakses permodalan dari produsen.

Secara teknis, yang bisa dilakukan adalah meminta jangka waktu pembayaran lebih panjang dari biasanya. Atau, meminta produsen meringankan jumlah uang DP.

Dengan begitu, pemilik bisnis bisa memiliki dana segar untuk dijadikan modal. Tentu saja, harus ada pengetatan cash flow untuk menjaga keuangan berjalan lancar sekaligus bisa menepati semua janji ke konsumen serta produsen.

Layanan Modal Bisnis KiriminAja

Sebagai member KiriminAja, Toko Kitab Al Munir bisa mengakses sarana permodalan yang disediakan KiriminAja.

Dengan permodalan bisnis dari KiriminAja, Toko Kitab Al Munir, bisa melakukan ekspansi pasar dan menambah jumlah koleksi kitab untuk dijual. Akan tetapi, Toko Kitab Al Munir perlu memenuhi syarat dan ketentuan tertentu dari sisi bisnis.

Syarat dan ketentuan ini diperlukan karena permodalan KiriminAja tidak memberikan bunga dan menuntut jaminan tertentu.

Sehingga, owner Toko Kitab Al Munir bisa fokus pada proses pengembangan bisnis di berbagai sektornya.

Modal bisnis member KiriminAja memang ditujukan untuk para pelaku bisnis yang berniat mengembangkan usahanya dengan perlahan dan berkah.

Dengan begitu, Toko Kitab Al Munir bisa menjaga #CashFlowAman sehingga bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.