Bagaimana Cara Tambah Modal Agar Jangkauan Bisnis Makin Luas

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Cara Tambah Modal Usaha

Pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran para pengusaha pemula adalah bagaimana cara tambah modal? Bagi Anda yang mencari caranya, KiriminAja akan menjelaskan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah modal.

Ada beberapa alasan penting mengapa sebaiknya pebisnis itu melakukan penambahan modal. Hal ini akan berpengaruh terhadap jalannya bisnis yang Anda miliki.

Seperti diketahui bersama, praktik bisnis tentunya memerlukan sejumlah modal sebagai awalan untuk memulai bisnis. Setelah itu modal akan diputar dalam produksi. Saat bisnis sudah berdiri, modal diperlukan untuk memperluas jangkauannya.

KiriminAja akan menguraikan bagaimana strategi dan cara menambah modal untuk bisnis Anda. So, mari kita sama-sama membaca dan memahami uraian di bawah ini, yuk.

Mengapa Menambah Modal Itu Penting?

Kita perlu mempertanyakan terlebih dahulu mengapa penambahan modal ini penting. Ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menambah modal seperti pada penjelasan di bawah ini:

Dapat Memperluas Jangkauan Bisnis

Dengan adanya tambahan modal tentunya bisnis Anda akan semakin berkembang. Modal yang besar akan menyediakan produk yang lebih banyak juga.

Selain itu, modal yang banyak bisa untuk membeli peralatan penting dalam bisnis, bisa untuk menyewa tempat usaha baru dan meningkatkan produksi. Maka dari itu, penambahan modal bisa memperluas jangkauan bisnis dalam segala sisi.

Menambah Investasi

Modal yang bertambah seperti yang disebutkan di atas dapat digunakan untuk membeli alat bisnis. Alat-alat tersebut menjadi aktiva lancar dalam usaha.

Maka dari itu, dengan bertambahnya aktiva lancar berupa barang dan alat maka nilai investasi bisnis akan semakin tinggi. Semakin banyak aktiva lancar yang Anda miliki, maka investasi berupa barang akan semakin banyak.

Investasi barang ini penting karena bisa menjadi simpanan di masa mendatang dan dapat dijual kembali.

Dapat Memenuhi Adanya Permintaan Pasar

Permintaan pasar tentunya akan meningkat seiring berjalannya waktu, apalagi jika bisnis Anda sudah terkenal dan produk banyak digemari pelanggan.

Untuk bisa memenuhi permintaan pasar ini Anda memerlukan adanya tambahan modal guna menambah volume produksi dan memperluas jangkauan pasar melalui ads atau iklan bahkan promo-promo tertentu.

Memperkokoh Posisi dalam Kompetisi

Dengan modal yang besar, bisnis Anda bisa bertahan di pasaran dan memiliki posisi yang kuat. Posisi ini didukung dengan adanya peningkatan promosi, memperdalam research and development, serta luasnya pangsa pasar.

Strategi & Cara Tambah Modal Usaha Bisnis

Lantas bagaimana caranya Anda menambah modal usaha? Berikut KiriminAja akan merangkumnya untuk Anda:

Melalui Pembiayaan Ekuitas

Ekuitas adalah bagian dari dana yang berguna untuk menopang modal kerja perusahaan. Biasa juga disebut sebagai aktiva tetap dalam bisnis.

Cara yang bisa Anda gunakan untuk menambah modal adalah dengan pembiayaan ekuitas, caranya adalah dengan menjual saham yang dimiliki perusahaan kepada investor.

Maka dari itu, investor akan membeli saham dan menjadi bagian dari perusahaan atau pemilik bisnis. Perusahaan pun tak perlu membayar kembali pinjaman dan bunga karena telah adanya investor dalam usaha tersebut.

Pembiayaan Hutang

Cara lain untuk menambah modal adalah melalui pembiayaan Hutang, pembiayaan ini merupakan bentuk pendanaan yang berasal dari pinjaman pihak lain.

Biasanya pinjaman tersebut dalam bentuk uang dan tentunya perlu dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Pinjaman jenis ini menggunakan bunga yang akan ditanggung oleh pihak peminjam.

Pinjaman Dari Bank

Cara ini banyak dilakukan oleh para pebisnis karena bisa dengan instan mendapatkan dana dari bank. Hal ini pun bisa menjadi tambahan modal bagi bisnis.

Bank akan meminjamkan dana kepada pengusaha dengan jaminan dan garansi tertentu. Dana yang bisa didapatkan dari bank terbilang cukup besar.

Biaya dari Perusahaan Pendanaan

Ada perusahaan yang menyediakan dana tambahan bagi usaha lain. Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menambah modal.

Anda bisa meminjam dana dari perusahaan tersebut dan mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu.

Menjual Aset

Cara lain lain untuk menambah modal adalah dengan menjual aset yang dimiliki perusahaan. Aset-aset yang dijual ini biasanya telah lama tidak digunakan dan tidak diperlukan lagi.

Aset tetap seperti tanah juga bisa dijual untuk menambah modal usaha. Namun Anda perlu mempertimbangkan hal ini karena aset tetap cukup berharga bagi perusahaan.

Pengumpulan Dana Crowfunding

Cara ini belakangan banyak digunakan oleh berbagai macam bisnis. Dengan crowdfunding Anda bisa mengumpulkan dana sebanyak mungkin dari berbagai macam platform untuk menambah modal usaha.

Namun tentunya Anda tidak bisa asal melakukan hal ini. Anda harus benar-benar bertanggung jawab dan memberikan pelayanan maksimal kepada publik atau konsumen.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah modal usaha dan memperluas jangkauan bisnis.

Dengan jangkauan bisnis yang luas Anda bisa memperkenalkan produk kepada banyak konsumen.

Selain cara di atas, terdapat cara lain untuk memperluas jangkauan sebesar-besarnya yaitu dengan sistem pengiriman barang skala nasional. Cara ini memang tidak menambah modal tapi menghemat biaya operasional bisnis.

Pengiriman barang atau paket serta produk dalam skala nasional sudah pasti membuat bisnis Anda akan semakin dikenal. Bagaimana caranya? Tak perlu pusing, Anda bisa melihat dan mengecek Dashboard KiriminAja.

Di sana, Anda bisa memilih berbagai macam jasa ekspedisi yang tentunya bisa mengirimkan produk ke berbagai tempat dan daerah. Pengiriman yang cepat pun bisa Anda dapatkan.

KiriminAja sebagai agregator logistik menawarkan solusi pengiriman barang yang cepat dan tepat. Selain itu manajemen order penjualan Anda pun akan semakin mudah.

Jadi, Anda tak perlu takut lagi untuk memulai bisnis. Dengan KiriminAja, keraguan Anda akan hilang dan bisnis pun akan lancar. #Cashflowaman, Bisnis Jadi Tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.