Laporan Posisi Keuangan Adalah Indikator Masa Depan Bisnis Anda

Danusantoso
7 bulan yang lalu
Bisnis
format laporan posisi keuangan

Laporan posisi keuangan merupakan laporan yang berisi gambaran nilai aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik suatu bisnis pada periode tertentu.

Dengan laporan ini, Anda dapat melihat kondisi keuangan bisnis sehingga dapat merancang strategi keuangan untuk kedepannya. Selain itu, juga menjadi pertimbangan bagi pihak investor sebelum memutuskan berinvestasi.

Dalam membuat laporan posisi keuangan tidak boleh ada kesalahan karena dapat berpengaruh kepada keputusan penting dalam bisnis. Oleh karena itu Anda perlu mempelajari cara membuat laporan ini dengan benar.

Berikut, KiriminAja telah merangkum apa itu laporan posisi keuangan, fungsi, format, contoh, dan cara membuatnya.

Laporan Posisi Keuangan Adalah Indikator untuk Masa Depan

Laporan posisi keuangan (statements of financial position) adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang kondisi keuangan suatu entitas pada suatu periode tertentu. 

Laporan ini juga dikenal sebagai neraca atau balance sheet. Dimana isinya memberikan gambaran tentang aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik suatu entitas pada saat tertentu.

Dari laporan posisi keuangan, Anda dapat memperoleh informasi penting untuk mengevaluasi stabilitas keuangan bisnis Anda dan merancang strategi keuangan yang lebih baik

Selain itu, juga bermanfaat bagi para investor dalam memahami kesehatan finansial bisnis Anda untuk membuat keputusan investasi.

Perlu Anda ketahui bahwa laporan posisi keuangan merupakan salah output dari siklus akuntansi. Tentunya, dalam siklus akuntansi ada banyak aktivitas lain yang berperan penting mengelola keuangan bisnis Anda.

Sebagai informasi tambahan, Anda dapat mengunjungi uraian kami yang membahas lebih jauh bagaimana siklus akuntansi jadi kunci sukses bisnis

Fungsi Laporan Posisi Keuangan

Laporan posisi keuangan memiliki fungsi penting untuk bisnis Anda. Berikut diantaranya:

Memberikan Gambaran tentang Kondisi Keuangan

Laporan posisi keuangan memberikan gambaran tentang aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik suatu entitas pada saat tertentu. 

Hal ini memungkinkan para pemangku kepentingan untuk memahami keadaan keuangan entitas tersebut, termasuk tingkat likuiditas, solvabilitas, dan kinerja keuangan secara umum.

Menyediakan Informasi Penting Pengambilan Keputusan

Informasi yang terdapat dalam laporan posisi keuangan dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja keuangan, mengidentifikasi tren, membuat perencanaan keuangan, serta mengambil keputusan investasi dan pendanaan.

Memenuhi Persyaratan Pelaporan Keuangan

Laporan posisi keuangan juga memiliki fungsi untuk memenuhi persyaratan pelaporan keuangan yang ditetapkan oleh standar akuntansi, hukum, atau regulator. 

Memberikan Transparansi dan Akuntabilitas

Laporan posisi keuangan memberikan tingkat transparansi yang tinggi terkait dengan keadaan keuangan entitas. Sehingga, laporan ini membantu dalam membangun kepercayaan dan menjaga akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan.

Contoh Format Laporan Posisi Keuangan

Format laporan posisi keuangan biasanya terdiri dari tiga bagian utama: aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik. Berikut adalah contoh format umum dari laporan posisi keuangan:

Laporan Posisi Keuangan Ceria Company

(31 Mei 2023)

Aset

Aset Lancar

  • Kas dan Setara Kas:
  • Piutang Usaha:
  • Persediaan:
  • Aset Lancar Lainnya:

Aset Tidak Lancar

  • Investasi Jangka Panjang:
  • Properti, Tanaman, dan Peralatan:
  • Aset Tetap Lainnya:
  • Aset Tidak Lancar Lainnya:

Total Aset :

Kewajiban

Kewajiban Lancar

  • Hutang Usaha:
  • Hutang Lancar Lainnya:

Kewajiban Jangka Panjang

  • Pinjaman Jangka Panjang:
  • Kewajiban Jangka Panjang Lainnya:

Total Kewajiban :

Ekuitas Pemilik

  • Modal Saham:
  • Tambahan Modal Disetor:
  • Laba Ditahan:
  • Laba/Rugi Tahun Berjalan:
  • Ekuitas Pemilik Lainnya:

Total Ekuitas Pemilik :

Total Kewajiban dan Ekuitas Pemilik :

Format di atas adalah format umum yang digunakan untuk menyajikan laporan posisi keuangan. Namun, terkadang format dapat bervariasi tergantung pada persyaratan pelaporan keuangan yang berlaku di wilayah atau negara tertentu, serta praktik industri atau perusahaan.

Cara Membuat Laporan Posisi Keuangan

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat laporan keuangan:

  • Tentukan tanggal laporan posisi keuangan
  • Identifikasi daftar aset dan hitung total nilainya
  • Identifikasi daftar kewajiban dan hitung total nilainya
  • Identifikasi daftar ekuitas pemilik dan hitung total nilainya
  • Setelah nilai aset, kewajiban, dan ekuitas diketahui, pastikan nilainya balance (aset = kewajiban + ekuitas)

Tips KiriminAja agar Keuangan Bisnis Anda Aman

Agar kondisi keuangan selalu sehat dan cashflow aman, Anda perlu memastikan manajemen bisnis dilakukan secara optimal. Salah satunya adalah manajemen logistik dan pengiriman. 

Karena itulah kami hadir menawarkan layanan pengiriman reliable dengan biaya hemat namun tetap menjaga kualitas.

Tidak hanya itu, kami juga menyediakan fitur manajemen produk dan pengaturan margin keuntungan. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur margin keuntungan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Dengan berbagai fitur KiriminAja, Anda dapat menjaga cash flow tetap aman dan fokus untuk menjangkau konsumen baru. Anda juga dapat mengoptimalkan berbagai prinsip keuangan dan akuntansi untuk kebutuhan bisnis.

Sedangkan untuk membantu mengelola operasional dan logistik bisnis Anda dengan efisien, biar kami yang mengurusnya.

Anda juga bisa mendapat KA Poin dalam setiap transaksi pengiriman. Sehingga, bisnis Anda tetap tumbuh sambil meraih profit tambahan, konsumen Anda puas dapat layanan kurir reliable, dan KiriminAja pun ikut tumbuh. 

Berita baiknya, mendaftar di dashboard KiriminAja sangatlah mudah dan gratis! Anda dapat mengakses semua layanan dan fitur berkualitas tinggi yang kami miliki untuk memperkuat bisnis Anda.

Jadi, yuk bergabung dengan KiriminAja di tahun ini untuk menjaga #CashFlowAman dan membuat bisnis Anda tetap tenang. 

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.