14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social

Updated September 28, 2022 • Created 2 bulan yang lalu
14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social

Cara promosi skincare melalui media sosialnya nyatanya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, terlebih jika Anda hobi berjualan. Teknik promosi ini akan sangat mempermudah Anda dalam menjual produknya.

Nah, berikut ini kami telah merangkum 15 cara promosi skincare melalui media sosial yang paling mudah untuk dilakukan. Yuk, simak ulasannya.

1. Membuat Media Sosial

Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda gunakan. Namun Anda tidak perlu menggunakannya terlalu banyak. Cukup 2–3 platform saja, agar Anda bisa maksimal ketika promosi.

Pastikan nama akun media sosial yang digunakan sesuai dengan domisili. Karena biasanya brand skincare yang jangkauannya sudah luas, memiliki reseller di berbagai daerah untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk skincare tersebut.

Misalnya, Anda merupakan seorang reseller brand MS Glow asal Bogor, maka Anda membuat nama akun instagramnya adalah ‘Msglow_resellerbogor’

2. Posting Konten

Jangan terus melakukan promosi, cobalah sesekali untuk memposting konten tentang informasi menarik seputar bahan skincare untuk kulit bermasalah yang berhubungan dengan produk skincare yang dijual. Agar dipercaya sebagai reseller resmi, Anda bisa mengambil konten tersebut dari akun resminya. Biasanya reseller pusat sudah menyediakan konten-konten menarik untuk resellernya berjualan.

Biasanya di akun resmi sudah ada konten yang diposting, sehingga Anda cukup re-posting di akun bisnis instagramnya. Jangan lupa memberikan caption yang menarik agar dapat meningkatkan engagement dengan pengguna medsos lainnya. Jika perlu posting konten di jam-jam tertentu yang banyak orang sedang membuka media sosial.

Lalu, pastikan juga konten yang Anda posting relevan dengan produk skincare yang dijual. Jika perlu, posting konten yang sedang trend atau viral supaya postingan instagram jualan Anda tidak ketinggalan.

3. Posting Testimoni

Untuk dapat mempercayakan konsumen, Anda bisa memposting beberapa testimoni yang diberikan oleh konsumen lama. Cobalah untuk selalu meminta feedback kepada mereka, jika sudah berbelanja di toko Anda untuk kebutuhan produk skincarenya.

Oleh sebab itu, Anda harus memperlakukan konsumen dengan ramah. Hal ini juga dapat meningkatkan penjualan sehingga Anda berkesempatan memiliki konsumen tetap.

Dengan memiliki testimoni dari konsumen, jualan produk skincare lebih trusted dan mempermudah produk jualan dikenal oleh masyarakat lainnya. Saat mereka memberikan rekomendasikan skincare jualan Anda ke yang lainnya.

4. Posting Review Produk

Review dari Anda atau pengguna lainnya sangat membantu konsumen untuk memilih produknya. Anda bisa melakukan sharing di instastory, yang umumnya sangat bagus untuk melakukan engagement bersama audiens.

Dengan Anda menggunakan produk skincare yang dijual, Anda bisa lebih paham dengan produk tersebut, seperti keefektifan skincare, cocok untuk digunakan kulit jenis apa saja, pemakaian terbaiknya berapa kali, dan lain sebagainya. Sehingga jika ada konsumen yang bertanya seputar skincarenya, Anda bisa menjawabnya dengan tepat dan cepat.

Melakukan sharing session di instastory juga sangat efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Untuk bantuan Anda bisa menggunakan fitur medsos yang untuk mendukung pembuatan instastorynya sebagai bentuk promosi yang efektif. Misalnya survey pendapat, Q & A, Quiz, Hitung Mundur, dan lain sebagainya.

5. Memanfaatkan Fitur Media Sosial

Manfaatkan fitur media sosial yang ada di Instagram atau TikTok. Anda bisa membuat Instagram Story Question atau TikTok Question agar konsumen mendapatkan jawaban dari ketidaktahuannya selama ini.

Pastikan jawaban yang Anda berikan dapat membuat mereka paham dan mengerti sehingga tidak salah lagi ketika menggunakan produk. Jangan lupa memberikan peringatan yang mungkin saja pernah dilakukan konsumen saat menggunakan produk Anda.

Mungkin pernah ada yang mengeluh tentang kulit mereka yang ternyata tidak cocok dengan produk skincare yang dijual. Anda bisa menjelaskannya dengan isi kandungan skincare, apakah ada kandungan yang mungkin tidak cocok atau pemakaiannya yang kurang tepat. Dengan demikian, mereka tidak menganggap produk skincare Anda yang bermasalah.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai langkah promosi yang efektif. Anda hanya perlu mencobanya.

6. Membalas Komentar dan DM

Sebisa mungkin balaslah komentar atau DM dari audiens. Selain dapat menjawab pertanyaan konsumen, membalas komentar atau DM juga akan meningkatkan engagement. Selain itu, Anda bisa membalas komentar dengan menanyakan kembali selayaknya saling berinteraksi.

Terutama jika Anda pelaku small bussiness sangat disarankan untuk selalu membalas ketidaktahuan konsumen tentang brand Anda. Dengan demikian Anda akan mendapatkan citra yang baik dari calon konsumen.

Pastikan Anda membalasnya dengan baik dan informatif, sehingga konsumen puas dengan balasan Anda. Atau, jika pertanyaan tersebut ternyata berada di highlightInstagram, Anda bisa memberi tahu calon konsumen untuk melihat highlightInstagram.

7. Membuat Copywriting Menarik

Pastikan copywriting yang Anda buat menarik, sehingga bisa membuat konsumen bergegas membeli produknya. Anda bisa menggunakan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) teknik marketing ini dianggap efektif untuk menarik minat konsumen. Anda bisa menerapkan teknik ini di pembuatan caption Instagram, Facebook, Story WA, TikTok dan lain sebagainya.

Maka dari itu, pastikan Anda mempunyai kemampuan copywriting yang baik atau memiliki tim khusus copywriting untuk membuat captionAnda lebih menarik. Penulisan caption yang menarik, akan menentukan engagement.

8. Gunakan Hashtag

Saat menulis caption jangan lupa menggunakan hashtag, carilah hashtag yang relevan dengan pembahasan yang ada di caption atau hashtag yang banyak digunakan dan dicari oleh audiens. Anda bisa melakukan riset untuk menemukan hastag terbaik.

Sekarang telah banyaktools yang bisa membantu Anda dalam meriset hashtag dengan mudah dan menghasilkan jumlah yang banyak. Sehingga Anda tidak harus mencari hashtag di pencarian media sosial secara manual.

9. Mengadakan Giveaway

Giveaway merupakan langkah efektif untuk memperkenalkan produk Anda ke khalayak luas. Anda bisa mengadakan giveaway dengan persyaratan yang dapat meningkatkan jumlah follower.

Misalnya, harus meng-followinstagram bisnis, membagikan postingan, atau melakukan like+commentdi postingan giveaway. Dengan cara ini, dijamin penjualan produk Anda akan meningkat. Cara ini juga dinilai sangat efektif untuk melakukan promosi di media sosial agar penjualan naik drastis.

10. Tuliskan Fitur dan Manfaat Skincare

Jika Anda memposting gambar yang hanya berupa foto produk saja, sebaiknya gunakanlah caption dengan menuliskan fitur dan manfaat skincarenya.

Misalnya, skincare yang Anda posting bermanfaat menghilangkan flek hitam bekas jerawat dalam jangka waktu 5 hari. Lalu bisa juga disertakan kandungan zat yang ada di dalamnya, sehingga konsumen dapat mengetahui jika ada kandungan yang tidak cocok.

Faktanya, banyak audiens yang butuh tentang hal tersebut agar saat membeli mereka tahu pasti manfaatnya sehingga tidak salah beli. Dengan menuliskan fitur dan manfaat, audiens juga akan lebih tertarik dengan produk Anda.

11. Feeds Instagram Menarik

Estetika feeds Instagram adalah salah satu hal yang dapat memicu ketertarikan konsumen untuk membeli produk. Pastikan warna feeds mengikuti warna dominasi produk skincare Anda. Sebenarnya hal ini sangat mudah, Anda tinggal mencontoh akun distributor skincare Anda.

Misalnya warna dominasi produk Anda adalah biru pastel, maka Anda bisa meminta tim desain untuk menggunakan warna biru pastel disetiap postingan. Namun jangan hanya biru pastel saja, Anda bisa menggunakan warna lain yang ada di produk Anda, seperti putih misalnya agar feeds tidak monoton.

12. Membuat Highlight

Manfaatkan fitur instagram berupa highlight, fitur ini dapat memperlihatkan instagram story yang pernah Anda buat sebelumnya. Jika Anda pernah membuat Instagram Question pastikan hal tersebut disematkan dalam fitur highlight, agar audiens tidak bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama.

Dengan membuat hightlight,audiens Anda akan lebih mudah mendapatkan informasi dan tidak perlu bertanya lagi kepada admin. Jadi, admin Anda tidak mendapatkan pertanyaan yang sama terus menerus.

13. Cantumkan Harga

Mencantumkan harga di kolom caption ternyata lebih efektif dibandingkan jika Anda tidak mencantumkannya. Mungkin akan ada banyak audiens yang ingin membeli, namun merasa malas untuk bertanya. Selain itu, mencantumkan harga juga dapat meminimalisirkan pertanyaan mengenai harga.

Berdasarkan beberapa riset, calon konsumen lebih tertarik jika Anda mencantumkan harga. Sebagian konsumen akan malas dan berujung meninggalkan toko untuk ke toko lain.

14. Konsisten

Konsisten dalam berjualan merupakan hal penting, jangan sampai media sosial bisnis Anda terlihat mati, seperti jarang memposting. Hal ini membuat audiens bingung dan bertanya-tanya, sehingga menjadi ragu untuk membeli produk skincare di toko Anda. Pastikan Anda memiliki jadwal tetap untuk posting konten di media sosial. Hal ini sebagai upaya promosi produk skincare lebih tersusun dan terorganisir dengan baik.

Konsisten berjualan adalah salah satu kunci kesuksesan, apalagi jika Anda baru memulainya. Anda bisa menggunakan jadwal konten agar selalu tetap konsisten, dengan demikian postingan akun bisnis Anda selalu terjadwal. Gunakan tools penjadwalan posting seperti Hootsuite agar bisa ter-posting secara otomatis.

Bagi Anda yang berencana untuk menjadi reseller skincare, sebaiknya ikuti pembahasan yang kami sampaikan ini. Dengan demikian, konsumen akan senang hati berbelanja di toko Anda.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
  5. 10 Trik Menyiapkan Foto Produk untuk Jualan Online dengan HP
Roid Faruq
Author
Roid Faruq
Tags No tags.
Bagikan