7 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial dan Marketplace

Updated September 28, 2022 • Created 6 bulan yang lalu
7 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial dan Marketplace

Memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace menjadi pilihan tepat di zaman serba digital seperti sekarang.
Secara tidak langsung, perkembangan bisnis online membuat para pelaku usaha juga mulai terjun kesana. Bentuk-bentuk pemasaran digital memiliki berbagai pilihan. Seperti halnya memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace.


Kali ini kami akan memberikan tips memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace yang mudah dan tepat untuk Anda yang memiliki bisnis online. Simak penjelasannya.

Memasarkan Produk Melalui Media Sosial dan Marketplace Sangatlah Mudah

Memasarkan produk untuk dijual ke masyarakat melalui media sosial dan marketplace nyatanya tidak serumit yang dibayangkan, jika Anda sudah mengetahui tips & triknya. 

Sederhananya, dalam jualan online Anda cukup memposting konten produk yang menarik untuk bisa dikenal orang banyak. Begitu pula dalam memasarkan produk di media sosial dan marketplace. 

Namun, jika pemasaran produk Anda ingin sukses di kedua media tersebut sehingga banyak orang yang membeli dan melakukan repeat order ke toko Anda, maka Anda harus melakukan cara-cara di bawah ini.

7 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

Hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk memasarkan produk di media sosial yang tepat, diantaranya:

1. Membangun Kredibilitas atau Kepercayaan

Membangun kepercayaan bisnis di media sosial nyatanya tidak serumit yang dibayangkan. Anda tidak harus memiliki follower sebanyak mungkin jika masih tahap pemula. Cukup menghubungkan akun media sosial Anda dengan orang-orang yang tepat.

Lakukan hal-hal yang dapat membangun brand awareness bisnis. Misal dengan memposting identitas brand secara visual melalui bantuan desain grafis professional.  Mulai dari mendekorasi akun instagram, postingan konten, blog, dan lainnya.

2. Mencari Pelanggan yang Potensial

Media sosial yang saat ini banyak dijadikan sebagai wadah untuk berjualan adalah instragram dan facebook.

Kedua media ini sangat cocok untuk memasarkan produk dalam bisnis skala kecil. Media ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari pelanggan baru yang sesuai dengan target market jualan Anda.

Anda bisa mulai mencari-cari target potensial dengan follow unfollow orang yang memiliki kesukaan dengan produk Anda. Atau Anda bisa masuk ke sebuah komunitas yang di dalamnya terdapat orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan produk yang Anda jual.

3. Membangun Relasi di Media Sosial

Dalam rangka mensukseskan pemasaran di media sosial. Anda perlu membangun relasi dengan calon konsumen yang potensial, supaya bisa memudahkan langkah dalam melakukan pemasaran. Bangun jaringan di media sosial dengan orang-orang yang sesuai dengan kriteria target market Anda.

4. Membuat Konten yang Tepat dan Informatif

Keberhasilan dalam memasarkan produk melalui media sosial dipengaruhi oleh konten di dalamnya.  Anda perlu membuat konten yang tepat dan bersifat informatif yang dapat menjawab semua permasalahan melalui produk Anda.

Dengan konten tersebut Anda bisa mendapatkan manfaat, seperti meningkatnya jumlah follower di media sosial, reputasi bisnis yang semakin membaik, dan meningkatnya keterlibatan pada penggunaan media sosial untuk berjualan.

5. Membuat Gambar yang Menarik dan Autentik

Memasarkan produk melalui media sosial membutuhkan gambar yang menarik serta autentik untuk dibagikan.  Hal itu diperlukan untuk menarik perhatian calon pelanggan dengan cepat.

Gambar yang akan di posting bisa bersifat edukatif terkait dengan produk, gambaran proses bisnis, gambaran orang-orang yang membangun bisnis dan lain sebagainya. Divariasikan supaya calon pelanggan tidak bosan dengan konten yang Anda berikan setiap harinya.

6. Menggunakan Media Sosial Sebagai Ruang Untuk Mengadakan Percakapan Menarik

Media sosial tidak hanya berguna membantu pelanggan mendapatkan informasi terkait produk dan lain-lain, tetapi juga bisa membantu Anda berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan yang potensial.

Aktivitas tersebut bisa Anda jadikan sebagai data untuk menghubungi kembali calon pelanggan saat ada event promo atau peluncuran produk terbaru di toko online Anda.

7. Batasi Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran

Untuk Anda yang masih memiliki bisnis dalam skala kecil. Sebaiknya membatasi penggunaan media sosial untuk pemasaran produk.

Hal tersebut dilakukan supaya Anda bisa lebih fokus dan kuat membangun brand awareness bisnis. Jika Anda menggunakan banyak media sosial tanpa adanya fokus yang jelas untuk pemasarannya, cenderung tidak akan membuahkan hasil.

Anda bisa memaksimal pemasaran di platform media sosial yang memiliki paling banyak pelanggan dan aktif berkomunikasi di dalamnya.

Sementara, jika Anda berniat untuk melakukan pemasaran di marketplace agar sukses, Anda bisa melakukan 7 cara di bawah ini.

7 Cara Memasarkan Produk Melalui Marketplace

1. Siapkan Produk yang Akan Dijual

Sebelum memulai berjualan di marketplace, pastikan Anda memiliki produk yang akan dijual. Tentukan jenis produk dan jumlah produknya serta ketahui keunggulan dan kekurangan dari produk tersebut.

2. Temukan Target Pasar yang Sesuai

Strategi pemasaran produk di marketplace yang sukses, yakni dengan mengenali dan menemukan target pasar yang tepat. Maka Anda perlu menentukan segmentasi pasar terlebih dahulu. Mulai dari usia, kesukaan atau hobi calon pembeli, bahasa yang digunakan, dan lain-lain.

3. Belajar Dari Kompetitor

Menjadi seorang yang baru di marketplace, tentu Anda bersaing dengan mereka yang menjual produk serupa yang sudah memiliki pengalaman di bisnisnya. Oleh karena itu, Anda perlu belajar dari mereka. Pelajari kekuatan dan kelebihan produk supaya bisa berdaya saing nantinya.

4. Kenali Marketplace Dengan Baik

Kenali terlebih dahulu semua platform marketplace yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk. Setiap marketplace memiliki spesifikasi dan fitur berbeda. Ada marketplace yang terkenal dengan jualan fashionnya, elektronik dan lain sebagainya. Maka, temukan marketplace yang sesuai dengan audience Anda.

5. Pelajari Algoritma Marketplace

Jika ingin proses pemasaran produk Anda di marketplace sukses. Anda harus mempelajari algoritmanya dengan benar. Dengan begitu, toko Anda bisa dengan mudah ditemukan di posisi paling atas ketika orang-orang mengetikan nama produk di kolom pencariannya.

6. Memberikan Jaminan Kenyamanan Berbelanja

Memberikan kenyamanan untuk pelanggan tidak hanya sebatas proses transaksi yang mudah dan fast respon saja dalam berbelanja. Tetapi Anda juga perlu memberikan kemudahan proses pengiriman, pengembalian barang yang rusak dan menangani pelanggan dengan baik saat menerima komplain.

7. Kemas Produk Semenarik Mungkin

Tidak jarang orang menjual produk berkualitas di marketplace. Tetapi, jika barang yang datang tidak rapi dan rawan dicuri, konsumen akan merasa tidak senang dengan perlakuan seperti itu.

 Oleh karena itu, buatlah packaging yang menawan dan aman agar konsumen merasa senang ketika barang datang.

Demikian ulasan cara memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace yang bisa Anda terapkan untuk menunjang bisnis online. Jika membutuhkan bantuan untuk pengiriman barang, Anda bisa bermitra dengan KiriminAja.

KiriminAja merupakan aplikasi pertama yang menyediakan berbagai pilihan ekspedisi untuk memudahkan pengiriman barang.  Pelajari aplikasi selengkapnya di Informasi detail KiriminAja

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Dwika
Author
Dwika
Bagikan