7 Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial dan Marketplace

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Cara memasarkan produk melalui media sosial

Memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace menjadi pilihan tepat di zaman serba digital seperti sekarang. Hanya saja, masih banyak yang bingung bagaimana cara memasarkan produk lewat media sosial dan marketplace.

Karena itulah, KiriminAja mencoba mendorong para pelaku bisnis online dengan memberikan tutorial cara memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace.

Sebenarnya, memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace tidak serumit yang dibayangkan. Konsep sederhana praktik pemasaran online adalah mengunggah konten yang menarik agar produk bisa dikenal orang banyak.

cara pemasaran produk

Sebagai contoh, cara memasarkan produk melalui WhatsApp adalah dengan mengunggah konten produk di katalog WA. Sesederhana itu.

Namun, jika pemasaran produk Anda ingin mampu menggaet konsumen, maka Anda perlu memperhatikan sejumlah tips bisnis online supaya konsumen repeat order.

Cara Memasarkan Produk Lewat Media Sosial

Belakangan ini banyak bermunculan pemasaran yang dilakukan di media sosial, live pada marketplace, dan lain sebagainya. Menurut pendapat Anda, apa keunggulan memasarkan produk dengan cara yang demikian? Lalu, apa saja contoh media promosi lewat media sosial? Mari kita bahas.

Tentu saja akan ada banyak pendapat terkait praktik pemasaran medsos. Sebenarnya, setiap pendapat terasa valid, apalagi jika dikeluarkan dari mulut seller online.

Karenanya, untuk lebih membantu Anda fokus pada praktik pemasaran di medsos, KiriminAja mencoba merangkum beberapa hal krusial.

Membangun Kredibilitas atau Kepercayaan

Sebelum terlalu jauh membahas pertanyaan semacam bagaimana memasarkan produk lewat media sosial? Anda harus punya kredibilitas atau kepercayaan dari audiens.

Oleh karena itu, strategi memasarkan produk melalui media sosial dengan membangun kredibilitas adalah investasi jangka panjang yang perlu dilakukan.

Membangun kepercayaan bisnis di media sosial nyatanya tidak serumit yang dibayangkan.

Anda tidak harus memiliki follower sebanyak mungkin jika masih tahap pemula. Cukup menghubungkan akun media sosial Anda dengan orang-orang yang tepat.

Lakukan hal-hal yang dapat membangun brand awareness bisnis.

Misal dengan memposting identitas brand secara visual melalui bantuan desain grafis professional.  Mulai dari mendekorasi akun instagram, postingan konten, blog, dan lainnya.

Mencari Pelanggan yang Potensial

Media sosial yang saat ini banyak dijadikan sebagai wadah untuk berjualan adalah Instagram dan Facebook. Kedua media ini sangat cocok untuk memasarkan produk dalam bisnis skala kecil. 

Hanya saja, yang patut diperhatikan adalah ada perbedaan cara pemasaran produk di Facebook dan Instagram. Anda harus berhati-hati dan tidak menyama-ratakan kedua platform tersebut.

Media ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari pelanggan baru yang sesuai dengan target market jualan Anda.

Anda bisa mulai mencari-cari target potensial dengan follow unfollow orang yang memiliki kesukaan dengan produk Anda. 

Atau Anda bisa masuk ke sebuah komunitas yang di dalamnya terdapat orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan produk yang Anda jual.

Membangun Relasi di Media Sosial

Promosi melalui media sosial tanpa adanya komunikasi dan relasi dengan audiens adalah omong kosong. Karenanya, dalam rangka mensukseskan pemasaran di media sosial, Anda perlu membangun relasi dengan calon konsumen yang potensial.

Supaya bisa memudahkan langkah dalam melakukan pemasaran. Bangun jaringan di media sosial dengan orang-orang yang sesuai dengan kriteria target market Anda.

Membuat Konten yang Tepat dan Informatif

Umumnya, banyak seller online bertanya-tanya bagaimana cara memasarkan barang melalui sosial media marketing?

Jawaban sederhana dari pertanyaan tersebut adalah bagaimana kualitas kontennya.

Keberhasilan dalam memasarkan produk melalui media sosial dipengaruhi oleh konten di dalamnya. 

Anda perlu membuat konten yang tepat dan bersifat informatif yang dapat menjawab semua permasalahan melalui produk Anda.

Dengan konten tersebut Anda bisa mendapatkan manfaat, seperti meningkatnya jumlah follower di media sosial, reputasi bisnis yang semakin membaik, dan meningkatnya keterlibatan pada penggunaan media sosial untuk berjualan.

Membuat Gambar yang Menarik dan Autentik

Jualan di media sosial membutuhkan gambar yang menarik serta autentik untuk dibagikan.  Hal itu diperlukan untuk menarik perhatian calon pelanggan dengan cepat.

Gambar yang akan diunggah bisa bersifat edukatif terkait dengan produk, gambaran proses bisnis, gambaran orang-orang yang membangun bisnis dan lain sebagainya. 

Pastikan juga gambar divariasikan sedemikian rupa supaya calon pelanggan tidak bosan dengan konten yang Anda berikan setiap harinya.

Menggunakan Media Sosial Sebagai Ruang Untuk Mengadakan Percakapan Menarik

Media sosial tidak hanya berguna membantu pelanggan mendapatkan informasi terkait produk dan lain-lain.

Medsos juga bisa membantu Anda berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan yang potensial.

Aktivitas tersebut bisa Anda jadikan sebagai data untuk menghubungi kembali calon pelanggan saat ada event promo atau peluncuran produk terbaru di toko online Anda.

Batasi Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran

Salah satu cara memasarkan produk di sosial media yang efektif adalah membatasi jumlah platform medsos yang dipakai.

Khusus bagi Anda yang masih memiliki bisnis dalam skala kecil, sebaiknya batasi jumlah platform media sosial yang dipakai untuk pemasaran produk.

Tujuannya, supaya Anda bisa lebih fokus dan kuat membangun brand awareness bisnis. Menggunakan terlalu banyak media sosial tanpa adanya fokus pemasaran yang jelas, berefek pada praktik marketing Anda cenderung tidak akan membuahkan hasil.

Karenanya, salah satu cara menjual produk di media sosial adalah membatasi jumlah platform yang digunakan. Misalnya, Anda cukup memakai 2 platform medsos saja, yaitu Instagram dan Facebook.

Setelah itu, Anda bisa memaksimalkan pemasaran di kedua platform media sosial tersebut.

Cara Memasarkan Produk Melalui Marketplace

Setelah membahas praktik marketing di medsos, mari beralih ke bagaimana cara memasarkan produk di marketplace. Berikut ini adalah cara marketing di marketplace:

Siapkan Produk yang Akan Dijual

Sebelum memulai berjualan di marketplace, pastikan Anda memiliki produk yang akan dijual. Tentukan jenis dan jumlah produknya. Ketahui keunggulan dan kekurangan dari produk tersebut.

Temukan Target Pasar yang Sesuai

Strategi pemasaran produk di marketplace yang sukses dimulai dengan mengenali dan menemukan target pasar yang tepat.

Maka, Anda perlu menentukan segmentasi pasar terlebih dahulu. Mulai dari usia, kesukaan atau hobi calon pembeli, bahasa yang digunakan, dan lain-lain.

Belajar Dari Kompetitor

Menjadi seorang yang baru di marketplace, tentu Anda bersaing dengan mereka yang menjual produk serupa dan sudah memiliki pengalaman.

Oleh karena itu, Anda perlu belajar dari mereka. Pelajari kekuatan dan kelebihan produk supaya bisa berdaya saing nantinya.

Kenali Marketplace Dengan Baik

Kenali terlebih dahulu semua platform marketplace yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran produk.

Setiap marketplace memiliki spesifikasi dan fitur berbeda. Ada marketplace yang terkenal dengan jualan fashionnya, elektronik dan lain sebagainya.

Maka, temukan marketplace yang sesuai dengan audience Anda.

Pelajari Algoritma Marketplace

Jika ingin proses pemasaran produk Anda di marketplace sukses, maka Anda harus mempelajari algoritmanya dengan benar.

Dengan begitu, toko Anda bisa dengan mudah ditemukan di posisi paling atas ketika orang-orang mengetikan nama produk di kolom pencariannya.

Memberikan Jaminan Kenyamanan Berbelanja

Memberikan kenyamanan untuk pelanggan tidak hanya sebatas proses transaksi yang mudah dan fast respon saja dalam berbelanja.

Anda juga perlu memberikan kemudahan proses pengiriman, pengembalian barang yang rusak dan menangani pelanggan dengan baik saat menerima komplain.

Kemas Produk Semenarik Mungkin

Tidak jarang orang menjual produk berkualitas di marketplace. Tetapi, jika barang yang datang tidak rapi dan rawan dicuri, konsumen akan merasa tidak senang dengan perlakuan seperti itu.

Oleh karena itu, buatlah packaging yang menawan dan aman agar konsumen merasa senang ketika barang datang.

Untuk keamanan pengiriman paket dengan pacakging yang menawan, Anda bisa mengandalkan KiriminAja.

Sebagai agregator logistik, KiriminAja siap mendukung Anda kapan pun saat menjalankan bisnis online. 

Anda hanya cukup mendaftar di dashboard KiriminAja untuk mendapatkan berbagai pilihan jasa ekspedisi dengan harga menarik.

Cukup buka dashboard KiriminAja, lalu pilih jasa ekspedisi sesuai keinginan Anda. Dengan KiriminAja, cara memasarkan produk Anda jadi lebih mudah, paket lebih terjaga, cash flow aman, dan hati pun selalu tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.