3 Hal Dasar yang Perlu Dipahami Dalam Menerapkan Strategi Negosiasi

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
118
3 Hal Dasar yang Perlu Dipahami Dalam Menerapkan Strategi Negosiasi

Dalam dunia bisnis, istilah negosiasi bukanlah hal yang asing dan mungkin saja setiap yang sedang menjalankan bisnis perlu memiliki keterampilan dalam hal negosiasi. Negosiasi juga tidak sembarangan dilakukan, perlu strategi negosiasi yang benar.

Dengan penerapan strategi yang benar, maka kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan.

Strategi Negosiasi

Perlu di catat bahwa manfaat dari negosiasi adalah menyatukan pendapat seseorang maupun perusahaan dengan mitranya tersebut agar bisa menghasilkan kesepakatan bersama. Beberapa cara strategi negosiasi yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan hasil negosiasi yang saling menguntungkan adalah sebagai berikut :

Ketika Bernegosiasi, Perhatikan Nada Bicara Kamu

Nada seseorang ketika berbicara bisa menentukan kesan orang terhadapnya. Dengan menyesuaikan nada dari informasi yang ingin disampaikan akan mempermudah orang lain dalam mengerti pesan yang tengah disampaikan.

Jika nada bicara tiba-tiba tinggi, maka beberapa kemungkinan dibawah ini sedang terjadi :

· Sangat bersemangat tentang topik yang sedang di bicarakan.

· Bisa saja orang tersebut tidak setuju dengan arah pembicaraan.

Termasuk dalam hal negosiasi, sangat disarankan ketika bernegosiasi kamu harus menerapkan strategi negosiasi ini, sehingga perselisihan akibat negosiasi dengan menggunakan emosi dapat terhindarkan.

Jangan Menggunakan Kata-Kata yang Kurang Menyakinkan

Kata – kata yang kurang menyakinkan bisa membuat mitra negosiasi kamu ragu terhadap keputusan dan juga kemampuan kamu. Kalimat dalam negosiasi juga hendaknya menggunakan kalimat yang sopan.

Tidak hanya itu saja, kata-kata yang kurang menyakinkan juga bisa membuat produk kamu diragukan dan tidak dipercaya lagi.Maka usahakan menggunakan kata – kata yang dapat menimbulkan kesan menyakinkan dan bisa bertanggung jawab.

Saat Berbicara, Perhatikan Bahasa Tubuh Kamu

Tahukah kamu bahwa ketika kita berbicara tubuh kita akan mengikuti pergerakan kita ketika berbiacra. Termasuk dalam hal negosiasi, ketika negosiasi berlangusng beberapa penolakan yang dapat menimbulkan ekspresi seseorang akan berubah.

Maka dari itu kamu harus bisa mengendalikan ekspresi wajah dan bahasa tubuh kamu agar tidak terlalu bahagia dan tidak terlalu keberatan ketika melakukan negosiasi. Karena keputusan dari negosiasi bukan hanya tentang data saja, namun emosi juga akan sangat berdampak besar juga.

Nah itu dia 3 hal mendasar dalam bernegosiasi. Ketika kamu sudah bisa menguasai ketiga hal tersebut hal lainnya yang bisa dimasukan ke strategi negosiasi adalah memperhatikan tentang legalitas perjanjian, menyiapkan alternatif pilihan lain dan jangan terlalu personal membicarakan sesuatu.