4 Cara Menghadapi Kompetitor Bisnis, Mudah dan Gampang!

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
152
4 Cara Menghadapi Kompetitor Bisnis, Mudah dan Gampang!

Bagi Anda yang telah memiliki bisnis online, pasti tidak asing lagi mendengar kata kompetitor bisnis. Kompetitor bisnis merupakan bagian dari bisnis online yang harus Anda hadapi.

Apa itu kompetitor, kompetitor bisnis sendiri adalah pesaing bisnis yang target marketingnya ataupun jenis usahanya sama dengan produk yang Anda jual.

Jadikan kompetitor bisnis sebagai hal yang lumrah dalam dunia bisnis online. Jangan jadikan kompetitor Anda sebagai musuh, tapi jadikanlah pembelajaran dan riset agar Anda dapat mampu bersaing secara sehat terhadap kompetitor.


Untuk Anda yang ingin mengetahui strategi menghadapi kompetitor, simak penjelasan berikut :

1. Mengetahui Kompetitor Anda

Yang pertama, ketahuilah siapa pesaing bisnis Anda. Ini adalah cara menghadapi kompetitor, dengan cara Anda harus tahu siapa kompetitor bisnis Anda, pelajari apa yang kompetitor lakukan terhadap usahanya.

Dengan cara mempelajari kompetitor Anda, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis dari kompetitor. Jadi itu semua dapat Anda jadikan pelajaran agar tidak jatuh di lubang yang sama.

2. Aktif Melakukan Promosi Produk

Strategi menghadapi kompetitor yang kedua adalah dengan meningkatkan promosi produk. Dengan Anda melakukan promosi produk, Anda dapat menjangkau konsumen lebih banyak dan juga sesuai sasaran.

Selain itu juga, dengan promosi produk, dapat meningkatkan nilai jual dan juga nilai konsumen terhadap barang yang Anda pasarkan.

3. Memperkuat Brand Yang Dimiliki

Cara menghadapi kompetitor bisnis selanjutnya adalah dengan cara memperkuat branding. Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, pepatah itu memang benar adanya. Untuk memasarkan suatu produk Anda harus memiliki nama brand.

Nama brand dalam produk Anda bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk mengenali toko Anda dan apa saja yang Anda jual.

4. Kenali Konsumen Anda

Selanjutnya yang keempat adalah kenali konsumen Anda sendiri. Strategi menghadapi kompetitor ini sangatlah efisien dan berjangka waktu lama. Kenapa bisa dibilang berjangka waktu lama, karena pendekatan dengan konsumen merupakan pendekatan secara emosional yang dapat membuat konsumen percaya terhadap produk yang Anda jual.

Caranya dengan mempelajari kebiasaan konsumen Anda dalam berbelanja, Anda juga dapat membalas pertanyaan konsumen dengan ramah dan juga kooperatif.


Itulah tadi beberapa strategi menghadapi kompetitor bisnis, yang dapat Anda lakukan untuk menambah kepercayaan pelanggan terhadap toko Anda, dan juga untuk menghadapi kompetitor bisnis, semoga membantu.