Omset di Bisnis: Mengapa Penting & Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Bisnis
Cara meningkatkan omset penjualan

Profit biasanya dikenal dengan keuntungan, sedangkan omset yaitu hasil penjualan. Omset adalah pendapatan kotor yang diterima, belum dikurangi HPP serta biaya operasional lain. Profit didapatkan dengan cara mengurangi omset dengan HPP dan juga biaya.

KiriminAja akan membahas bagaimana omset berpengaruh signifikan pada bisnis Anda. Akan dibahas juga bagaimana cara meningkatkan omset penjualan. Anda juga akan diajak memahami perbedaan omset dan profit. 

Harapannya, dari sini, Anda akan memiliki pemahaman mendalam tentang perputaran bisnis secara keseluruhan. Yuk, mari membahasnya…

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Dalam menjalankan bisnis, istilah omset dan profit kadang saling bertubrukan atau tumpang tindih. Padahal, keduanya merupakan hal yang berbeda. 

Laba/pendapatan kotor/profit adalah manfaat yang dihasilkan dari jumlah omset bisnis setelah dikurangi biaya, pajak, dan pengeluaran lain yang diperlukan untuk mempertahankan aktivitas bisnis.

Sedangkan, pendapatan kotor atau omset adalah jumlah total penjualan yang dihasilkan selama waktu tertentu. 

Omset bersifat vital di bisnis karena terkait langsung dengan pendapatan bersih. Untuk itu, Anda wajib untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan demi omset yang lebih besar. Tujuannya, agar Anda bisa meningkatkan potensi profit yang lebih besar.

Untuk meningkatkan omset penjualan, Anda harus melakukan perhitungan dan persiapan secara khusus. 

Jika secara tiba-tiba menaikkan harga penjualan, maka bisa saja bisnis Anda malah terancam. Berikut ini sejumlah cara meningkatkan omset penjualan yang, idealnya, perlu diterapkan dalam bisnis Anda:

Mencari Tahu Kebutuhan Konsumen

Dalam menjalankan bisnis, Anda perlu melakukan riset dan menganalisis apa saja kebutuhan pelanggan. Hal ini bisa menjadi solusi apakah barang yang Anda tawarkan nantinya akan memenuhi kebutuhan mereka.

Memperhatikan serta Meningkatkan Kualitas Produk

Salah satu cara meningkatkan penjualan produk dalam jangka panjang adalah memperhatikan dan meningkatkan kualitas produk. Sebab, kedua hal itu akan membuat pelanggan puas dan percaya pada produk Anda.

Kepercayaan pelanggan menjadi hal penting, karena biasanya mereka tidak akan segan untuk membagikan pengalaman berbelanja pada orang lain. Kepercayaan pelanggan akan mengantarkan bisnis Anda pada peningkatan penjualan. Hal inilah yang bisa membuat omset Anda cepat naik.

Menggunakan SEO, SEM, dan SMM

Cara meningkatkan omset penjualan selanjutnya adalah dengan menggunakan SEO, SEM, dan SMM. Ketiga teknik merupakan bagian dari digital marketing.

Memperkuat Branding

Anda harus memperhatikan branding bisnis untuk menarik para pelanggan. Kebanyakan dari pelanggan akan memilih barang yang sudah terkenal dan kualitasnya bagus. Hal ini dapat meminimalisir kekecewaan dan membuat kepercayaan tinggi bagi bisnis Anda.

Promosi yang Menarik

Promosi yang menarik terbukti efektif sebagai cara menaikkan omset penjualan. Karena itu, Anda tidak bisa melewatkan praktik promosi begitu saja.

Buatlah promosi yang menarik, sehingga para pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda.

Menjaga Hubungan Baik

Cara meningkatkan omset penjualan lainnya adalah dengan menjaga relasi dengan para pelanggan. Anda harus memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen.

Jika mereka merasa nyaman maka Anda akan mendapatkan kesan yang baik dari pelanggan. Sehingga mereka tidak segan untuk membeli produkmu secara berulang.

Sejumlah cara meningkatkan omset penjualan di atas sebenarnya bersifat sangat dasar. Tentu saja, Anda perlu menguasainya.

Sebab, jika Anda tidak melakukan beberapa kombinasi cara di atas, bisnis Anda terancam berjalan di tempat dan omset penjualan pun tidak akan naik. Selamat mencoba…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.