6 Rekomendasi Waktu Terbaik untuk Promosi Bisnis

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Ecommerce
Waktu posting instagram terbaik

Jika Anda adalah pemilik bisnis online, content strategist, atau social media specialist yang baru tumbuh, sadarilah bahwa jam posting Instagram memang sepenting itu.

Iya, memang penting untuk mengetahui bahwa ada strategi khusus terkait waktu terbaik promosi di media sosial populer semacam Instagram.

Karakteristik pengguna juga mempengaruhi strategi promosi yang Anda lakukan. Sebagai contoh, waktu yang tepat untuk promosi di Facebook tentunya akan berbeda dengan waktu yang tepat untuk posting jualan di WhatsApp.

Oleh karena itulah, KiriminAja mengajak Anda membahas berbagai detail penting terkait waktu promosi yang tepat di berbagai kanal social media populer. Yuk, simak 6 rekomendasi waktu terbaik untuk promosi bisnis berikut ini.

Jam Posting Instagram

Demografi pengguna Instagram biasanya lebih umum. Dengan rentang usia audiens antara 18 hingga 29 tahun, Instagram bersifat menantang dan unik.

Instagram menerapkan algoritma konten untuk menyusun postingan yang akan dilihat terlebih dulu oleh pengguna. 

Perlu Anda ketahui bahwa unggahan di luar jam kerja akan mendapatkan engagement lebih tinggi dibanding di jam kerja. 

Lebih menarik lagi, ada mengunggah konten di hari Minggu. Jam post instagram hari Minggu yang ideal adalah setelah jam 5 sore hingga jam 8 malam.

LinkedIn

LinkedIn   merupakan media sosial untuk lead generation dan menjadi sumber yang baik untuk mendapatkan audience yang tertarget dalam melakukan promosi. 

Seperempat pengguna LinkedIn   adalah kaum milenial lulusan pendidikan tinggi dengan gaji di atas rata-rata.

Jadwal pelaksanaan promosi penjualan online di LinkedIn   adalah pada jam kerja yaitu Senin-Jum’at pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore.

Twitter

Sebagian besar pengguna Twitter mengakses aplikasi di luar jam kerja pada pagi hari atau ketika akhir pekan. 

Pada pagi hari, orang-orang membuka Twitter untuk mencari berita, artikel atau topik lain yang sedang trending. 

Untuk menyiasati jadwal unggahan di Twitter , maka waktu promosi adalah saat di luar jam kerja atau menjelang waktu kerja berakhir. 

Anda juga bisa memakai waktu menjelang dan selama makan siang untuk aktif mengunggah konten promosi di Twitter .

Facebook

Facebook menjadi social media dengan pengguna paling banyak. Para pengguna biasanya menggunakan Facebook pada hari kerja dan akhir pekan. Setiap harinya para pengguna bisa mengakses Facebook selama kurang lebih 50 menit.

Karena punya potensi besar, ada baiknya juga Anda menghubungkan Facebook dengan WhatsApp. Dengan begitu, Anda juga bisa promosi di WhatsApp.

Salah satu cara agar postingan Facebook dilihat banyak orang adalah dengan memperhatikan waktu unggahnya.

Pada pukul satu siang, sebuah postingan akan mendapatkan banyak share, sedangkan pukul tiga sore adalah waktu terbaik agar mendapatkan jumlah likes yang banyak.

Sedangkan, waktu yang tepat untuk posting jualan di WhatsApp adalah sebelum jam 8 pagi, di jam makan siang, setelah jam 5 sore hingga 10 malam.

Akan tetapi, pastikan juga Anda memperhatikan jumlah postingan setiap harinya, karena akan ada penurunan jumlah reach pada konten yang di posting.

TikTok

Waktu yang tepat untuk posting jualan di TikTok adalah di luar jam kerja, yaitu antara pukul 6-10 pagi dan 7-11 malam. Waktu terbaik untuk live TikTok juga sebaiknya di antara 6-10 pagi dan 7-11 malam.

Akan tetapi waktu terbaik promosi tentunya beragam, tergantung pada masing-masing kreatornya. Anda perlu memperhatikan analisis konten serta follower agar engagement audiens maksimal.

Kabar paling menarik dari aplikasi milik ByteDance ini adalah TikTok Shop. Adanya TikTok Shop akan membantu bisnis Anda mencapai omzet lebih besar dan pertumbuhan bisnis lebih baik.

Hanya saja, karakter TikTok Shop perlu Anda pelajari lebih dahulu. Sebab, seperti layaknya media sosial raksa dunia, TikTok juga punya karakter khusus.

Untuk itu, KiriminAja sudah menyiapkan penjelasan khusus memahami TikTok Shop bagi bisnis. Anda bisa membaca uraian di tautan itu untuk memahami TikTok Shop lebih mendalam.

Setelah itu, Anda bisa langsung mencoba berjualan di TikTok Shop.

Bisnis Apa Saja yang Cocok Dipromosikan di Media Sosial?

Nah, KiriminAja sudah merangkum sejumlah ide bisnis milenial di 2023 untuk Anda. Bisnis-bisnis tersebut bisa dijalankan secara WFH dan sebagai side hustle.

Lalu, apa dan bagaimana cara promosi di medsos tersebut? KiriminAja sudah merangkum berbagai cara promosi skincare dan produk bisnis online di medsos.

Anda cukup klik tautan tadi dan akan mendapatkan berbagai informasi komprehensif bagaimana cara promosi yang tepat, efektif, dan membuat audiens terpancing.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.