7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat

Updated July 3, 2022 • Created 3 bulan yang lalu
7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat

Bisnis di bidang fashion kini menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Sebagai pemula dalam melakukan bisnis online, adakalanya tidak memungkinkan untuk melakukan proses produksi.

Karena itu, penting untuk menentukan produsen atau supplier baju yang tepat agar bisnis dapat berkembang pesat.

Lalu, bagaimana caranya?  Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui cara menentukan produsen baju yang tepat!

1. Mencari Rekomendasi Produsen dari Mesin Pencari

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencari produsen baju yang tepat adalah dengan mencari rekomendasi dari mesin pencarian Google.

Anda cukup menuliskan kata kunci “Produsen Baju” di halaman pencarian, maka Google akan memberikan rekomendasi produsen yang paling banyak dicari dan tentunya terpercaya.

Setelah itu, Anda bisa menggali informasi setiap website yang tampil, dan menentukan mana produsen yang paling cocok dengan kriteria yang Anda cari.   Usahakan produsen tersebut memiliki toko offline atau menyertakan alamat tempat usaha mereka agar Anda bisa berkunjung kesana.

2. Datangi Pusat Industri Pakaian

Cara yang satu ini mungkin akan menghabiskan tenaga, waktu serta biaya yang lebih.  Namun, dengan mendatangi pusat industri pakaian atau pusat grosir Anda memiliki banyak pilihan produsen berikut kualitas produk yang mereka jual dalam satu tempat.

Selain itu, Anda juga dapat membangun koneksi dan hubungan baik dengan mereka secara langsung sekaligus bertanya secara detil berbagai informasi yang Anda perlukan.

3. Bergabung Dalam Komunitas Bisnis

Komunitas bisnis merupakan salah satu wadah berkumpulnya para pengusaha, baik pengusaha pemula maupun senior.  Disana tentu ada berbagai pengusaha dengan berbagai jenis produk, salah satunya bidang fashion.

Anda dapat berkenalan, membangun relasi dan mencari informasi mengenai produsen baju yang menjadi rekomendasi mereka.

4. Pastikan Kualitas Produk

Karena Anda akan mencari produsen baju ini untuk keperluan bisnis. Maka hal yang penting untuk diperhatikan adalah kualitas produk.

Setelah membuat list dan menentukan produsen mana saja yang akan bekerjasama dengan Anda, perhatikan kualitas produk yang mereka hasilkan mulai dari bahan, benang hingga kualitas jahitan.

Pastikan kualitasnya benar-benar baik agar produk yang nantinya Anda jual hanyalah produk yang berkualitas.

5. Pertimbangkan Harga, Waktu, dan Pengalaman

Hal yang menjadi pertimbangan saat menentukan produsen baju adalah harga tiap produk, waktu pengiriman, juga pengalaman dari supplier tersebut.   

Harga menjadi salah satu aspek penting saat akan memilih produsen baju. Pilihlah produsen yang menawarkan harga terjangkau, namun tetap memberikan kualitas terbaik.

Harga yang didapat akan menentukan harga jual Anda.  Dengan harga terjangkau dari produsen, Anda bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Selain harga, pertimbangkan waktu pengiriman dari supplier ke tempat Anda.  Supplier dengan kualitas baik, pastinya mampu menyelesaikan pesanan dalam waktu cepat. Hal ini dikarenakan mereka memiliki mesin yang canggih, sehingga mempercepat proses produksi.

Tak hanya itu, dengan pengalaman yang mumpuni dan reputasi yang baik, tentu mereka sudah memiliki cukup bekal dalam menjalankan bisnis sehingga tidak akan mengecewakan, dan mampu memberikan produk terbaiknya untuk menunjang bisnis fashion Anda.

6. Partner Bisnis yang Baik

Baju merupakan salah satu kebutuhan yang tak pernah ada habisnya.  Dalam memenuhi kebutuhan ini Anda memerlukan produsen atau supplier yang dapat dijadikan partner bisnis yang baik.

Perhatikan bagaimana cara mereka melayani pelanggan.  Tentukan produsen yang bisa merespon dengan cepat pesan Anda.  

Selain itu, pilih produsen yang bisa diajak berdiskusi dalam produksi baju, mengikuti tren fashion masa kini dan menyediakan stok yang cukup.  Dengan menjadi partner bisnis yang baik tentu akan menjaga keberlangsungan usaha Anda.

7. Pilih Produsen yang Melayani Pesanan Ecer maupun Grosir

Cara lain untuk menentukan produsen baju yang tepat bagi Anda yang baru akan memulai bisnis adalah carilah produsen yang tak hanya menerima pesanan secara grosir, namun juga mau menerima pesanan eceran.

Pesanan eceran ini tentunya akan memudahkan karena biasanya bisnis baju yang baru dimulai tak langsung memiliki banyak pelanggan. Sehingga, Anda tidak perlu menyediakan stok produk terlalu banyak.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan produsen baju yang tepat saat akan memulai bisnis fashion.

Ketika bisnis sudah berjalan, tentu akan banyak pembeli baik yang datang secara langsung maupun membeli online.  Namun, Anda tak perlu khawatir dalam hal pengiriman barang.

Anda bisa melakukan pengiriman produk secara praktis dengan aplikasi KiriminAja. Melalui aplikasi ini barang akan dikirimkan dengan aman sesuai dengan tujuan.  Selain itu, ada fitur tracking yang memudahkan mengecek lokasi barang. 

Untuk merasakan manfaatnya, segera download aplikasi KiriminAja disini. Selamat Mencoba.

Related posts:
  1. Cara Mencari Distributor Skincare Terpercaya
  2. Menyiapkan Modal untuk Bisnis Skincare
  3. Keuntungan dan Tantangan Bisnis Menjadi Reseller Skincare
  4. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  5. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
Dwika
Author
Dwika
Tags No tags.
Bagikan