Trik Berjualan Online di 2023 Biar Bisnis Makin Cuan & Anda Punya Pacar

Pamungkas
1 tahun lalu
Ecommerce
Trik berjualan online

Memahami trik berjualan online adalah cara praktis untuk menuntun Anda menghadapi ekosistem bisnis yang ketat dan cenderung kejam ini. 

Anda harus mencari tahu siapa target marketnya, mencari cara menarik pelanggan ke toko online, menghitung potongan dari platform e-commerce, mencari distributor, dan lain sebagainya.

Tentu saja, ada yang gugur di tengah jalan, ada yang masih tertatih-tatih, ada yang mulai stabil, dan ada juga yang sukses besar. Memang tidak ada yang instan tapi kadang perjuangan itu terlalu berat. Jadi, harus bagaimana?

Artikel ini akan membahas berbagai langkah dan cara berjualan online di 2023. Memang terkesan bombastis dan clickbait tapi begitulah salah satu pilar berjualan online yang bernama marketing.

KiriminAja berkomitmen memberikan wawasan terkait bisnis online untuk bagi pebisnis pemula. Tujuannya agar Anda bisa tumbuh, aktif, dan berani berjungkir-balik menghadapi berbagai hambatan dalam bisnis.

Jadi, artikel dari KiriminAja akan berusaha menemani Anda sekaligus memberikan contoh praktik bagaimana bisnis online berada pada track pertumbuhan positif.

Dalam artikel panduan ini, Anda akan bertemu dengan:

  • Menyusun strategi berjualan online
  • Menjual produk di toko website Anda sendiri
  • Cara memikat pelanggan dengan praktik marketing

Ada banyak kondisi dan motivasi untuk berjualan online. Mulai dari karena dipaksa keadaan, ingin mencari duit tambahan, tahu ada produk bagus, tidak sengaja yang akhirnya keterusan, dan lain sebagainya. Apa pun itu, Anda sudah terjun ke dunia bisnis online. Artinya, sudah saatnya Anda perlu memikirkan strategi bisnis.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu berpikir berat dan kontroversial ala Elon Musk, atau jadi ala (alm.) Bob Sadino. Anda hanya perlu jadi diri Anda yang lebih terukur, terstruktur, dan jelas.

Trik Berjualan Online Pertama: Menyusun Strategi

Kami tahu bahwa bisnis online itu ribet dan menguras waktu banget. Rasa-rasanya, bisnis online adalah perjalanan puluhan tahun cahaya dari planet ide ke planet penjualan pertama.

Perjalanan itu masih belum berakhir. Masih ada roket bisnis yang kehabisan bakar atau meteor kenaikan harga bahan baku yang mengganggu kestabilan perjalanan.

Belum lagi perjalanan menuju galaksi penjualan stabil dan profit puluhan juta yang masih harus ditempuh. Karena itulah, strategi jadi krusial demi petualangan bisnis Anda di semesta digital.

Langkah awal menyusun strategi bisnis Anda adalah menjawab beberapa pertanyaan vital yang akan diajukan di bawah ini. Akan tetapi, jawaban dari pertanyaan bersifat kompromis dan perlu disesuaikan dengan kondisi bisnis Anda yang terus berjalan. Yuk, kita mulai:

Apa yang ingin Anda capai?

Buat target omzet berjualan Anda. Lalu, buat target berapa banyak produk yang dijual dalam 6 bulan pertama. Dengan begitu, Anda bisa mengukur kondisi bisnis dengan lebih jelas.

Untuk bisa menentukan target tersebut, Anda perlu melakukan riset kompetitor dan kisah sukses para pelaku bisnis yang sama dengan Anda. Target ini adalah tujuan sekaligus jalan raya utama perjalanan bisnis Anda.

Berapa Banyak Profit yang Ingin Anda hasilkan?

Berjualan online bukan berarti menjual produk dengan nilai keuntungan yang seenak jidat dan asal-asalan. Karena itu, Anda harus realistis menentukan target margin keuntungan. Sebisa mungkin, buatlah nilai margin itu masuk akal.

Karenanya, Anda perlu menghitung biaya produksi dan biaya pengiriman produk Anda. Dari beban itu, tentukan target keuntungan per produk. Jika Anda masih ragu-ragu, segera cari tahu berapa perkiraan nilai margin yang ditetapkan kompetitor.

Siapa Pesaing Bisnis Anda?

Salah satu trik berjualan yang sering dilakukan dengan asal-asalan adalah riset kompetitor. Padahal riset kompetitor adalah faktor krusial yang harus dilakukan pebisnis online.

Memahami pesaing bisnis memang sepenting memahami kemampuan bisnis Anda sendiri. Tentu saja harus seimbang.

Jika terlalu fokus pada kompetitor bisa membuat Anda jadi tidak percaya diri dan bisnis gampang ambruk. Mengabaikan kompetitor juga membuat Anda terlalu percaya diri dan membuat bisnis gampang runtuh. Lalu bagaimana?

Lakukan pencarian di Google, marketplace, dan media sosial. Apa yang Anda cari adalah:

  • Produk yang akan Anda jual
  • Siapa saja yang menjual produk itu? Kerucutkan sebatas 10-20 penjual tertinggi atau di halaman pertama saja di masing-masing platform.

Kedua poin itu akan menuntun Anda pada banyak hal, seperti:

  • Bagaimana penjual mendeskripsikan produknya
  • Bagaimana visual produk dan penjelasannya
  • Bagaimana tata-letak halamannya
  • Berapa harga produknya
  • Estimasi margin yang diambil
  • Apakah penjual memasang iklan atau tidak

Keenam poin itu perlu Anda amati, catat, analisis, dan terapkan ke penjualan produk Anda. Poin utamanya adalah Anda pikirkan bagaimana Anda bisa melakukan yang lebih baik dari penjual lain.

Bagaimana Perilaku Pelanggan Saat Berbelanja Online?

Semakin baik Anda memahami pelanggan, maka semakin mudah Anda memenuhi kebutuhannya. Artinya, makin sering pelanggan berbelanja di tempat Anda.

Hanya saja, memahami konsumen ini hanya diartikan sebagai rela memberi diskon demi menarik perhatian pelanggan.

Sebenarnya, hal tersebut tidak salah jika memang ada strategi yang jelas dan terukur. Selain itu, memahami pelanggan tidak sekedar memberi potongan harga. Anda harus tahu karakter dan kecenderungan pelanggan.

Sebagai contoh mudahnya adalah Anda jangan menawarkan merchandise foto member K-pop ke grup Facebook pecinta musik hardcore.

Bagaimana Pelanggan Bisa Menemukan Produk Anda?

Banyak sekali pengusaha online yang khilaf dan mengabaikan bahwa eksistensi bisnisnya tidak lebih dari sekedar debu beterbangan di bumi.

Umumnya, para pelaku bisnis online tersebut hanya sekedar mengunggah produk di websitenya atau di medsosnya. Lalu diam, tidak aktif, dan berharap ada keajaiban datang membeli produknya. Tentu saja, bukan begitu cara mainnya.

Anda perlu mempelajari cara berjualan online. Sebagai contohnya adalah bagaimana cara berjualan di Telegram, WhatsApp, atau bahkan berjualan memakai website.

Saat berjualan di website, Anda harus sadar bahwa performa website punya peranan penting. Coba terapkan teknik-teknik SEO untuk menunjukkan bahwa Anda eksis dan siap melayani pelanggan.

Anda juga bisa menerapkan iklan, teknik SEO, teknik CPC, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa berinisiatif untuk menjalankan praktik penyampaian pesan ke gawai pelanggan. Manfaatkan juga fitur berjualan di WhatsApp, media sosial atau platform lain yang sejenis.

Anda juga bisa memakai strategi yang lebih mudah yaitu memakai clickbait. KiriminAja sudah membantu menyiapkan rangkuman khusus untuk Anda.

Untuk itu, Anda perlu memahami penjelasan tentang clickbait dari KiriminAja ini. Cukup klik tautannya, pahami setiap strateginya, dan jangan lupa untuk langsung praktik

Strategi ini pun tidak menjamin penjualan Anda meningkat drastis Setidaknya, teknik-teknik ini berjalan efektif untuk kebutuhan jangka panjang.

Lebih jauh lagi, menjawab sejumlah pertanyaan di atas adalah langkah pertama Anda mempelajari cara berjualan online dengan sukses. 

Berbagai pertanyaan tersebut merupakan umpan agar Anda mendapat gagasan konkret tentang target dan bagaimana cara mencapainya.

Menjual Produk di Toko Website Anda Sendiri

Sebelum melangkah lebih jauh, ada hal yang perlu Anda sadari, yaitu:

  • Berjualan online bukan tentang fokus di 1 platform
  • Anda bisa menghubungkan berbagai platform ke dalam 1 dashboard
  • Ada sejumlah plugin/dashboard yang bisa Anda manfaatkan
  • Smartphone adalah gawai yang paling banyak digunakan orang Indonesia

Karenanya, trik berjualan online yang perlu Anda sadari juga adalah punya website sendiri.

Menjalankan toko website sendiri memang cara terbaik menjual produk secara online. Karena Andalah penguasa dan pengontrol semuanya. 

Andalah yang menentukan bagaimana nuansa, penjelasan, tampilan, dan bagaimana produk disajikan ke mata audiens.

Website memungkinkan Anda tidak terganggu dengan biaya platform, harga ongkir, dan banyak hal. Jika suatu saat ingin mengubah sesuatu, Anda bisa melakukannya berdasarkan otoritas sendiri.

Memilih Builder Website

Untuk membangun website, berarti Anda harus menentukan store builder yang akan dipakai. Umumnya, ada beberapa pilihan yang bisa digunakan yaitu:

Wordpress dengan WooCommerce

Orang Indonesia cukup akrab dengan WordPress sebagai penyedia website. Builder website ini punya WooCommerce sebagai fitur untuk berjualan.

Shopify

Shopify adalah builder website yang populer di kalangan pengguna toko online. Shopify menyediakan banyak fitur kemudahan untuk penjual. Shopify merupakan platform builder yang banyak digunakan di Amerika Serikat. Anda juga bisa memakai plugin ongkir shopify untuk membuat sistem ekspedisi terpadu.

Wix

Wix memungkinkan Anda membangun toko website dengan lebih mudah dan menghasilkan tampilan berkesan di mata pelanggan.

Untuk bisa menentukan menggunakan yang mana, ada baiknya Anda menggunakan jasa konsultan atau developer website. Percayalah, membangun website akan menyita waktu banyak dan membuat Anda abai dengan bisnis.

Memilih Agregator Logistik

Salah satu cara berjualan online yang sering diabaikan adalah memberikan layanan ekspedisi dengan biaya ongkos kirim terjangkau.

Sebab, bagi kebanyakan konsumen Indonesia, ongkir adalah sesuatu yang ditakuti konsumen. Sebagai penjual, seharusnya Anda sudah tahu betapa beratnya masalah ongkir di mata audiens.

Cukup banyak konsumen yang tidak jadi check out dan meninggalkan produknya di keranjang hanya karena biaya ongkir yang tidak masuk akal. 

Artinya, pelanggan tidak jadi belanja padahal Anda sudah menghabiskan uang dan waktu.

Harga ongkir membuat produk terasa mahal. Sayangnya, pricing psychology sangat menentukan bagaimana Anda harus menentukan harga. 

Poinnya adalah Anda ingin konsumen dapat harga murah tapi Anda juga ingin untung. Apa jalan tengahnya?

Jalan tengahnya adalah agregator logistik KiriminAja. Dengan memanfaatkan KiriminAja, Anda berkesempatan mengirim berbagai produk dengan cepat, praktis, murah, dan berada di satu pintu. Dengan begitu cashflow bisnis jadi aman, Anda pun jadi tenang.

Jika kalimat di atas terasa terlalu marketing, sekarang coba bayangkan Anda harus mengirim berbagai produk ke berbagai lokasi, dengan berbagai jasa kurir, dengan berbagai tipe pengiriman, dengan berbagai harga pengiriman. 

Keribetan itu masih ditambah dengan proses bisnis lain yang perlu perhatian Anda.

Topik logistik memang terkesan sepele tapi ternyata tidak semudah itu. Apalagi jika Anda harus mengirim produk banyak lokasi berbeda dengan berbagai tipe kurir.

KiriminAja hadir sebagai trik berjualan online yang mampu menyingkat berbagai keribetan proses kirim paket.

Anda akan mendapatkan dashboard yang berisi manajemen order, manajemen staf, manajemen inventaris, gudang, dan multi ekspedisi. 

Dengan berbagai fitur tersebut, Anda lebih mungkin menekan harga ongkir, cashflow aman, dan mencapai margin yang ditargetkan.

Sebenarnya, masih ada banyak trik berjualan online lain yang perlu dibahas. Hanya saja, karena artikel ini cukup panjang dan menyita perhatian Anda, maka akan segera diakhiri. Selamat mencoba dan selalu berani maju ke depan, ya…

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.