Apa Clickbait Artinya Kontroversi? Ini Dia Cara Memanfaatkan di Marketing

Dwika
1 tahun lalu
Ecommerce
Kelebihan clickbait

Apa itu clickbait? Dalam marketing, clickbait artinya taktik untuk menarik perhatian dan membujuk pengguna untuk mengklik. Sayangnya, clickbait pada umumnya dianggap salah langkah dalam pemasaran. 

Karena banyak praktik clickbait dimaksudkan untuk menyesatkan dan menipu pengguna agar mengklik konten berisi spam.

Memang, bisa dikatakan clickbait adalah salah satu metode yang paling sering digunakan pembuat konten untuk meningkatkan viewers. Hanya saja, perlu diwaspadai bahwa penggunaan metode ini secara berlebihan bisa berpengaruh buruk ke reputasi bisnis Anda yang sudah terbangun.

KiriminAja akan membahas pengertian clickbait serta bagaimana cara menggunakan clickbait agar pemasaran bisa bekerja efektif dan reputasi Anda tetap terjaga baik. Yuk, mari kita pahami ulasan selengkapnya di sini.

Clickbait Artinya Eksplorasi Rasa Penasaran

Sebenarnya, apa itu click bait? Bagaimana praktiknya di dunia marketing? Pada kebanyakan praktik clickbait artinya bagaimana membuat judul sebuah konten lebih menarik dan memancing rasa penasaran audiens. 

Tujuan click bait adalah untuk memancing rasa penasaran orang lain hingga akhirnya mengklik judul konten tersebut. Tentu saja, semakin banyak orang yang mengklik judul, maka strategi yang digunakan berhasil.

Saat ini, strategi pengaturan judul ini banyak ditemukan di beragam konten yang berbeda, mulai dari artikel blog, berita, video dan lainnya. Ada beberapa ciri dari clickbait yang perlu dipahami untuk menjadi pertimbangan pembuatannya.

Beberapa ciri click bait yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • Judul yang digunakan cenderung mengundang rasa penasaran dari orang lain
  • Pembuatan judul dimaksudkan untuk melibatkan emosi dari pembaca
  • Memuat gambar yang unik, lucu ataupun cenderung muda diingat

Saat ini, ada cukup banyak portal berita yang menggunakan strategi ini untuk memberikan judul pada berita yang dimuat. Hal inilah yang menjadi sebab kenapa portal berita mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.

Pada beberapa kasus, ada teknik pemasaran yang sama sekali menolak memakai strategi clickbait. Sehingga strategi itu sering disebut no/not clickbait.

No clickbait artinya strategi yang memposting judul sesuai dengan konten, tidak berlebihan, dan tidak dibuat-buat. Sehingga terkesan plain.

Dalam ekosistem marketing clickbait, strategi no clickbait diharapkan akan menjadi viral di media sosial karena kesan jujur, apa adanya, dan terbuka.

Kelebihan Strategi Clickbait

Kelebihan clickbait itu apa saja? Kenapa banyak orang memakai strategi tersebut? Tentu saja, penggunaan click bait memiliki banyak keuntungan dalam berbagai aktivitas pemasaran dan pembuatan konten. 

Adapun beberapa kelebihan dari strategi click bait di antaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Click Through Rate Atau CTR

Salah satu kelebihan dari strategi clickbait dalam pembuatan konten, terutama judul, adalah untuk meningkatkan CTR atau click through rate. 

CTR yang tinggi tentu membuktikan bahwa konten yang Anda buat relevan dengan apa yang menjadi kebutuhan dari audiens yang menjadi target.

Sebagaimana disinggung di awal bahwa strategi clickbait ini akan menumbuhkan rasa penasaran dari pembaca. Nah, rasa penasaran inilah yang nantinya akan membuat pembaca mengklik judul dan membaca konten yang Anda buat.

Meningkatkan Page Views

Kelebihan lain dari clickbait adalah meningkatkan page views. Nah, judul yang menarik akan mengundang pembaca untuk membaca konten yang Anda buat. Pada akhirnya, page views atau total halaman yang dilihat akan cenderung meningkat.

Ketika page views pada laman yang Anda miliki sudah tinggi, tentu saja konten yang dibuat tersebut akan dianggap bermanfaat untuk para pembaca. 

Hal inilah yang nantinya akan membuat mesin pencari akan memberikan rekomendasi di hasil pencarian atau pada search engine result page.

Potensi Social Share yang Lebih Tinggi

Anda tentu banyak menemukan seseorang yang membagikan berita yang mereka dapat di grup media sosial, bukan? Dengan menggunakan strategi clickbait, konten yang Anda buat nantinya akan dibagikan orang lain via media sosial mereka.

Memang, salah satu kelebihan clickbait adalah adanya potensi social share yang cenderung lebih tinggi. 

Potensi social share inilah yang bisa dimanfaatkan guna meningkatkan kesadaran produk atau brand awareness. 

Beberapa hal di atas adalah sekelumit tentang apa yang menjadi kelebihan dari clickbait. Tentu, dengan beragam kelebihan tersebut nantinya Anda bisa memanfaatkan strategi ini dengan tepat.

Kekurangan Strategi Clickbait

Meskipun memiliki beragam kelebihan yang cenderung menguntungkan, namun strategi clickbait juga memiliki kekurangan. Tentu, Anda perlu mengetahui kekurangan dari strategi ini sebagai kontrol dari penerapannya.

Adapun kekurangan dari clickbait di antaranya adalah sebagai berikut:

Mendatangkan Traffic yang Cenderung Tidak Sesuai

Tidak dimungkiri memang bahwa penerapan strategi clickbait bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung sehingga traffic yang didapatkan akan cenderung naik. 

Namun, tidak jarang jika dari pengunjung tersebut, lebih banyak mereka yang hadir hanya berbekal rasa penasaran saja.

Hal semacam ini tentu tidak cukup efektif karena mereka bukan traffic yang diharapkan. Apabila lebih banyak traffic yang cenderung tidak sesuai, maka potensi untuk terjadinya transaksi produk cenderung kecil.

Artinya, clickbait yang digunakan sebagai strategi digital marketing tidak berjalan dengan maksimal sebagaimana seharusnya.

Peningkatan Bounce Rate

Hal lain yang menjadi kekurangan dari strategi clickbait adalah peningkatan bounce rate yang cenderung signifikan. Ketika visitor merasa konten yang dibuat tidak sesuai dengan judul, maka mereka akan langsung meninggalkan konten tersebut.

Perlu diketahui bahwa website dengan bounce rate tinggi akan terindikasi memiliki konten tidak relevan, terlebih dalam hal pencarian pengguna. Inilah alasan kenapa Google tidak merekomendasikan laman tersebut ke pengguna.

Selain poin di atas, kekurangan lain dari clickbait adalah berpotensi untuk menurunkan brand image. Tidak jarang jika pembaca berkesimpulan konten yang dibuat adalah penipuan sehingga mereka enggan lagi membaca konten dari sumber yang sama.

Cara Membuat Judul Clickbait yang Baik

Agar dampak buruk dari strategi clickbait tidak terjadi, maka Anda perlu mengetahui cara untuk membuat judul clickbait yang tepat. Adapun beberapa cara yang bisa Anda coba diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan part paling menarik dari konten sebagai judul untuk meningkatkan rasa penasaran pembaca
  • Memberikan teka-teki pada judul yang digunakan
  • Menggunakan emosi guna mendekatkan pembaca meskipun tidak boleh terlalu berlebihan
  • Berusaha membuat pembaca merasa terlibat pada konten yang dibuat
  • Buat judul yang menjawab kebutuhan informasi dari pembaca

Beberapa hal di atas bisa menjadi cara yang tepat untuk merumuskan judul yang clickbait namun tetap aman dan tidak berlebihan. Tentu saja, Anda perlu mempelajari contoh-contoh dari clickbait dan mencoba menerapkannya pada konten yang Anda buat tersebut.

Demikian beberapa ulasan terkait seluk-beluk clickbait dan juga tips agar strategi ini bisa digunakan dengan tepat serta efektif meningkatkan traffic. Semoga bermanfaat.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Dwika
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.