8 Jenis CTA yang Perlu Diketahui

Updated September 28, 2022 • Created 10 bulan yang lalu
8 Jenis CTA yang Perlu Diketahui

Dalam dunia marketing ada istilah CTA atau jika dipanjangkan adalah Call To Action, istilah ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan maupun meningkatkan conversion rates.

Call To Action juga dapat memberikan penawaran spesial sehingga banyak orang yang akan tertarik dengan konten, maupun barang yang kita jual. Bahkan, menggunakan Call To Action dapat membangun database berharga berupa email list yang banyak.

Dikarenakan CTA sangat penting dalam dunia marketing, kami mengajak anda untuk sama-sama belajar lebih dalam mengenai CTA secara lengkap.

Pembahasan ini sangat cocok untuk anda yang baru saja memasuki dunia marketing dan sebagian besar para pemula akan heran dan bertanya-tanya mengenai apa itu CTA ? Yuk pelajari sama-sama!

CTA atau kepanjangan dari Call To Action adalah istilah yang ada di dalam dunia marketing, CTA digunakan para marketer dengan harapan agar produk maupun apa yang ditawarkan diterima oleh konsumen.

Sederhananya adalah CTA suatu metode berupa tulisan, gambar maupun ucapan yang bisa mendorong pelanggan untuk melakukan suatu aksi. Aksi tersebut bisa berupa mengunjungi website, membeli produk, memberikan alamat email atau membaca artikel.

Jika diaplikasikan dalam dunia digital marketing, CTA umumnya memiliki link dan nantinya link tersebut akan mengarahkan pengunjung untuk mengunjungi halaman tertentu. Strategi penempatan link tersebut juga jangan sembarangan, sehingga bisa dilihat dan diakses dengan mudah.

  1. 8 Macam CTA yang Perlu Diketahui

Dalam dunia marketing kurang lebih ada beberapa jenis Call To Action yang harus anda ketahui, sehingga anda bisa menentukan jenis CTA yang cocok untuk bisnis maupun konten yang ditawarkan. Apa saja ? Simak pembahasannya dibawah ini :

  1. Lead Generation

Sebuah website harus memiliki Call To Action, terutama website yang berfokus pada penjualan. Kenapa? Karena Call To Actiondapat sangat berguna untuk menghasilkan leads pada website yang anda kelola.

Leads adalah istilah dalam dunia marketing yang bisa menggambarkan kelompok orang maupun perusahaan yang memiliki ketertarikan dari apa yang ditawarkan bisnis anda. Salah satunya adalah dengan menunjukan data diri mereka berupa email, nomor dan lain-lain.

Nah, jenis CTA untuk menggaet pengunjung disebut dengan Lead Generation. Jika akan menggunakan jenis CTA yang satu ini, Maka anda harus tahu menempatkannya di tempat yang tepat dan jelas.

  1. Pengisian Formulir

Jenis yang satu ini biasanya diterapkan di sebuah website yang memiliki formulir. Nah, penggunaan bagian inilah yang sangat penting dan ini adalah bagian dari CTA. Sehingga dengan menambahkan CTA, pengunjung akan bersedia memasukan data dirinya.

Maka dari itu penempatan CTA harus tepat, CTA harus menggunakan kata-kata yang dapat menarik perhatian dan minat orang untuk klik tombol tersebut.

Tidak hanya itu saja, tombol juga harus diberikan warna berbeda dengan warna latar belakang, sehingga pengunjung dapat mengetahui dimana mereka harus klik.

  1. Menggunakan Tombol ‘Baca Selengkapnya’

Jenis CTA yang satu ini membuktikan bahwa CTA tidak harus selalu menghasilkan leads yang berujung kepada pengumpulan data atau membeli produk. Namun, jenis CTA ini fungsinya adalah untuk mendapatkan pembaca.

Jika anda pernah mengunjungi salah satu blog, pastinya di halaman depan pastinya tidak semua artikel ditampilkan secara penuh. Nah, untuk mengakalinya anda bisa menambahkan tombol ‘Baca selengkapnya’.

Tombol ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pengunjung untuk menjelajahi lebih dalam mengenai artikel anda. Dengan begitu statistik website akan menjadi meningkat.

  1. Penawaran Jasa Atau Produk

Salah satu manfaat dan tujuan dibuatnya website saat ini adalah untuk memaksimalkan dalam pengenalan produk maupun jasa yang anda tawarkan. Nah CTA yang satu ini berfungsi untuk membuat penawaran kepada pengunjung website.

Secara umum CTA yang digunakan untuk menawarkan produk maupun jasa adalah tulisa ‘Buy Now’.

Posisi penempatan juga harus sesuai dan strategis, sehingga CTA ini dapat mewakili apa yang ditawarkan perusahaan anda.

  1. Lead Nurturing

Jenis CTA yang satu ini ditujukan untuk yang sudah menjadi lead, akan tetapi ingin melakukan transaksi pembelian. Umumnya dalam jenis CTA yang satu ini, anda harus memberikan semacam penawaran lainnya.

Misal ‘Beli Sekarang, Diskon 15%’ sehingga calon pelanggan akan melakukan pembelian sekarang tanpa menunggu nanti.

Posisi CTA ini harus ditempatkan di tempat yang strategis, secara khusus di halaman yang seringkali dikunjungi oleh leads yang potensial.

  1. Social Sharing

Jenis yang satu ini memiliki fungsi untuk membagikan artikel maupun konten lainnya ke medsos. Biasanya CTA jenis ini akan ditempatkan di bagian akhir konten atau artikel dengan menambahkan tulisan ‘Bagikan artikel ini di media sosial’ atau ‘Yuk bagikan konten ini, agar yang lain mendapatkan manfaatnya juga’.

Jenis CTA ini juga bisa anda buat muncul secara otomatis sehingga anda tidak perlu membuatnya secara berulang.

  1. Promosi Acara

Jenis CTA berikutnya adalah untuk mempromosikan acara yang diadakan oleh perusahaan anda, acara tersebut online maupun offline. Penempatan CTA juga harus ditempatkan di tempat yang strategis.

Contoh penempatan misalnya di halaman login, dashboard maupun tempat yang lainnya yang memiliki potensi dilihat oleh pengunjung.

  1. Menyelesaikan Penjualan

Ketika leads sudah terkumpul, selanjutnya anda harus mengubah mereka menjadi pelanggan. Nah, CTA yang satu ini tujuannya berfokus pada hal tersebut. Maka dari itu, diusahakan untuk bisa menyampaikan dengan jelas.

Anda harus menggunakan kata-kata yang persuasif sehingga pengunjung bisa langsung membeli produk yang anda tawarkan.

Nah setelah sama-sama kita mempelajari mengenai apa itu Call To Action dan memahami jenis dan fungsi dari 8 jenis CTA yang perlu anda ketahui. Dalam pembahasan juga sedikit dijelaskan tips dan contoh penempatan CTA yang baik dan benar.

Silahkan anda memiliki beberapa CTA dan terapkan di bisnis yang sedang dijalankan, tentunya memilih jenis CTA diatas disesuaikan dengan tujuan dan fokus marketing yang anda lakukan.

Ada banyak cara untuk membuat CTA yang baik dan benar, namun hal paling mendasar dalam penempatan CTA adalah menempatkannya di tempat yang memiliki potensi pengunjung melakukan klik.

Membuat CTA dengan lebih menarik dan selaras dengan brand serta tulisan CTA yang baik dan menggunakan sense of urgency. 

Sekarang bagaimana sudah siap untuk membuat CTA yang menarik perhatian calon pelanggan ? Jika sudah siap, maka lakukan dari sekarang dan lihat perubahan yang akan terjadi.

Semoga apa yang disampaikan dan dijelaskan mengenai CTA ini dapat memberikan informasi terbaru dan menginspirasi untuk melakukan strategi Call To Action dengan sangat baik dan terkonsep.

Sehingga harapan untuk bisa meningkatkan penjualan tidak hanya sekedar harapan, Namun harapan tersebut menjadi kenyataan. Call To Action yang baik ditempatkan ditempat yang strategis, desain dan tulisan yang menarik, teks yang sesuai dan dapat memaksimalkan sense of urgency.

Related posts:
  1. 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
  2. 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
  3. Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
  4. 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
  5. 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Ruth
Author
Ruth
Bagikan