CTA Adalah Umpan Biar Audiens Terpancing Bertindak Sesuai Target

Ruth
1 tahun lalu
Ecommerce
Contoh call to action (cta)

Apa singkatan dari CTA? Call To Action atau yang umum dikenal dengan CTA adalah ajakan agar audiens bertindak sesuai keinginan. 

Umumnya, CTA hadir dalam berbagai aktivitas digital marketing di berbagai jenis platform. 

CTA memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan maupun meningkatkan conversion rates. 

CTA adalah singkatan dari Call To Action. Artinya, Anda perlu memancing audiens dengan berbagai jenis layanan/fitur/keunggulan agar bertindak sesuai keinginan.

Untuk mencapai kesuksesan Call To Action, contoh kasus yang Anda pelajari harus benar-benar sukses menjalankan misi dan mencapai targetnya.

Sebab, jangan sampai Anda sudah memberikan penawaran spesial tapi tidak banyak orang tertarik. Apalagi, CTA juga dapat membangun database berharga berupa email list yang banyak. 

Sehingga, Anda harus benar-benar tahu mana praktik marketing dan penerapan CTA yang tepat.

Dikarenakan CTA sangat penting dalam dunia marketing, kami mengajak Anda untuk sama-sama belajar lebih dalam mengenai CTA secara lengkap di sini.

Pembahasan CTA ini sangat cocok untuk Anda yang baru saja memasuki dunia marketing. Yuk pelajari sama-sama…

Konsep Dasar CTA

Call To Action atau singkatan CTA adalah istilah yang ada di dalam dunia marketing. CTA digunakan para marketer dengan harapan agar produk maupun apa yang ditawarkan diterima oleh konsumen.

Sederhananya, CTA singkatan dari Call to Action, adalah suatu metode berupa tulisan, gambar maupun ucapan yang bisa mendorong pelanggan untuk melakukan suatu aksi. Aksi tersebut bisa berupa mengunjungi website, membeli produk, memberikan alamat email atau membaca artikel.

Pada aplikasinya, CTA artinya link yang mengarahkan pengunjung mengunjungi halaman tertentu. Strategi penempatan link tersebut juga jangan sembarangan, sehingga bisa dilihat dan diakses dengan mudah.

Jenis & Contoh Call to Action (CTA)

Ada beberapa jenis Call To Action yang harus Anda ketahui, sehingga Anda bisa menentukan jenis CTA yang cocok untuk bisnis maupun konten yang ditawarkan. Apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini:

Lead Generation

Kepanjangan CTA adalah Call To Action yang artinya ajakan bertindak. Artinya, dalam berbagai jenis platform marketing harus ada CTA.

Salah satu platform tersebut adalah website. Sebuah website harus memiliki Call To Action, terutama website yang berfokus pada penjualan. Kenapa? Karena Call To Action sangat berguna untuk menghasilkan leads pada website yang Anda kelola.

Lead adalah istilah dalam dunia marketing yang bisa menggambarkan kelompok orang maupun perusahaan yang memiliki ketertarikan atas apa yang ditawarkan bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan menunjukkan data diri mereka berupa email, nomor dan lain-lain.

Nah, jenis CTA untuk menggaet pengunjung disebut dengan Lead Generation . Jika akan menggunakan jenis CTA yang satu ini, maka Anda harus tahu menempatkannya di tempat yang tepat dan jelas.

Pengisian Formulir

Salah satu jenis lain CTA adalah mengisi formulir. Jenis yang satu ini biasanya diterapkan di sebuah website yang memiliki formulir. Sehingga dengan menambahkan CTA, pengunjung akan bersedia memasukkan data dirinya.

Maka dari itu penempatan CTA harus tepat. Karenanya, cara membuat CTA harus memperhatikan banyak hal, seperti penggunaan kata-kata dan elemen visual yang menarik perhatian dan minat orang.

Tidak hanya itu saja, tombol juga harus diberikan warna berbeda dengan warna latar belakang, sehingga pengunjung dapat mengetahui dimana mereka harus klik.

Menggunakan Tombol ‘Baca Selengkapnya’

Ingat, CTA kepanjangan dari Call To Action. Artinya, tidak semua action berarti pengumpulan data atau membeli produk.

Ada juga jenis CTA yang fungsinya adalah untuk mendapatkan pembaca. 

Jika Anda pernah mengunjungi salah satu blog, pastinya di halaman depan pastinya tidak semua artikel ditampilkan secara penuh. Nah, untuk mengakalinya Anda bisa menambahkan tombol ‘Baca selengkapnya’.

Tombol ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pengunjung untuk menjelajahi lebih dalam mengenai artikel Anda. Dengan begitu statistik website akan menjadi meningkat.

Penawaran Jasa Atau Produk

Salah satu manfaat dan tujuan dibuatnya website saat ini adalah untuk memaksimalkan pengenalan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Nah, CTA produk adalah link yang berfungsi menjual produk ke pengunjung website.

Secara umum CTA yang digunakan untuk menawarkan produk maupun jasa adalah tulisa ‘Buy Now’.

Posisi penempatan juga harus sesuai dan strategis, sehingga CTA ini dapat mewakili apa yang ditawarkan perusahaan Anda.

Lead Nurturing

Jenis CTA yang satu ini ditujukan untuk yang sudah menjadi lead, akan tetapi ingin melakukan transaksi pembelian. Umumnya dalam jenis CTA yang satu ini, Anda harus memberikan semacam penawaran lainnya.

Misal ‘Beli Sekarang, Diskon 15%’ sehingga calon pelanggan akan melakukan pembelian sekarang tanpa menunggu nanti.

Posisi CTA ini harus ditempatkan di tempat yang strategis, secara khusus di halaman yang seringkali dikunjungi oleh leads yang potensial.

Social Sharing

Jenis yang satu ini memiliki fungsi untuk membagikan artikel maupun konten lainnya ke medsos. Biasanya CTA jenis ini akan ditempatkan di bagian akhir konten atau artikel dengan menambahkan tulisan ‘Bagikan artikel ini di media sosial’ atau ‘Yuk bagikan konten ini, agar yang lain mendapatkan manfaatnya juga’.

Jenis CTA ini juga bisa Anda buat muncul secara otomatis sehingga Anda tidak perlu membuatnya secara berulang.

Promosi Acara

Jenis CTA berikutnya adalah untuk mempromosikan acara yang diadakan oleh perusahaan Anda, acara tersebut online maupun offline. Penempatan CTA juga harus ditempatkan di tempat yang strategis.

Contoh penempatan misalnya di halaman login, dashboard maupun tempat yang lainnya yang memiliki potensi dilihat oleh pengunjung.

Menyelesaikan Penjualan

Ketika leads sudah terkumpul, selanjutnya Anda harus mengubah mereka menjadi pelanggan. Nah, CTA yang satu ini tujuannya berfokus pada hal tersebut. Maka dari itu, diusahakan untuk bisa menyampaikan dengan jelas.

Anda harus menggunakan kata-kata yang persuasif sehingga pengunjung bisa langsung membeli produk yang Anda tawarkan.

Nah setelah sama-sama kita mempelajari mengenai apa itu Call To Action dan memahami jenis dan fungsi dari 8 jenis CTA yang perlu Anda ketahui. Dalam pembahasan juga sedikit dijelaskan tips dan contoh penempatan CTA yang baik dan benar.

Silahkan Anda memiliki beberapa CTA dan terapkan di bisnis yang sedang dijalankan, tentunya memilih jenis CTA diatas disesuaikan dengan tujuan dan fokus marketing yang Anda lakukan.

Ada banyak cara untuk membuat CTA yang baik dan benar, namun hal paling mendasar dalam penempatan CTA adalah menempatkannya di tempat yang memiliki potensi pengunjung melakukan klik.

Membuat CTA dengan lebih menarik dan selaras dengan brand serta tulisan CTA yang baik dan menggunakan sense of urgency. 

Sekarang bagaimana sudah siap untuk membuat CTA yang menarik perhatian calon pelanggan? Jika sudah siap, maka lakukan dari sekarang dan lihat perubahan yang akan terjadi.

Semoga apa yang disampaikan dan dijelaskan mengenai CTA ini dapat memberikan informasi terbaru dan menginspirasi untuk melakukan strategi Call To Action dengan sangat baik dan terkonsep.

Sehingga harapan untuk bisa meningkatkan penjualan tidak hanya sekedar harapan, Namun harapan tersebut menjadi kenyataan. 

Call To Action yang baik ditempatkan ditempat yang strategis, desain dan tulisan yang menarik, teks yang sesuai dan dapat memaksimalkan sense of urgency.

KiriminAja dan CTA Adalah Combo Bisnis Anda

Peran CTA yang penting itu juga harus didukung beberapa strategi tambahan yang dapat membantu bisnis Anda tetap menarik di mata konsumen.

Salah satunya adalah dengan menawarkan layanan logistik yang handal dan terjangkau. Karena itulah KiriminAja jadi pilihan tepat Anda sebagai solusi sistem logistik bisnis.

Dengan KiriminAja, Anda dapat mengatur margin keuntungan Anda sendiri sehingga mampu menjaga #CashFlowAman, fokus pada upaya untuk menjangkau konsumen baru, dan bisnis jadi tenang.

Layanan logistik yang terpercaya dan efisien akan memberikan pengalaman positif bagi pelanggan Anda, yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka dan mempertahankan bisnis Anda sebagai pilihan utama.

Dengan mendaftar secara gratis di dashboard KiriminAja, Anda akan mendapatkan akses ke berbagai layanan yang diperlukan untuk mengoptimalkan operasional bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mengurus sendiri aspek logistik dan dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda. 

Dengan mempertahankan daya tarik produk Anda, memakai KiriminAja sebagai sistem logistik, maka bisnis Anda dapat citra positif di hati konsumen. Sehingga, secara perlahan akan banyak CTA yang terkonversi. 

Dengan demikian, Anda dapat menjaga bisnis Anda tetap menarik di mata konsumen, memperkuat daya saing, dan meraih keberhasilan yang lebih besar.

Yuk, gabung KiriminAja di tahun ini. Sehingga, pengalaman konsumen pada CTA adalah jalan sukses terjadinya konversi.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.