8 Langkah Meningkatkan Engagement Twitter untuk Bisnis Anda

Kinanthi Haksari
3 bulan yang lalu
276
8 Langkah Meningkatkan Engagement Twitter untuk Bisnis Anda

Meski jumlah penggunanya tak sebanyak Instagram atau Tiktok, Twitter merupakan media sosial yang masih memiliki penggemarnya tersendiri. Anda bahkan bisa meningkatkan engagement Twitter untuk kemaslahatan bisnis Anda. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lebih detailnya berikut ini.

Menyajikan Konten yang Menarik

Sajian konten adalah senjata utama untuk menarik perhatian followers Anda. Oleh karena itu, berikan postingan yang menggugah agar followers bisa menyediakan waktu untuk sekadar like dan komentar pada akun Anda. Lakukan postingan yang lucu, unik, dan paling banyak dibaca orang. Anda bisa memanfaatkan konten yang sedang viral, kemudian dimodifikasi menyesuaikan niche postingan pada bisnis Anda.

Memanfaatkan Fitur Profil Twitter

Memanfaatkan fitur Twitter secara optimal akan memberikan kesan dan image yang terpatri di benak followers Anda. Bagaimana Anda ingin dikenal? Mengapa Anda berjualan produk tersebut? Apakah keunggulannya? Jabarkan semua hal yang perlu diketahui calon konsumen Anda di bagian profil untuk mempermudah Anda dalam mengenalkan diri.

Profil adalah pintu masuk toko Anda. Maka, Anda bisa memaksimalkannya agar calon pembeli lebih mudah memutuskan pembelian produk. Ada baiknya, Anda tidak mengunci akun, karena hal itu hanya akan membuat pelanggan kabur. Untuk apa melihat toko yang ‘tutup’, bukan? Jika produk Anda bukan sesuatu kebutuhan primer yang harus ada di rumah, maka langkah untuk privasi akun tentu bukan pilihan yang bijak.

Menjadi Berbeda dan Layak Diperbincangkan

Keunikan dan ciri khas toko online Anda akan menjadi satu kekuatan yang membedakan dengan kompetitor lainnya. Dalam prosesnya, memang tak mudah membangun branding sebagai salah satu toko yang berbeda. Akan tetapi, Anda harus bisa terus mengusahakannya dengan melakukan interaksi yang simultan dengan followers Anda.

Anda bisa mengambil inspirasi dari beragam tweet yang sedang viral diperbincangkan. Ambil polanya, kemudian praktikkan pada akun Anda. Terkadang, Twitter memang menciptakan trend tersendiri di luar pakem umum dan algoritma yang resmi. Oleh karena itu, media sosial satu ini cukup menarik dijadikan lahan pencari cuan.

Mengurangi Konten Jualan

Meski akun Twitter Anda khusus untuk konten jualan, tetapi sebaiknya mengurangi hal-hal berbau penawaran secara langsung. Anda bisa menggunakan cara story telling yang bersambung karena Twitter dibatasi karakter untuk caption yang disediakan. Langkah ini akan memantik rasa penasaran pengikut media sosial Anda untuk terus mengikuti cuitan tersebut.

Selain mengurangi konten berbau penawaran, Anda bisa menyelipkan humor atau materi edukatif terkait dengan beberapa hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan, hampir semua orang tidak suka ‘dijuali’, sehingga langkah yang smooth harus dijalankan agar pesan penawaran bisa sampai kepada calon konsumen tanpa harus terang-terangan promosi secara hardselling.

Bersikap Interaktif

Selayaknya penjual dan pembeli yang harus saling berkomunikasi, Anda harus menjalin interaksi dengan followers. Tak apa sesekali turut menanggapi cuitan mereka sebagai bentuk apresiasi dan menaikkan rating engagement. Hal ini akan dinilai oleh algoritma Twitter sebagai salah satu akun yang aktif dan memiliki kesempatan untuk viral.

Agar memancing interaksi yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan teknik pemberian giveaway atau hadiah. Berikan instruksi untuk like, share, dan meninggalkan komentar. Maka, pengguna twitter yang sudah lama penasaran dengan produk atau layanan jasa Anda akan merasa tertantang untuk bisa mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Hal ini akan membuat engagement dan komentar bisa membludak.

Gunakan Hashtag yang Trending

Hashtag adalah kekuatan Twittter yang tidak bisa Anda abaikan. Pastikan gunakan hastag yang sedang ramai dibicarakan agar postingan Anda juga terendus oleh mesin telusur karena menyediakan konten yang masih relevan dengan materi yang sedang viral. Langkah ini akan menaikkan rating akun Anda, kemudian berdampak pada tingginya engagement yang terjadi.

Unggah Konten pada Waktu Terbaik

Sebagaimana jenis media sosial lainnya, Twitter juga memiliki waktu terbaik. Rekomendasi waktu terbaik untuk meningkatkan engagement Twitter adalah waktu ketika banyak orang membuka aplikasi ini. Adapun jam genting Twitter adalah pagi hari antara pukul sembilan hpga pukul tiga sore. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah konten di malam hari antara pukul 12 malam hingga jam satu pagi.

Menggunakan Twitter Marketing Tools

Selain menggunakan beberapa langkah teknis, Anda juga bisa memaksimalkan marketing tools untuk twitter. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi senjata marketing untuk memantau perkembangan bisnis Anda di Twitter.

1. Sendible

Tools satu ini bisa digunakan untuk melakukan manajemen beberapa media sosial dalam satu dashboard. Untuk memaksimalkan Twitter, Sendible menyediakan fitur bernama Twitter Integration yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengatur jadwal postingan, memantau mention yang masuk, hingga menjawab DM (direct message).

Tak hanya itu saja, tools ini juga memberikan fitur yang akan memudahkan Anda dalam menjelajah konten yang paling relevan dengan brand yang Anda miliki. Hal ini akan membuat konten Anda lebih cepat menyasar target pasar yang tepat.

2. HootSuite

HootSuite termasuk salah satu tools yang paling banyak digunakan perusahaan atau brand untuk mengelola kebutuhan marketing. Anda bisa mengatur beberapa akun dalam satu tempat.

Sebagaimana Sendible, Anda juga akan diberikan akses untuk bisa melakukan penjadwalan konten serta mendapatkan laporan analisis terhadap perkembangan trafik akun Anda secara akurat.

3. Hashtagify

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, keberadaan hastag sangat penting untuk menaikkan engagement postingan Anda di media sosial terutama Twitter. Marketing tools bernama Hashtagify ini akan memberikan kemudahan untuk menampilkan hasil statistik hastag yang digunakan dalam postingan.

Laporannya meliputi kekuatan popularitas, influencer yang memiliki potensi menaikkan rank hastag yang digunakan, hingga kata atau kalimat yang tidak efektif untuk terus dicatatkan dalam hashtag postingan. Cocok digunakan untuk brand besar dalam mengukur performa awareness produk. Biaya langganan tools ini sekitar Rp400 ribu per bulan.

4. TweetDeck

Dalam TweetDeck Anda akan dapati dashboard yang berkolom, sehingga dapat diatur sesuai keinginan. Bisa diakses gratis, Anda dapat memaksimalkan performa akun dengan melakukan penjadwalan tweet yang akan diunggah, pengelolaan komentar dan mention, hingga menjawab DM yang masuk secara otomatis.

5. Tweriod

Selain hal teknis terkait marketing, timing juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan untuk menaikkan engagement dalam Twitter. Perhatikan jam posting jika ingin konten Anda semakin banyak dilirik. Meski terdapat standar untuk postingan pada jam tertentu, tetapi Anda akan semakin terbantu dengan tools satu ini.

Cara kerjanya adalah dengan menganalisis akun Anda dan dominasi followers yang ada di dalamnya. Dengan memperhatikan keaktifan followers, Anda juga akan lebih mudah melakukan scan data untuk mulai mengunggah postingan soft selling hingga hard selling.

Engagement Twitter akan semakin baik bila Anda juga memberikan feedback yang baik pula kepada followers Anda. Dengan adanya hubungan yang terjalin antara Anda sebagai pemilik akun bisnis dengan para followers, maka Anda sudah berusaha membangun branding diri dan branding produk selangkah lebih maju.