Peran Akuntansi dan Account Officer Bagi Kondisi Keuangan Bisnis Online

Pamungkas
1 tahun lalu
Keuangan
Tugas dan skill account office

Account officer merupakan salah satu bagian dalam perusahaan yang memiliki peran penting dalam sistem pengelolaan keuangan. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis Anda perlu mempekerjakan account officer. 

Apa itu Account Officer?

Account officer adalah posisi di sebuah perusahaan yang bertugas mengkoordinasikan pengeluaran dan pendapatan dalam aktivitas bisnis. 

Tanggung jawab dari seorang account officer adalah melakukan pembukuan, mengelola kas, mengelola biaya, mengelola faktur, dan memastikan transaksi dengan klien berjalan lancar. 

Bisa dibilang tugas account officer hampir sama dengan accounting officer. Tetapi keduanya memiliki tugas yang berbeda. Lalu apa saja tugas account officer?

Apa Saja Tugas Account Officer?

Mengenalkan Produk ke Konsumen

Tugas account officer yang pertama adalah memperkenalkan produk kepada konsumen potensial. Dimana mereka mengkampanyekan product knowledge secara sistematis dan terencana. 

Bentuk campaign dapat berupa iklan, pameran, workshop, atau mendatangi konsumen secara langsung jika memungkinkan. Dari situ diharapkan konsumen dapat memahami product knowledge perusahaan dengan baik. 

Jika terjadi salah paham antara konsumen dan perusahaan, maka account officer yang bertanggung jawab untuk menyelesaikannya. 

Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Sebagai pihak yang memberikan product knowledge kepada konsumen, account officer juga bertugas menjaga hubungan baik antara konsumen dan perusahaan. 

Baik itu konsumen baru maupun pelanggan lama. Hal ini perlu dilakukan karena konsumen merupakan nyawa dari sebuah bisnis apa pun. Tanpa adanya konsumen, bisnis tidak akan berjalan. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen agar mereka tetap menggunakan produk yang ditawarkan. 

Account officer dapat menyapa pelanggan secara berkala agar mereka merasa diperhatikan. Atau dapat juga dengan memberikan respon atau feedback langsung ketika pelanggan bertanya. 

Menangani Permasalahan Konsumen

Tugas account officer yang lain adalah menampung permasalahan yang dialami konsumen. Kemudian memberikan solusi dengan menawarkan produk yang relevan untuk masing-masing konsumen. 

Oleh karena itu, seorang account officer dituntut sebagai pendengar yang baik dan ramah karena menjadi wajah perusahaan. Selain itu, mereka juga bertugas sebagai problem solver yang berdasar pada kebijakan perusahaan. 

Mengelola Hutan dan Piutang Perusahaan

Account officer juga memiliki tugas untuk mengelola hutang dan piutang yang dimiliki perusahaan. Yaitu dengan membuat faktur serta memproses faktur yang masuk. Hingga melakukan proses pembayaran utang maupun penerima piutang. 

Selain itu, account officer juga harus memastikan tidak ada hutang maupun piutang yang menunggak. Sebab, baik hutang maupun piutang perlu dikelola dengan baik. Jika tidak, nantinya akan mempengaruhi arus kas perusahaan. 

Berkoordinasi dengan Divisi Lain

Untuk menunjang tugas-tugas yang lain, account officer juga perlu berkoordinasi dengan divisi lain. Tujuannya agar divisi lain dapat bekerja sama dalam mencapai goals yang hendak dicapai. 

Misalnya, untuk mengkampanyekan product knowledge, account officer dapat bekerjasama dengan divisi marketing. Sehingga, strategi yang dibuat dapat lebih maksimal dan tepat sasaran.

Membuat Laporan Keuangan Setiap Periode

Tugas selanjutnya seorang account officer adalah membuat laporan setiap akhir periode atau sesuai ketentuan yang dibuat perusahaan. Misalnya setiap mingguan atau bulanan. 

Tujuan dari pembuatan laporan adalah agar perusahaan dapat mengecek track record pekerjaan account officer dan menyusun strategi kedepannya.

Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Account Officer? 

Setelah mengetahui tugasnya, berikut kita bahas bersama tentang skill apa saja yang harus dimiliki oleh seorang account officer. Berikut penjelasannya. 

Akuntansi Dasar

Meskipun pekerjaan account officer dan accounting officer berbeda, akan tetapi seorang account officer harus memiliki pengetahuan akuntansi dasar. Sebab, tugas-tugas yang dikerjakan banyak berkaitan dengan bidang akuntansi.

Komunikasi yang Baik

Tugas seorang account officer juga berhadapan langsung banyak orang, seperti dengan konsumen dan divisi lain. Oleh sebab itu diperlukan kemampuan komunikasi yang baik. 

Selain itu, account officer juga bertugas menjaga hubungan baik antara konsumen dan perusahaan. Sehingga skill komunikasi akan sangat mempengaruhi kinerja mereka. 

Problem Solving

Setiap divisi dalam perusahaan tentu memiliki personalan masing-masing. Oleh sebab itu, skill problem solving perlu dimiliki oleh siapa saja termasuk account officer.

Apalagi account officer juga memiliki tugas yang menghadapi konsumen dengan berbagai permasalahannya. Tentu kemampuan ini akan sangat berguna. 

Kemampuan Analisis yang Baik

Salah satu tugas account officer adalah mengelola keuangan perusahaan. Oleh sebab itu kemampuan analisis yang baik juga diperlukan karena pengelolaan keuangan perlu dilakukan secara sistematis dan tepat. 

Teliti

Skill lain yang perlu dimiliki oleh seorang account officer adalah teliti. Sebab pekerjaan ini berkaitan dengan pengelolaan keuangan hingga komunikasi dengan konsumen. Dimana tugasnya memerlukan kedetailan dan teliti.

Mampu Mengoperasikan Microsoft Office

Terakhir, skill yang harus dimiliki oleh account officer adalah kemampuan mengoperasikan Microsoft Office, terutama Microsoft Excel. Sebab, tugas yang harus dikerjakan kebanyakan menggunakan Microsoft Excel. 

Penggunaan Microsoft Excel dalam pencatatan keuangan dapat lebih mudah dan praktis. Sehingga akan lebih mudah dalam menyusun laporan keuangan tiap periodenya. 

Cara KiriminAja Mendukung Account Officer Menjaga Kondisi Keuangan Bisnis Anda

Sebagai provider manajemen jasa pengiriman satu pintu, KiriminAja bisa membantu bisnis Anda tumbuh lebih cepat dan efisien. 

KiriminAja memungkinkan account officer Anda merunut setiap transaksi keuangan dan membuat laporan akuntansi jadi lebih transparan.

Selain itu, KiriminAja juga mampu membuat Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan dan kecepatan pengiriman paket. 

KiriminAja memiliki sekian banyak pilihan jasa kurir yang handal dan berpengalaman untuk Anda pilih. KiriminAja juga hadir dengan teknologi terkini demi untuk memastikan barang Anda sampai ke tangan pelanggan dengan aman dan tepat waktu.

Artinya, dengan KiriminAja, Anda dapat menjaga #CashFlowAman, mengontrol kondisi keuangan dengan baik, menjangkau konsumen baru, meningkatkan penjualan, dan mencapai profit dengan lebih mudah, sehingga bisnis jadi tenang.

Jadi, apa alasan Anda melewatkan kesempatan untuk bergabung dengan KiriminAja?! Yuk, bergabung dengan banyak online seller Indonesia yang optimis maju dan tumbuh di 2023 ini.

Anda hanya perlu klik dashboard KiriminAja sekarang untuk jadi bagian dari komunitas online seller dengan account officer dan laporan akuntansi teraman di 2023.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.