Cara Optimasi Iklan PPC dengan Ad Extension Biar Nggak Boncos

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
tipe ad extension

Ad extension adalah fitur untuk menambahkan informasi tambahan pada iklan yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi iklan PPC agar tidak boncos.

Pasalnya, fitur ini dirancang untuk menambahkan tujuan tertentu yang dapat mempengaruhi audiens untuk mengambil tindakan tertentu. Seperti ad extensions Call yang bisa digunakan mendorong audiens agar segera menghubungi bisnis Anda.

Langsung saja yuk pelajari selengkapnya tentang ad extension dalam artikel ini agar iklan PPC nggak boncos lagi.

Mengenal Apa Itu Ad Extension

Ad extension merujuk pada fitur yang disediakan oleh platform periklanan online, seperti Ad Word, Google Ads, atau Bing Ads, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan informasi tambahan atau tautan yang relevan ke iklan. 

Tujuan dari fitur ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan, relevansi, dan efektivitas iklan dengan memberikan informasi yang lebih lengkap kepada calon customer.

Dalam laman resmi Ad Word, dijelaskan bahwa ad extension bekerja berdasarkan tujuan tertentu. Artinya, Anda dapat menentukan tujuan khusus mengapa ingin menambahkan informasi tertentu dalam display SERPs iklan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan ad extension call untuk mendorong audiens agar segera menghubungi bisnis Anda.

Ad extensions ini banyak digunakan karena terbukti dapat meningkatkan rasio klik sebuah iklan. Makannya, fitur ini wajib dipakai untuk meningkatkan konversi jika Anda menggunakan campaign iklan PPC 

Tipe Ad Extension

Terdapat beberapa tipe ad extension yang dapat Anda gunakan sesuai tujuan yang diinginkan. Berikut diantaranya:

Sitelinks Extensions

Sitelinks Extensions memungkinkan Anda untuk menambahkan tautan tambahan ke halaman spesifik dalam situs web di bawah iklan utama. 

Ini membantu pengguna untuk langsung mengakses halaman yang relevan dengan kebutuhan mereka dan meningkatkan navigasi situs web.

Callout Extension

Callout Extension memungkinkan Anda untuk menambahkan teks pendek yang menyoroti keunggulan, penawaran khusus, atau informasi tambahan lainnya di bawah iklan utama. 

Ini membantu menarik perhatian pengguna dan memberikan informasi tambahan yang dapat mempengaruhi keputusan mereka.

Structured Snippet

Structured Snippet memungkinkan Anda untuk menampilkan daftar kategori atau fitur yang relevan dengan bisnis di bawah iklan utama. Ini membantu memberikan informasi tambahan tentang jenis produk yang Anda tawarkan.

Call Extension

Call Extension memungkinkan Anda untuk menyertakan nomor telepon di iklan mereka. Pengguna dapat mengklik nomor telepon tersebut untuk langsung melakukan panggilan, sehingga membantu meningkatkan interaksi dan konversi.

Message Extension

Message Extension memungkinkan Anda untuk menyertakan tombol pesan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks langsung dari iklan. Ini berguna untuk Anda yang ingin menghubungkan bisnis dengan pelanggan melalui pesan teks.

Location Extension

Location Extension memungkinkan Anda untuk menampilkan lokasi fisik bisnis di bawah iklan utama. Ini membantu pengguna menemukan bisnis secara lokal dan memberikan informasi penting seperti alamat, peta, atau jam operasional.

Affiliate Location Extension

Affiliate Location Extension memungkinkan Anda untuk menampilkan lokasi atau stok produk di gerai ritel mitra. Ini berguna bagi Anda yang menjual produk melalui jaringan toko ritel.

Price & Promotion Extension

Price & Promotion Extension memungkinkan Anda untuk menampilkan informasi harga atau promosi khusus di iklan. Ini membantu menarik perhatian pengguna dengan menampilkan penawaran khusus atau harga yang kompetitif.

App Extension

App Extension memungkinkan Anda untuk menyertakan tautan untuk mengunduh aplikasi di iklan. Ini berguna bagi bisnis yang memiliki aplikasi mobile dan ingin meningkatkan unduhan dan penggunaan aplikasi.

Automated Extensions

Automated Extensions adalah jenis ad extension yang secara otomatis dibuat oleh platform periklanan berdasarkan data dan sumber eksternal, seperti ulasan atau penghargaan. 

Tips Memaksimalkan PPC dengan Ads Extensions

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan penggunaan ad extension dalam kampanye PPC (Pay-Per-Click):

Pilih Ad Extension yang Relevan

Pilihlah jenis ad extension yang paling relevan dengan tujuan kampanye bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan panggilan telepon ke bisnis Anda, fokuslah pada Call Extension s. 

Uji dan Pantau Kinerja

Setelah mengaktifkan ad extensions, penting untuk terus memantau kinerjanya. Periksa metrik seperti tingkat klik, tingkat konversi, dan ROI (Return on Investment). 

Identifikasi ad extension yang memberikan hasil terbaik dan tingkatkan strategi Anda berdasarkan data tersebut.

Jangan Overload dengan Ad Extensions

Meskipun sangat berguna, hindari mengisi iklan Anda dengan terlalu banyak tipe ad extension. Sebab, akan membuat iklan terlihat berantakan dan membingungkan pengguna. Pilih ad extension yang paling relevan dan gunakan dengan bijak.

Uji A/B Testing

Lakukan pengujian A/B untuk melihat ad extension mana yang paling efektif untuk kampanye Anda. Bandingkan kinerja iklan dengan dan tanpa ad extension atau bandingkan jenis Ed Extension yang berbeda untuk melihat mana yang memberikan hasil terbaik.

Sesuaikan dengan Perangkat dan Lokasi

Sesuaikan ad extension dengan perangkat dan lokasi pengguna. Misalnya, jika pengguna sedang menggunakan perangkat seluler, pastikan Call Extension s dan app extensions terlihat dengan jelas dan mudah diakses.

Dengan mengoptimalkan penggunaan ad extension, Anda dapat meningkatkan keterlihatan, relevansi, dan efektivitas iklan PPC. Selalu perhatikan data dan pantau kinerja untuk terus meningkatkan strategi digital marketing Anda.

Untuk mengoptimalkan penggunaan ad extension, Anda perlu menambahkan strategi lain yang membuat pengguna tertarik untuk mengambil tindakan pembelian.

Misalnya, Anda dapat menawarkan layanan pengiriman dengan harga murah tetapi memiliki kualitas reliable. Sebagai aplikasi pengiriman no#1 di Indonesia, KiriminAja memungkinkan Anda memiliki layanan prima seperti itu tanpa perlu banyak effort.

Anda hanya perlu daftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, kemudian buat manajemen pengiriman secara otomatis dengan kebebasan mengatur margin profit. Sehingga, #CashFlowAman dan bisnis pun jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.