Apa itu Ads Auction? Yuk, Bahas Definisi, Proses, dan Contoh di Google

Danusantoso
5 bulan yang lalu
Bisnis
tujuan ads auction

Ads auction adalah proses lelang iklan yang dilakukan untuk menentukan apakah iklan Anda akan ditampilkan di halaman pencarian atau tidak. Proses ini dilakukan secara otomatis oleh platform periklanan seperti Google Ads, Facebook Ads, dan lainnya.

Laporan atas proses ini juga dapat Anda lihat dan berguna untuk membandingkan performa iklan dengan kompetitor dalam proses auction yang sama. 

Laporan tersebut disebut sebagai Auction Insight, yaitu laporan yang hanya bisa dilihat pada search dan shopping campaign saat sudah mencapai minimum threshold data.

Tunggu apalagi, tuk pahami lebih dalam tentang  Jadi Ads Auction dalam artikel ini. 

Pengertian Ads Auction

Ads Auction (lelang iklan) adalah proses di mana perusahaan atau individu bersaing untuk mendapatkan slot iklan dalam platform periklanan digital seperti Google Ads, Facebook Ads, dan platform lainnya.

Proses ini terjadi setiap kali pengguna melakukan pencarian. Semua iklan yang dianggap layak akan diikutsertakan dalam proses auction. Namun, tidak semuanya dapat ditayangkan pada hasil pencarian karena slot iklan yang terbatas.

Biasanya, proses tersebut melibatkan langkah-langkah umum mulai dari pengajuan penawaran, penentuan relevansi, pelaksanaan lelang, penentuan harga dan posisi, penayangan iklan.

Dalam proses lelang, baik penawaran dan relevansi iklan memiliki peran penting. Jika Anda memberikan penawaran tinggi, tetapi iklannya tidak relevan, maka kemungkinan besar iklan tersebut tidak akan ditampilkan. 

Sebaliknya, jika iklan memiliki relevansi yang tinggi tetapi penawaran rendah, maka iklan tersebut mungkin tidak muncul di posisi teratas.

Melalui lelang iklan, platform periklanan dapat memastikan bahwa iklan yang ditampilkan sesuai dengan kepentingan pengguna dan pengiklan. 

Di mana pengiklan berkompetisi untuk mendapatkan eksposur bagi produk atau layanan mereka, sementara platform periklanan mendapatkan pendapatan dari

Tujuan Ads Auction 

Tujuan Ads Auction adalah menentukan iklan mana yang akan ditampilkan kepada pengguna ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari.

Proses ini dilakukan secara realtime dan otomatis, serta berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari penawaran harga, kualitas iklan, dan relevansi iklan dengan audiens yang ditargetkan.

Nah, berikut beberapa tujuan spesifik dari proses Ads Auction yang perlu Anda ketahui:

Memberikan Pengalaman yang Relevan Bagi Pengguna

Dengan menggunakan algoritma Ads Auction, mesin pencari akan memilih iklan terbaik yang paling cocok untuk ditampilkan kepada pengguna.

Oleh karena itu, Ads Auction dapat membantu memastikan bahwa iklan yang ditampilkan kepada pengguna merupakan iklan yang relevan dengan kebutuhan dan minat mereka.

Mendorong Kualitas Iklan yang Lebih Baik

Salah satu faktor yang mempengaruhi posisi dan frekuensi tayangan adalah kualitas dan relevansi iklan dengan audiens. Sehingga, hal ini dapat mendorong tim digital marketing Anda untuk membuat iklan yang lebih baik, menarik, dan relevan untuk target audiens.

Meningkatkan Penghasilan Platform

Ads Auction merupakan salah satu peluang yang memungkinkan platform periklanan seperti Google Ads untuk mengoptimalkan pendapatannya.

Dengan menciptakan persaingan di antara pengiklan dalam penawaran harga, Google Ads dapat mengenakan biaya iklan yang lebih tinggi. Sehingga tak heran jika mereka meraup pendapatan yang besar.

Proses Ads Auction 

Berikut beberapa langkah Ads Auction yang melibatkan pengiklan, platform periklanan, dan pengguna:

Pengajuan Penawaran

Pertama, Anda perlu menawarkan seberapa banyak Anda bersedia membayar untuk setiap tampilan iklan atau hasil tertentu, seperti biaya per klik (CPC) atau biaya per tindakan (CPA). 

Selain itu, Anda juga dapat menentukan anggaran harian atau anggaran total yang sudah Anda siapkan.

Penentuan Relevansi

Selain penawaran, faktor-faktor relevansi juga diperhitungkan oleh platform periklanan. Ini termasuk faktor seperti kualitas iklan, relevansi kata kunci atau minat target, dan pengalaman pengguna. 

Biasanya, platform menggunakan algoritma dan peringkat khusus untuk menilai dan menentukan tingkat relevansi iklan.

Pelaksanaan Lelang

Platform periklanan memproses penawaran dan faktor-faktor relevansi untuk setiap iklan yang memenuhi kriteria tertentu. Setiap kali ada kesempatan tampilan iklan, lelang diadakan untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan.

Penentuan Pemenang

Pemenang lelang ditentukan dengan mempertimbangkan kombinasi penawaran tertinggi dan faktor-faktor relevansi. Pemenang lelang akan mendapatkan posisi iklan yang lebih baik atau eksposur yang lebih tinggi. 

Biaya yang harus dibayar oleh pengiklan yang memenangkan lelang ditentukan oleh penawaran tertinggi dari pesaing terdekat dan faktor-faktor relevansi lainnya.

Penayangan Iklan

Setelah proses auction selesai, iklan yang memenangkan lelang akan ditampilkan kepada pengguna yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh pengiklan. 

Iklan dapat muncul di berbagai tempat, seperti halaman hasil pencarian, aliran berita, situs web mitra, atau platform digital lainnya.

Evaluasi dan Optimasi

Setelah iklan ditayangkan, pengiklan dan platform periklanan akan memantau kinerja campaign. Anda dapat melihat metrik seperti klik, konversi, atau tingkat interaksi untuk mengevaluasi efektivitas iklan. 

Berdasarkan data tersebut, Anda dapat melakukan optimasi untuk meningkatkan hasil campaign iklan. Misalnya, dengan menyesuaikan penawaran, kata kunci, atau targeting iklan.

Proses lelang iklan ini berlangsung secara realtime dan berulang terus-menerus saat ada kesempatan untuk menampilkan iklan. 

Hal ini memungkinkan platform periklanan untuk menampilkan iklan yang paling relevan dan mengoptimalkan hasil untuk pengiklan dan pengguna.

Itu dia pembahasan terkait Ads Auction dari KiriminAja. Selanjutnya, agar iklan yang ditayangkan memiliki tingkat konversi yang tinggi, Anda perlu menambahkan strategi lain.

Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan pengiriman dari berbagai ekspedisi dengan harga hemat, tetapi memiliki kualitas reliable.

Kabar baiknya, tidak perlu effort banyak untuk layanan prima seperti itu. Cukup daftar secara gratis di Dashboard KiriminAja, lakukan beberapa verifikasi, dan atur pengiriman dengan kebebasan menentukan margin profit.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Danusantoso
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.