Alasan Kenapa Pebisnis Online Harus Punya Website

Pamungkas
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Alasan pebisnis online punya website

Anda yang sudah terbiasa jualan online lewat marketplace atau media sosial mungkin bertanya-tanya, apa sih pentingnya memiliki website? Atau kenapa harus punya website? Toh, tanpa website, aktivitas jual-beli online masih bisa berjalan.

Marketplace atau media sosial memang kerap dipilih sebagai platform jualan online karena lebih mudah digunakan dan gratis. Namun, jika Anda ingin bisnis dan brand semakin berkembang, memiliki website merupakan salah satu keharusan.

Website bisa memberikan banyak dampak positif bagi bisnis. Mulai dari peningkatan calon pelanggan, otomatisasi transaksi, hingga sebagai platform promosi yang bisa menjangkau pasar global.

KiriminAja akan membantu Anda mengurai kenapa website itu penting bagi pelaku bisnis online yang sedang tumbuh. Atau jika Anda masih ragu dan bingung memutuskan membuat website atau tidak, pemaparan di bawah ini bisa menjadi landasan berpikir Anda.

Website Bisnis Online

Pada dasarnya, website bisnis online hampir sama seperti website lainnya. Perbedaan paling signifikan terletak pada orientasi utamanya.

Semua yang ada di website bisnis online ditujukan untuk kebutuhan transaksi dan aktivitas promosi. Lalu kenapa seller online harus punya website sedangkan e-commerce dan medsos sudah bisa jadi platform jual beli?

Alasan Kenapa Harus Punya Website

Website Bisa Menjangkau Pelanggan Baru

Website merupakan salah satu platform yang bisa diandalkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan baru. Apalagi, jika website tersebut sudah menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization).

Menariknya lagi, Anda juga bisa menjadikan website sebagai pintu utama bisnis Anda. Artinya, semua aktivitas marketing di beberapa platform yang dijalankan bisa berujung ke website.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

KiriminAja pernah membahas pentingnya brand image dalam strategi marketing di artikel ini. Dalam pembahasan tersebut, website punya peran krusial sebagai rumah dalam berbagai aktivitas pemasaran online.

Saat Anda memiliki rumah maka kredibilitas Anda meningkat tinggi di mata banyak orang. Begitu pula website. Saat Anda memiliki website, maka kredibilitas bisnis Anda juga meningkat tinggi.

Kenapa begitu? Membuat website membutuhkan effort yang lebih tinggi dibandingkan membuat akun marketplace atau akun medsos. Artinya, saat memiliki website, bisnis Anda dianggap besar dan punya keberlanjutan usaha.

Sebab, bisnis Anda mampu mengalokasikan dana, yang tidak sedikit, untuk membangun website.

Alasan lainnya, website yang dibangun dengan ekstensi domain populer seperti .com .co.id atau .id sedikit banyak juga bisa menambah kepercayaan.

Calon pelanggan nantinya tidak akan ragu lagi untuk bertransaksi atau membeli produk yang Anda jual secara online, karena ada website terpercaya yang memuat berbagai informasi perusahaan.

Sebagai Sarana Branding dan Exposure

Website memungkinkan bisnis Anda mendapat exposure, branding, dan peluang baru. Untuk bisa begitu, website Anda harus diisi dengan sejumlah konten yang relevan, mudah diingat, dan bermanfaat bagi audiens.

Dengan begitu, website membuat audiens ingat pada brand/produk/kategori produk/jenis usaha Anda dalam keterlibatan selanjutnya. Peluang tersebut, jika diolah dengan lebih lanjut, akan mengantarkan audiens menggunakan produk Anda.

Sebagai contoh, jika memiliki bisnis klinik kecantikan, maka website Anda berisi konten terkait informasi kecantikan dan kesehatan kulit. Dengan begitu, audiens lebih mudah masuk ke website Anda, tertarik, dan terlibat lebih dalam lagi.

Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Alasan lain kenapa harus punya website adalah meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Dengan berorientasi konsumen, bisnis Anda makin bisa diandalkan pelanggan sebagai solusi efektif atas masalah yang dihadapi.

Bagaimana cara website berorientasi konsumen? Salah satunya dengan memasang fitur Live Chat untuk menjawab berbagai pertanyaan calon pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat halaman khusus yang menampilkan informasi cara penggunaan produk, layanan komplain, hingga informasi terkait jadwal peluncuran produk baru di pasaran.

Akses Opsi Tools Penjualan Online Lebih Banyak

Website tidak memerlukan banyak tenaga operasional. Pasalnya, sistem e-commerce bisa berfungsi sebagai pengganti peran pramuniaga atau kasir yang bertugas melayani pelanggan.

Dengan pilihan tools yang beraneka ragam dan serba terintegrasi, Anda lebih mudah mengontrol serta menjalankan website. Karena semua aktivitas serba terotomasi.

Sebagai contoh, KiriminAja menjadi tools agregator logistik bisnis online Anda. Maka, hanya dengan membuka dashboard KiriminAja ini, Anda sudah menyingkat banyak alur pengiriman paket. Anda hanya cukup duduk manis di depan laptop atau gawai dan mengendalikan aktivitas logistik.

Bisa Beroperasi Selama 24 Jam

Berbeda dengan toko offline, website bisa menjadi toko online yang beroperasi selama 24 jam tanpa henti. Jadi, calon pelanggan Anda bisa melakukan pemesanan produk kapan saja dan dari mana saja melalui website.

Bagaimana Cara Optimasi Website untuk Mencapai Semua Tujuan di Atas?

Saat ini hampir semua pebisnis online sudah memiliki website jualan. Agar website lebih optimal dari website kompetitor, Anda bisa menerapkan beberapa cara optimasi berikut ini.

Membuat Sistem Navigasi yang Mudah Dipahami

Website sebenarnya bukanlah platform baru di ranah digital, sehingga mayoritas pengguna internet sudah familiar bagaimana cara kerja dan fungsinya.

Website yang baik pada dasarnya tidak lepas dari kehandalan fitur serta sistem navigasinya yang mudah dipahami. Anda bisa melakukan riset untuk menemukan formula yang tepat bagaimana membuat sistem navigasi yang user friendly.

Misalnya, di halaman homepage Anda bisa menampilkan kategori produk unggulan. Selain agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan, hal ini juga bisa meminimalisir kebingungan ketika mereka kesulitan memilih produk.

Tautkan Website ke Media Sosial

Anda juga wajib menautkan website ke akun media sosial bisnis. Dengan menerapkan cara itu, Anda mendapatkan dua keuntungan yang saling mempengaruhi. Pertama, meningkatkan popularitas website. Keuntungan kedua yaitu membantu meningkatkan traffic referral.

Tulis Deskripsi Produk Secara Rinci

Deskripsi produk bisa mempengaruhi keputusan calon pelanggan. Pasalnya, ketika masuk dan melihat informasi sebuah produk, calon pelanggan biasanya mencari tahu apakah produk tersebut sesuai untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami.

Tulislah deskripsi produk secara singkat dan jelas. Usahakan untuk tidak terlalu terkesan menjual. Akan tetapi fokuskan pada solusi terbaik yang bisa Anda tawarkan kepada calon pelanggan.

Secara garis besar, memiliki website sama dengan meminimalisir ketergantungan seller online ke marketplace dan media sosial.

Artinya, Anda punya otoritas sendiri dalam mengatur banyak hal dalam bisnis. Anda bisa menekan harga ongkir, menghilangkan potongan harga, mengurangi biaya iklan, dan banyak hal lain.

Tentu saja KiriminAja mendukung bisnis online Anda untuk terus tumbuh dan berkembang. Kabar baiknya, tidak sebatas itu. KiriminAja juga siap untuk selalu mendukung Anda dengan berbagai informasi terkait bisnis online.

Jadi, saat punya website, Anda tidak merasa berdiri sendiri. Tim KiriminAja selalu mendukung Anda dengan berbagai dukungan terkait bisnis. Jadi, kenapa harus punya website? Jawabannya, karena ada KiriminAja selalu siap mendukung Anda kapan pun di mana pun.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.