Anda Berencana Untuk Melakukan Promosi Online? Cobalah Gunakan Objective Facebook Ads

Updated July 3, 2022 • Created 7 bulan yang lalu
Anda Berencana Untuk Melakukan Promosi Online? Cobalah Gunakan Objective Facebook Ads

Saat ini, banyak sekali para pelaku bisnis yang mempromosikan produknya secara online. Salah satunya adalah melalui iklan di Facebook. Selain karena jumlah penggunanya yang mencapai miliaran, fitur-fiturnya juga bisa digunakan untuk promosi online. Salah satu fitur tersebut adalah objective facebook ads.

Berbeda dengan social media advertising lainnya yang mempunyai fitur objective yang masih terbatas. Objective facebook ads telah memiliki berbagai macam pilihan untuk berbagai jenis tujuan dari iklan Anda. 

Salah satu hal penting dalam promosi online adalah tujuan yang akan dicapai dari promosi itu dan apa yang ingin disampaikan dari promosi tersebut. Itulah prinsip dari objective yang ada pada Facebook Ads di sini.

Kesuksesan Facebook Ads telah membawa perusahaan ini meraih keuntungan $27,7 Miliar atau sekitar Rp. 383,7 Triliun pada tahun 2020 lalu. Data tersebut menunjukkan banyaknya para pelaku bisnis online yang menggunakan iklan Facebook sebagai tempat promosinya. Jika Anda berencana untuk melakukan promosi online, ada baiknya Anda mencoba fitur-fitur pada objective facebook ads ini.

Kini, objective facebook ads telah menyediakan 11 tujuan yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian, 11 tujuan ini dikategorikan berdasarkan 3 macam objective. Kategorinya yaitu awareness, consideration, dan conversion. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya:

  1. Awareness

Awareness merupakan sebuah kesadaran. Hal ini dapat digunakan sebagai pembangun minat orang-orang untuk sebuah merek yang Anda miliki. Salah satu objective facebook ads ini sangat tepat bagi Anda sebagai pemula yang baru terjun ke dunia bisnis digital. Objective awareness dibagi lagi menjadi 2 pilihan, yaitu:

  • Brand Awareness

Objective facebook ads ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang pada bisnis Anda. Objective ini bisa Anda pilih agar audiens ingat dengan merek bisnis Anda. Itulah mengapa biasanya Facebook memperlihatkan iklan yang kemungkinan audiens telah mengenal produk Anda sebelumnya.

  • Reach

Sedangkan, reach atau jangkauan bertujuan untuk memberikan iklan sebanyak mungkin pada target pasar yang diinginkan. Anda dapat memakai objective facebook ads ini agar iklan produk Anda dilihat sebanyak mungkin. Dengan banyaknya target audiens yang tercapai, maka penjualan produk Anda diharapkan bisa meningkat. 

 

  1. Consideration

Apabila Anda memiliki tujuan yang lebih dalam lagi, objective facebook ads ini bisa jadi pilihan Anda. Consideration atau sebuah pertimbangan, bertujuan supaya audiens mempertimbangkan iklan Anda dan mau mencari tahu lebih lanjut. Untuk jenis consideration-nya, terbagi menjadi 6 jenis objective, yaitu:

  • App Installs

Bagi Anda yang mempunyai aplikasi bisnis, objective facebook ads ini tepat untuk Anda gunakan. Melalui objective app installs, Facebook akan mengarahkan audiens agar mau mendownload aplikasi yang Anda tawarkan. Sebelum menggunakan opsi ini, Anda harus mendaftarkan aplikasi yang dimiliki ke Facebook Ads Manager. Dengan begitu, Facebook akan memakai data aplikasi Anda untuk menjangkau target audiens yang sesuai.

  • Messages

Apabila Anda ingin langsung berinteraksi pada pelanggan melalui chat pribadi, objective messages adalah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan objective facebook ads ini, Facebook akan mengirim pesan khusus berisi konten iklan Anda. Target pengirimannya adalah pada orang-orang yang berkemungkinan besar akan merespons iklan Anda. Objective messages ini bisa Anda gunakan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan para customer Anda.

  • Video Views

Bila Anda berencana membuat iklan dalam bentuk video, pilihan objective video views sangatlah tepat.  Dengan objective facebook ads ini, Facebook akan mengarahkan konten video Anda pada orang-orang yang kemungkinan tertarik. Selain itu, objective video views dapat digunakan untuk promosi suatu produk atau event dalam video berdurasi singkat. Pastikan Anda membuat konten video yang menarik ya.

  • Engagement

Apabila Anda bertujuan agar audiens mau berinteraksi dengan akun bisnis Anda, pilihan engagement sangatlah tepat. Prinsip kerja dari objective facebook ads ini, yaitu mengarahkan audiens agar berinteraksi dengan konten iklan Anda. Interaksi dari para audiens dapat dalam bentuk komen, like, subscribe, sampai share. Opsi ini tepat bagi Anda yang bertujuan agar akun bisnis Anda banyak didatangi audiens dan menginginkan feedback mereka.

  • Lead Generation

Jika Anda memilih leads ini, Anda akan dengan mudah menjangkau audiens dari kontak yang mereka berikan. Agar bisa memiliki banyak leads, Anda bisa gunakan objective leads ini. Dengan menggunakan objective facebook ads ini, Anda dapat mengarahkan audiens agar memberikan kontak mereka di konten Anda.

  • Traffic

Objective facebook ads berikutnya adalah traffic. Objective ini bertujuan untuk mengarahkan audiens menuju halaman mana saja yang Anda inginkan. Objective ini bisa digunakan untuk menaikkan traffic website atau landing page lainnya, seperti blog misalnya. Bila tujuan Anda seperti itu, objective ini tepat menjadi pilihan Anda.

 

  1. Conversion

Berikutnya Objective facebook ads yang terakhir adalah conversion. Objective Facebook ini sangat tepat bagi Anda yang ingin audiens agar membeli produk yang Anda jual. Objective conversion dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

  • Catalog Sales

Apabila Anda mempunyai produk yang akan ditawarkan, Anda dapat menggunakan objective catalog sales. Objective facebook ads ini bertujuan agar audiens dapat melihat semua produk yang Anda tawarkan di dalam satu katalog. Pertama, Anda wajib untuk membuat Facebook katalog terlebih dahulu. Setelah itu, Facebook akan memilih produk mana saja yang dapat digunakan untuk menarik perhatian audiens.

  • Conversion

Jenis conversion sangat tepat bila digunakan untuk mengarahkan audiens agar melakukan tindak lanjutan di website. Tindakan tersebut dapat berupa langganan newsletter, transaksi, maupun subscribe. Untuk menggunakan Objective facebook ads ini, Anda harus menginstall Facebook pixel and Conversion API di website Anda. Selanjutnya, tinggal verifikasi domain website Anda dan mengkonfigurasi hal-hal yang berkaitan pada target di Ads Manager.

  • Store Traffic

Apabila Anda memiliki toko di beberapa lokasi, Anda dapat mempromosikannya melalui Objective facebook ads ini. Objective Store Traffic akan mengarahkan orang-orang yang berada di sekitar lokasi toko Anda untuk bisa datang ke sana. Bila Anda berencana menggunakan objective ini, Anda wajib memberikan lokasi yang spesifik serta jam kerja toko Anda.

Sebelum menentukan pilihan objective mana yang tepat, Anda perlu memiliki strategi tertentu agar bisa berhasil dengan maksimal. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menentukan objective facebook ads. Langkah-langkahnya antara lain, yaitu:

  1. Pahamilah dengan seksama mengenai target audiens. Buatlah demografi yang sangat spesifik atau gunakanlah fitur custom audiens pada Ads Manager.

  2. Pastikan Anda paham jenis-jenis iklan online sebelum memilih konten iklan mana yang paling sesuai.

  3. Gunakanlah format iklan yang paling sesuai. Bisa dalam bentuk foto, video, atau slideshow. Buatlah konten semenarik dan sekreatif mungkin.

  4. Sediakan budget minimum dan maksimum untuk promosi online ini.

Itulah uraian mengenai objective facebook ads yang bisa Anda coba-coba untuk melakukan promosi online produk Anda. Pastikan Anda tepat dalam memilih objective tersebut, agar target promosi yang Anda inginkan bisa terpenuhi dengan maksimal. Selamat mencoba!

 

Related posts:
  1. Cara Mencari Distributor Skincare Terpercaya
  2. Menyiapkan Modal untuk Bisnis Skincare
  3. Keuntungan dan Tantangan Bisnis Menjadi Reseller Skincare
  4. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  5. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
Ruth
Author
Ruth
Bagikan