Apa Itu Brand Awareness?

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Ecommerce
Fungsi brand awareness

Kamu tertarik untuk menekuni bisnis? Ingin memulai usaha di bidang fashion tapi sudah banyak ratusan brand toko yang jualan. Ingin menciptakan produk baru tapi masih bingung? Jangan khawatir ya, sebelum kamu ingin menciptakan sebuah produk atau brand, tentunya kamu perlu tahu terlebih dahulu pengertian dari brand awareness. Simak penjelasan di bawah ini yuk.

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah langkah pertama kamu untuk menempatkan merek usahamu. Brand awareness merupakan suatu proses yang berkelanjutan untuk membantu mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mampu membawa pelanggan tersebut untuk kembali membeli produk kamu.

Brand awareness atau biasa disebut kesadaran merek merupakan tahap pertama untuk melakukan proses pengambilan keputusan pelanggan. Biasanya perusahaan akan menghabiskan banyak biaya untuk menarik kesadaran pelanggan terhadap produk mereka.

Brand awareness yang baik tentunya yang mudah diingat dan dikenali oleh pelanggan. Cara menarik pelanggan melalui kesadaran merek dapat dilakukan dengan membuat logo, warna, bentuk dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan produk. Hal-hal tersebut merupakan identitas atau ciri khas dari sebuah produk.

Fungsi Brand Awareness

Fungsi dari brand awareness sendiri sangat banyak diantaranya sebagai berikut.

Menciptakan persepsi

Brand awareness yang sudah kamu miliki dapat disebarkan melalui refferal, berita, media sosial, dan lain-lain. Ketika sebuah brand awareness tersebut sudah berjalan sesuai rencana perusahaan, maka akan tercipta kesan yang positif di benak pelanggan.

Menumbuhkan Kepercayaan

Sebuah kesadaran merek oleh pelanggan akan menumbuhkan kepercayaan. Saat pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik dari suatu brand, tentunya akan membangun kepercayaan mereka dan mereka pun mampu menyebarkannya kepada orang terdekat.

Menciptakan Jaringan

Jika brand awareness sudah direncanakan dengan baik dan matang, sebuah merek tersebut akan menjadi bahan diskusi banyak orang. Dengan menyebarnya informasi mengenai merek tersebut, maka akan menciptakan jaringan menjadi lebih luas lagi.

Membangun Ekuitas Merk

Semakin banyak orang yang mengetahui merek atau brand kamu, maka akan semakin berharga. Ekuitas merek mampu membuat nilai merek sebagai suatu aset terpisah. Dengan begitu, brand awareness mampu membangun nilai merek yang dirasakan.

Untuk lebih lanjut memahami bagaimana bisnis fashion bisa membangun brand awareness yang tepat, Anda perlu memahami langkah-langkah detailnya.

Untuk itu, KiriminAja menghadirkan ulasan langkah-langkah detail membangun brand fashion Anda sendiri. Dengan membaca ulasan tersebut, Anda akan memiliki insight yang lebih faktual tentang perjalanan bisnis fashion.

Tentu saja, memahami perjalanan bisnis fashion bukanlah sesuatu yang sekali jadi. Tapi dengan pemahaman membangun brand awareness di atas, Anda sudah selangkah lebih maju.

Nah, itulah pembahasan mengenai brand awareness. Jadi gimana, udah siap bikin brand kamu? Semoga berhasil.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.