Apa Itu SEO Global? Ini Dia Cara Penerapannya

Updated May 18, 2022 • Created 7 bulan yang lalu
Apa Itu SEO Global? Ini Dia Cara Penerapannya

Sebagian besar orang bertanya-tanya apa itu SEO Global, apakah berbeda dengan SEO lokal? tentu saja keduanya memang berbeda. Nah, kebanyakan orang memang biasanya hanya mengetahui SEO secara umum saja. Ketahuilah bahwa SEO Global merupakan SEO yang berskala internasional sehingga tak heran apabila banyak orang yang belum mengetahui penerapannya.

 

SEO internasional upayanya dilakukan untuk mengoptimasi website agar dilihat oleh orang-orang yang berada di negara yang berbeda. Anda dapat menggunakan SEO Global untuk mengoptimasi website agar dapat terlihat oleh orang-orang di negara lain sehingga jangkauannya lebih luas.

 

Fungsi dari SEO Global tersebut dapat digunakan untuk memaksimalkan efisiensi bisnis untuk menciptakan pengalaman personal kepada para pelanggan dari berbagai chanel baik secara online maupun offline.

 

Apa Itu SEO Global?

Seo Global atau yang dikenal SEO Internasional  merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh para pengguna website untuk melakukan optimasi agar dapat dilihat  oleh jangkauan luas, bahkan luar negara dengan tujuan untuk memaksimalkan efisiensi bisnis agar dapat menciptakan pengalaman personal untuk para pengguna dari beragam multi-channel.

 

Nah, SEO Global biasanya menggunakan penargetan geografis secara global sehingga website dapat menjangkau calon visitor dari seluruh dunia. Saat Anda menerapkan Global SEO maka Google akan mengupayakan hasil pencarian sesuai dengan bahasa dan lokasi pengguna.

 

Penerapan SEO Global tersebut merupakan hal yang mudah sehingga Anda perlu mempelajari Global SEO Strategy dan SEO Service agar website Anda dapat dikenal oleh Google untuk ditampilkan ke calon visitor di negara lainnya.

 

Cara Menerapkan SEO Global

Ketahui cara menerapkan SEO Global agar dapat disesuaikan dengan target visitor di berbagai negara, Yuk ketahui informasinya di bawah ini.

 

1. Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam menerapkan SEO Global yaitu melakukan riset pasar. Hal tersebut merupakan kegiatan yang paling mendasar sebelum menerapkan SEO Global. Anda harus tahu bagaimana potensi website di negara yang akan menjadi target pasar dengan jangkauan yang luas.

 

Anda dapat melakukan analisis potensi visibilitas pencarian organik secara internasional. Nah, untuk melakukan analisa tersebut maka Anda dapat melakukannya dengan menjawab beberapa hal yang sudah ditargetkan. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diberikan oleh para pengguna:

 

Dari beberapa negara yang sudah Anda targetkan. Negara dan bahasa asing mana yang sudah menyediakan visibilitas dan traffic penelusuran organik?

Berapakah jumlah volume dan tren dari masa ke masa keterlihatan penelusuran organik dan traffic yang berasal dari setiap negara dan bahasa yang telah Anda targetkan?

Kira-kira dari negara mana saja website Anda akan mendapatkan tingkat konversi pengunjung tertinggi?

Seberapa besar volume dan tren konversi yang berasal dari masing-masing negara yang sudah Anda targetkan?

 

2. Lakukan Riset Kata Kunci

Berikutnya, Anda disarankan untuk melakukan riset kata kunci yang relevan dengan informasi yang akan disajikan. Hal tersebut tentu saja akan berhasil apabila Anda mampu menganalisa negara mana yang sesuai dengan target pasar Anda. Nah, lakukan riset kata kunci dengan mendata data-data berikut ini:

 

Kata kunci yang relevan dengan kebutuhan para pengguna yang tentunya dapat digunakan oleh calon visitor internasional Anda untuk menelusuri bisnis, produk, atau layanan Anda.

Mengetahui jumlah volume pencarian organik untuk kata kunci tersebut tersebut per negara.

Besaran tingkat persaingan kata kunci per negara.

Peringkat website Anda saat ini jika menggunakan kata kunci tersebut di pasar target.

Sesuaikan Domain dengan SEO International

 

Apabila langkah selanjutnya sudah berhasil melakukan riset kata kunci maka Anda harus menyesuaikan domain website dengan standar SEO Internasional. Tentu saja, penyesuaian informasi tersebut digunakan untuk memudahkan mesin pencari dalam mengarahkan calon visitor internasional dengan negara lain dengan bahasa yang tepat.

 

3. Buatlah Konten dengan Bahasa Calon Visitor Anda

Terakhir, hal yang harus diperhatikan yaitu sesuaikan domain dengan SEO Internasional yaitu menggunakan konten yang sesuai dengan budaya dan bahasa calon visitor. Nah, gunakanlah bahasa lokal, zona waktu, dan mata uang yang memberikan informasi kontak dilengkapi dengan nomor telepon dan alamat yang sesuai.

 

4. Modifikasi domain

Cara menerapkan SEO Global selanjutnya yaitu modifikasi domain agar sesuai dengan international SEO. Nah, untuk memanfaatkan modifikasi domain international SEO untuk memudahkan mesin pencari untuk mengarahkan audience sesuai dengan negara asal atau bahasanya.

 

Ketahuilah terdapat tiga cara yang bisa kamu lakukan agar domain website-mu sesuai dengan strategi internasional, berikut ini informasinya.

a. Membuat sub-direktori setelah gTLD

gTLD merupakan generic top level domain adalah domain utama dari website Anda. Contohnya, aku.com. Hal tersebut bertujuan untuk mengarahkan audience berdasarkan negara atau bahasa, Anda dapat menambahkan folder subdirektori.

 

Dengan demikian maka mesin pencari bisa langsung mengarahkan audience ke sub-direktori tersebut alih-alih ke halaman utama.

 

Nah, URL website yang ditambahkan sub-direktori didasarkan dari  negara atau bahasa  yang akan menjadi aku.com/id atau aku.com/eng.

 

b. Menambahkan subdomain sebelum gTLD

Selain menggunakan sub-direktori, Anda juga dapat menambahkan subdomain sebelum gTLD sehingga URL untuk masing-masing target negara atau bahasa menjadi id.aku.com atau en.aku.com.

 

c. Menggunakan country code top level domain (ccTLD)

Anda juga dapat menggunakan Country code top level domain yang membawa identitas negara untuk menunjukkan isi website. Nah ccTLD dari domain ini digunakan bagi para pengguna negara tersebut.

 

Ketahui, penerapan ccTLD  dengan mengganti “.com” agar sesuai dengan visitor yang dituju.

 

5. Off site SEO

Cara menerapkan SEO Global yaitu OFF site SEO yang memang tidak begitu teknis, tentu saja hal tersebut dikatakan penting karena berguna untuk mempromosikan website Anda.

 

Dengan menggunakan teknik tersebut maka orang-orang di luar sana akan mengetahui bahwa website Anda layak untuk dikunjungi.

 

6. Content marketing

Selanjutnya, SEO Global juga menerapkan konten marketing yang sangat mampu untuk menaikkan ranking website pada hasil pencarian Google. Apabila Anda menggunakan strategi content marketing  dengan struktur yang baik maka akan mendapatkan jumlah keuntungan yang banyak.

 

Ketahui keuntungannya yaitu mendatangkan para pengunjung baru, mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, memperbaiki reputasi toko online atau bisnis, dan menghemat biaya promosi.

 

7. Melakukan Promosi

Saat menggunakan SEO Global maka Anda dapat melakukan promosi dengan baik untuk mendapatkan banyak follower sehingga website harus diisi dengan konten-konten yang bagus dan menarik.

 

Meskipun, sudah diisi dengan aneka konten yang menarik, tetapi website yang sepi pengunjung harus melakukan cara untuk meningkatkan follower yaitu dengan melakukan promosi.

 

Nah, melakukan promosi yang baik maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi website Anda daripada membaca website milik kompetitor.

 

8. Public Relation

Agar bisnis Anda maju yang dikenal oleh banyak orang maka lakukan public relation dengan baik agar dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan dibandingkan dengan manfaat dan keuntungan yang Anda dapatkan.

 

Beberapa keuntungan menggunakan SEO Global yaitu membangun memberikan informasi, tambahan, brand awareness, mengatur otoritas, dan dapat meningkatkan community relationship.

Related posts:
  1. Ini 5 Aktivitas Marketing Agar Customer Berpotensi Mau Beli
  2. 4 Langkah Dasar Sebelum Produk Diluncurkan di Market
  3. Cara Mudah Riset Produk dan Target Pasar Bisnis Online Shop Baju
  4. 7 Cara Tentukan Produsen Baju yang Tepat Agar Bisnis Melesat
  5. Strategi Jitu Menanggapi Pelanggan dengan Ramah dan Cepat
Kinanthi Haksari
Author
Kinanthi Haksari
Bagikan