Apa Kegunaan Google My Business dan Cara Mendaftarnya?

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Apa Kegunaan Google My Business dan Cara Mendaftarnya?

Sebelum jauh-jauh membahas cara membuat Google My Business, Anda harus paham bahwa semua proses dan prosedur yang akan dijalankan ini gratis. Iya, punya akun Google My Business itu gratis, alias tidak dipungut biaya.

Seperti yang diketahui bersama, saat mencari suatu nama perusahaan/bisnis di Google maka akan muncul semua informasi lengkap, mulai dari alamat, nama, dan produknya. 

Walau banyak yang tahu apa kegunaan Google, tidak banyak yang tahu cara membuat bisnis kita muncul di pencarian Google. Agar bisa tampil di mesin pencarian Google, maka Anda harus memiliki dan melengkapi akun Google My Business.

Sebagai salah satu fitur Google bisnis, Google My Business ternyata sangat menguntungkan para pebisnis untuk meningkatkan jumlah omset penjualan barang ataupun jasa. 

Dengan menggunakan Google My Business maka bisnis Anda akan muncul di halaman pertama menu pencarian Google. Saat bisnis Anda ada di halaman Google maka akan memudahkan banyak orang untuk menjangkaunya.

KiriminAja mengajak Anda mengenali cara membuat dan manfaat Google My Business bagi bisnis di uraian ini. 

Apa itu Google My Business? #

Google My Business merupakan tool yang disediakan oleh pihak Google untuk membantu profil bisnis tampil pada halaman pencarian. Tools satu ini membantu profil bisnis Anda untuk berada di halaman pertama pencarian Google secara gratis.

Dengan menggunakan Google My Business maka para pebisnis dapat dengan mudah mengupdate data bisnisnya yang disajikan ke publik.

Nah, Anda dapat memberikan informasi-informasi mengenai bisnis yang sedang dijalankan secara lengkap agar pembaca tertarik.

Manfaat Google My Business #

Ketahuilah terdapat banyak keuntungan saat suatu bisnis menggunakan Google My Business yang dapat juga meningkatkan reputasinya. Nah, ketahui manfaat Google My Business dalam penjelasan di bawah ini.

Meningkatkan Engagement #

Ketahui manfaat Google My Business yang pertama yaitu dapat meningkatkan engagement sehingga para pengunjung yang sudah mengunjungi web bisnis Anda maka akan meninggalkan penilaian di halaman Google.

Adanya interaksi tersebut maka akan meningkatkan kualitas profil bisnis ke mesin pencari dengan jumlah review yang baik untuk meningkatkan jumlah pengunjung baru.

Mengembangkan Bisnis Secara Online dengan Gratis #

Berikutnya, manfaat menggunakan Google my business yaitu dapat meningkatkan penjualan karena tools tersebut ditawarkan oleh Google secara gratis. Sayangnya, karena gratis, banyak pebisnis meremehkan Google My Business.

Padahal, Google My Business harus tetap diperhatikan untuk mengoptimalkan informasi bisnis pada audience. 

Dengan melengkapi profil akun Google My Business, maka Anda dapat  meningkatkan keakuratan dan membuat bisnis lebih mudah ditampilkan dalam aktivitas pencarian yang tepat.

Membantu Pelanggan Menemukan Bisnis #

Ketika sudah dapat mengakses dashboard Google My Business maka isilah informasi bisnis mulai dari nama bisnis, nomor telepon yang aktif, website bisnis, alamat kantor, dan lain sebagainya.

Anda juga disarankan mengisi informasi seperti jam operasional, detail harga, dan foto produk. Informasi-informasi tersebut muncul pada halaman pencarian sehingga pastikan data yang diberikan sudah lengkap dan tepat. 

Saat Anda mengisi profil dengan lengkap maka para calon customer akan lebih mudah menemukan bisnis Anda. Nah, fitur tersebut dapat memberikan kesempatan untuk calon customernya dengan memberikan informasi mengenai profil calon pengunjung.  

Pada era sekarang ini memang banyak pelanggan yang mencari sebuah produk atau layanan jasa di Google. Sehingga menggunakan akun Google My Business memang akan membantu memperbanyak jumlah pasar atau menjangkau konsumen baru.

Omnichannel dengan Sistem All-in-One #

Ketahui juga bahwa Google My Business dapat memaksimalkan efisiensi bisnis sekaligus menciptakan pengalaman personal untuk pelanggan dari beragam multi-channel dalam kegiatan penjualan online maupun offline.

Para pebisnis dapat memanfaatkan fitur komunikasi dengan para calon pembelinya melalui Google Hangout. 

Artinya, Anda dapat menerima sejumlah pertanyaan mengenai bisnis. Bahkan, Anda juga bisa langsung menjawab pertanyaan dari para calon pembelinya.

Selain pertanyaan, audiens juga dapat memberi review atau testimoni tentang bisnis Anda.

Mendapat Insight Tentang Pelanggan #

Pebisnis yang menggunakan Google My Business akan mendapatkan insight tentang pelanggan untuk memberikan data website. 

Jangan khawatir, Anda dapat melakukan kustomisasi data yang ingin dimunculkan seperti:

  • Visibility dapat menunjukkan jumlah tampilan yang didapatkan oleh profil, postingan, dan foto di Google My Business milik Anda.
  • Engagement menunjukkan interaksi dengan pengunjung di halaman profil Google My Business.
  • Audience menunjukkan demografi dari pengunjung, pada bagian ini akan memperlihatkan umur, gender, dan negara asal pengunjung dari akun Google My Business yang Anda miliki.
  • Dengan cara tersebut maka Anda dapat menjangkau lebih banyak untuk mengetahui jumlah pengunjung. Selain itu, juga dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung.

Mengenal Traffic Website dan Pelanggan Bisnis #

Saat Anda menggunakan tools Google My Business maka bisnis Anda juga akan terhubung ke Google Analytics. Ketahuilah, Google Analytics dapat digunakan untuk melihat laporan mendetail tentang trafik website setiap harinya.

Dengan demikian maka Anda bisa terus meningkatkan jumlah trafik website dengan selalu memantaunya menggunakan Google Analytics.

Cara Membuat Google My Business #

Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar akun Google My Business. Hanya saja, sebelumnya, pastikan Anda telah memiliki akun Gmail.

Akun Gmail ini nantinya akan terhubung dengan Google My Business. Yuk, mari memahami dan mempraktikkannya bersama-sama.

  • Pertama, silahkan buka halaman Gmail lalu sign in ke akun Google.
  • Kemudian, pilihlah menu Google My Business, atau Anda juga dapat langsung login pada menu Google My Business.
  • Setelah itu, Anda akan masuk Google My Business daftarlah bisnis Anda dengan cara mengklik “ Tambahkan bisnis Anda ke Google”.
  • Kemudian, isilah nama bisnis Anda dan kategori bisnis Anda.
  • Lalu, isi profil alamat bisnis Anda secara lengkap dari negara, alamat, kota, provinsi dan kode pos. Lalu klik tombol berikutnya. Sebagai informasi tambahan, Anda bisa memahami kode pos domisili pembeli dan bagaimana harganya dalam uraian KiriminAja di tautan ini.
  • Lanjutkan dengan mendaftar bisnis di Google Maps.
  • Jangan lupa, isilah data detail kontak bisnis dan website bisnis Anda.
  • Terakhir, tahap verifikasi. Di tahap verifikasi ini Google ingin mengetahui hubungan kepemilikan dengan bisnis yang didaftarkan. Terdapat beberapa verifikasi yang ditawarkan yaitu via kartu pos, email, telepon, verifikasi partai dan kepemilikan website.

Bagaimana Jika Profil Bisnis pada Google My Business Sudah Diverifikasi oleh Orang Lain? #

Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu masalah yang ditemui ketika ingin mendaftarkan profil melalui Google My Business.

Solusinya, sebelum mendaftarkan bisnis, maka carilah bisnis Anda di Google terlebih dahulu. Cek apakah bisnis tersebut sudah terdaftar atau belum. Kemudian, periksa apakah bisnis tersebut sudah diverifikasi.

Lanjutkan untuk memilih opsi untuk menghubungi pihak pemilik profil agar mendapatkan akses.

Anda dapat melakukan verifikasi dengan menghubungi pihak Google melalui cara-cara di bawah ini:

  • Pertama pastikan bisnis Anda ada sudah ada di Google.
  • Ketika sudah menemukan profil bisnis Anda, Google akan meminta Anda memasukan akses.
  • Lalu, jawab semua pertanyaan mengenai verifikasi dengan tepat.
  • Kemudian pihak Google akan menghubungi pemilik profil saat ini, dan memintanya untuk menghubungi Anda.
  • Apabila permintaan disetujui, maka Anda akan diberikan akses untuk masuk ke dalam akun Anda.
  • Apabila permintaan ditolak, maka Anda mungkin masih masuk ke dalam proses verifikasi.
  • Apabila tidak ada kabar, Anda boleh mengontak pihak Google dalam jangka waktu seminggu setelah proses verifikasi.
  • Jangan lupa, lengkapi Profil Google My Business.
  • Setelah melalui proses verifikasi tersebut maka Anda akan disarankan untuk melengkapi profil bisnis Anda.

Walau terlihat ribet, sebenarnya membuat akun Google My Business tidaklah sulit. Jika pun Anda kesulitan, ada sejumlah vendor jasa Google My Business yang bisa cari di internet.

Vendor tersebut pun bisa memberikan berbagai review dan ulasan pada akun Google My Business Anda. Jadi, Anda bisa memiliki review cepat dan membuat bisnis Anda lebih terpercaya di mata audiens.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.