Lebih Mengenal Kode Pos, Faktor yang Menentukan Hingga Cara Mencarinya

Ruth
1 tahun lalu
Teknologi Bisnis
Kode pos seluruh indonesia

Kode pos Indonesia merupakan rangkaian angka dan huruf yang dicantumkan pada alamat surat atau paket yang akan dikirimkan. Sebagai rangkaian kode, sebenarnya apa fungsi kode pos?

Fungsi kode pos adalah alat untuk mempermudah penyortiran surat atau paket yang hendak dikirim.  Kode pos terdiri dari 5 angka tapi ada yang mempunyai angka tambahan untuk lokasi yang lebih detail.

Sejarah Awal Kode Pos

Jerman pertama kali memperkenalkan kode pos pada 25 Juli 1941, dalam bentuk sistem dua digit. Kemudian, beberapa negara mengetahui apa itu kode pos dan fungsinya, maka praktik pengkodean suatu paket diterapkan di banyak negara.

Maka, Inggris menerapkan kode pos pada tahun 1959, dan dilanjut Amerika Serikat pada tahun 1963.

Negara-negara tersebut merasakan kode pos sebagai cara untuk sebagai pembantu layanan pos yang kekurangan staf. Tujuannya, agar pengiriman pos lebih efektif dalam menyortir/mengirim barang dan surat.

Setelah tiga negara besar ini menerapkan, banyak negara lain mulai memahami apa yang dimaksud dengan kode pos dan bagaimana praktiknya. Maka, kode pos mulai menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Awalnya kode pos Jerman diterapkan untuk layanan parsel. Lalu kemudian untuk semua pengiriman surat. 

Sistem ini digantikan pada tahun 1962 di Jerman Barat melalui sistem empat digit. Setelah tiga tahun Jerman Timur mengikuti dengan sistem empat digitnya. 

Dahulu, kode pos hanya menggunakan angka dua digit. Angka pertama menunjukkan kode kota, sementara angka yang kedua menunjukkan kode negara bagian, akan tetapi ketika kebutuhan untuk pengiriman berkembang, maka mulai dikembangkan sistem kode pos. 

Pada 1963 sampai saat ini, sistem kode pos dengan menggunakan lima digit mulai digunakan dengan kode yang lebih sistematis dan terorganisir. 

Nomor kode pos ditentukan oleh beberapa faktor berikut: 

  • Area
  • Fasilitas pos regional
  • Zona lokal.

Angka pertama dari kode lima digit menandakan wilayah tempat alamat itu berada, dua digit kedua dalam kode menentukan wilayah yang lebih kecil dalam setiap area awal sedangkan  digit akhir dan sebelumnya menandakan kantor pos setempat sesuai alamat tersebut.

Praktik Kode Pos Indonesia untuk Pengiriman Paket

Agar Anda lebih memahami, KiriminAja menguraikan cara mengetahui kode pos berdasarkan rangkaian huruf-hurufnya di bawah ini.

Kode pos Indonesia umumnya menggunakan sampai lima angka. Contoh kode pos yang ada di luar Jabodetabek adalah 17182.

Rangkaian angka tersebut merupakan kode pos Jawa Tengah. Tepatnya adalah kode pos seluruh Desa atau Kelurahan di Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. 

Pengaturan angka setiap digit hampir sama bagi semua wilayah di Indonesia. Akan tetapi, ada perbedaan arti dari kode pos bagi wilayah Jabodetabek.

Untuk wilayah selain Jabodetabek, digit pertama menunjukkan pada provinsi atau gabungan provinsi. 

1: Jabodetabek
2: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau
3: Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jambi
4: Banten, Jawa Barat
5: Jawa Tengah, DI Yogyakarta
6: Jawa Timur
7: Kalimantan
8: Bali, Nusa Tenggara
9: Sulawesi, Keliruku, Papua 

Kode kedua dan ketiga menunjukan pada gabungan kode kota dan kabupaten, sedangkan kode keempat menunjukkan pada pada kode kecamatan. Sedangkan untuk digit kelima menunjukan pada kode kelurahan atau desa.

Sedangkan kode pos Jabodetabek punya arti khusus dan sedikit berbeda dibanding wilayah lain di Indonesia.

Digit pertama menandakan pada kode provinsi, setelah itu pada digit kedua menandakan wilayah kota, dan ketiga menandakan kode kecamatan, sedangkan digit keempat menandakan pada kode kelurahan, digit kelima sama dengan 0

Bagi wilayah Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), digit pertama menunjuk pada kode provinsi. Dan digit kedua:

  • Angka 5 untuk Tangerang
  • Angka 6 bagi Bogor dan Depok
  • Angka 7 bagi Bekasi
  • Angka 9 bagi Bandara Soekarno-Hatta

Digit ketiga menunjuk pada kode gabungan kecamatan. Digit keempat menunjuk pada kode kecamatan. Digit kelima menunjuk pada kode gabungan desa.

Kode pos juga digunakan untuk pendataan alamat dan dalam rangkaian angka atau huruf ini pun juga sering ditambahkan dalam hal surat menyurat yang berfungsi untuk mempermudah proses pemilihan surat. 

Adapun hal-hal yang perlu diketahui tentang angka  kode pos di Indonesia antara lain:

Macam-Macam Kode Pos

Berdasarkan penggunaannya, ada empat macam kode pos, yaitu: 

Kode Pos Unik

Kode pos unik hanya digunakan untuk alamat yang menerima surat dengan intensitas sering dengan jumlah yang cukup banyak.

Post code ini biasa digunakan oleh kantor besar, pusat bisnis, atau lembaga pemerintahan yang mana biasanya digunakan untuk intensitas sering dan jumlah yang banyak

Kode Pos Khusus 

Kode pos khusus biasa disebut juga dengan PO BOX atau Post Office Boxes. Umumnya, postal code ini hanya digunakan pada pengiriman via kotak pos.

Kode Pos Militer 

Sesuai dengan namanya, kode ini yang memiliki hanya kalangan militer.

Kode Pos Standard

Postal code standar merupakan postal code yang digunakan secara umum. Saat mengirim surat atau paket, Sahabat KA disarankan untuk menuliskan postal code ini. 

Cara Cek Kode Pos Online

Pada saat mengirimkan dokumen atau paket, harus mencantumkan kode pos supaya barang yang dikirim sampai ke alamat tujuan.

Untuk itu, Anda harus mengetahui kode pos alamat tujuan. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai dua cara mengecek postal code secara online yang mudah dipraktikkan.

Aplikasi di smartphone juga dapat digunakan untuk mengecek kode pos, contohnya Kode Pos Indonesia atau Postal Code for Indonesia.

Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Play Store atau Apps Store di smartphone Anda. Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut bukan buatan PT Pos Indonesia sendiri.

Kabar baiknya, untuk memudahkan Anda, KiriminAja sudah hadir dengan layanan pengiriman paket dengan identifikasi kode pos Indonesia.

Kabar lebih menariknya lagi, KiriminAja juga terintegrasi dengan berbagai layanan kurir terbaik Indonesia, seperti J&T.

Untuk memudahkan Anda memahami betapa oke kolaborasi KiriminAja dan J&T, bacalah uraian cara menulis alamat paket yang benar ini.

Selain J&T, Anda juga bisa mendapatkan layanan cek resi Pos Indonesia di KiriminAja. Untuk tahu caranya, Anda bisa membaca panduan cara cek resi Pos Indonesia di sini.

Dari situ, Anda akan paham bagaimana KiriminAja memudahkan dan meringkaskan sistem logistik bisnis online.

Anda hanya cukup mendaftar di dashboard KiriminAja, lalu memilih jasa ekspedisi yang digunakan, kemudian memasukkan alamat pengiriman.

Secara otomatis, Anda akan mendapatkan informasi kode pos alamat pengiriman sekaligus harganya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot dan tetap mendapat harga hemat untuk pengiriman paket. Iya, KiriminAja memang hadir untuk membuat #cashflowaman, dan bisnis jadi tenang.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Ruth
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.