Apa Perbedaan Target Konsumen dan Target Audiens?

Kinanthi Haksari
1 tahun lalu
Ecommerce
Beda target konsumen dan audiens

Target audience adalah orang yang diharapkan akan membeli produk bisnis Anda. Lebih tepatnya, target audiens adalah sasaran komunikasi dari pemasaran produk yang berpotensi jadi target konsumen.

Target konsumen adalah orang yang ditargetkan untuk mengkonsumsi atau menjadi pengguna produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Target market adalah sekelompok orang yang berisi target audience dan target konsumen.

Beda Target Konsumen dan Audience Adalah Hal Tipis

Poin pentingnya target konsumen dan target audience adalah hal yang berbeda. Akan tetapi, sering kali pelaku dalam dunia pemasaran menterjemahkan dua istilah tersebut sebagai sesuatu yang sama.

Padahal mereka memiliki penjelasan yang tidak sama. Namun, memang tak jarang, target audiens juga merupakan target konsumen.

Artinya, secara teori target audiens dan target konsumen memang berbeda. Akan tetapi, pada praktiknya perbedaan target audience dan target market cukup tipis. Alias, memang hampir sama.

KiriminAja sudah menyiapkan artikel yang membantu Anda mengerti perilaku konsumen dan audiens dengan memanfaatkan peran user research. Anda hanya perlu membaca uraian di tautan tersebut untuk bisa memahami pondasi pikiran memahami konsumen, audience, dan customer journey mereka.

Contoh Target Konsumen dan Target Audiens

Saat membuat sebuah barang atau jasa, tentunya produk tersebut sudah melalui tahapan riset. Artinya, di tahap riset inilah ditentukan siapa dan bagaimana karakteristik orang yang akan menggunakan produk atau jasa sebuah bisnis.

Tahap menentukan orang yang akan mengonsumsi produk bisnis itu, umumnya, masuk sebagai aktivitas menyusun strategi target market.

Contoh mudah untuk membedakan target konsumen dan target audiens adalah pemasaran produk susu formula untuk bayi.

Target konsumen susu formula untuk bayi dengan merek A adalah bayi dan orang tua dengan karakteristik tertentu. Seperti memiliki jumlah pendapatan tertentu, punya kondisi kesehatan tertentu, dan lain sebagainya.

Target audiens susu formula bayi dengan merek A adalah orang tua yang memiliki ketertarikan dengan topik kesehatan bayi, orang tua yang ingin pindah merek susu formula, orang tua yang bayinya akan minum susu bayi, dan lain sebagainya. 

Bahasa dan visual iklan yang digunakan pun tentunya berbeda jika produk tersebut memiliki target konsumen dan target audiens yang berbeda. 

Produk yang memiliki target konsumen dan target audiens berbeda umumnya akan menyuguhkan iklan yang persuasif dengan menjabarkan sejumlah keuntungan yang didapat target konsumennya jika ia menggunakan produk tersebut.

Karena perbedaan target market dan target audience yang tipis, ada pula kondisi suatu produk memiliki kesamaan target konsumen dan target audiens.

Contohnya adalah pada produk minuman penambah stamina, di mana umumnya target konsumennya juga merupakan target audiens.    

Pada saat Anda memasarkan dan menjual produk, maka Anda tidak hanya memasarkan produk tersebut pada satu golongan semata.

Bukan hanya kepada golongan pengguna saja kita menawarkan sebuah produk, namun juga ke beberapa golongan yang sekiranya tertarik untuk membelikan produk tersebut untuk target pengguna.

Jadi bagaimana, sudah bisa membedakan apa itu target audiens, target konsumen, dan target market?

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Kinanthi Haksari
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.