Yuk Cari Tahu, Apa Sih Bedanya Pemasaran dan Penjualan ?

Kinanthi Haksari
1 bulan lalu
153
Yuk Cari Tahu, Apa Sih Bedanya Pemasaran dan Penjualan ?

Pemasaran dan penjualan merupakan suatu istilah yang tidak asing lagi dalam sebuah bisnis, terkadang kita menganggap bahwa pemasaran dan penjualan adalah sebuah aktivitas yang sama, namun ternyata keduanya adalah hal yang berbeda, lantas apa sih perbedaan antara pemasaran dengan penjualan, yuk simak ulasan berikut ini.

 

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Berdasarkan konsepnya pemasaran merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memberi kepuasan kepada konsumen, adapun kegiatan pemasaran cenderung pada berbagai aktivitas promosi suatu produk seperti pembuatan iklan, penjualan hingga pengiriman produk pada konsumen. Berdasarkan pengertiannya pemasaran berarti kegiatan jual beli dengan cara menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan pasar. Ada beberapa strategi dalam pemasaran, salah satunya adalah strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion), nah berikut detailnya.

1. Product

Produk merupakan hal terpenting dalam sebuah pemasaran, terdapat dua jenis produk yang biasanya dipasarkan yakni produk berwujud dan tidak berwujud. Karena produk merupakan kebutuhan awal dari sebuah pemasaran maka sangat penting untuk Anda dapat menjaga konsistensi kualitas dari produk yang dijual karena hal ini dapat berpengaruh pada tingkat kepuasan konsumen.

2. Price

Yang berikutnya adalah price atau harga, harga menjadi salah satu faktor penting dalam pemasaran karena dalam membeli suatu produk tentunya konsumen selalu mempertimbangkan harga dari produk tersebut, sehingga penting bagi Anda untuk bisa menetapkan harga yang kompetitif di pasaran.

3. Place

Place atau lokasi, sebaiknya pilihlah lokasi bisnis yang strategis karena dengan berada di lokasi yang strategis maka akan memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran sehingga mampu meningkatkan nilai penjualan.

4. Promotion

Promosi menjadi salah satu strategi pemasaran dan penjualan yang jitu, selain sebagai sarana komunikasi antara penjual dan pembeli, promosi juga dapat menjadi alternatif cara untuk menarik perhatian konsumen dan mendorongnya untuk membeli produk Anda.

 

Jika dilihat lebih jauh terdapat perbedaan konsep antara pemasaran dan penjulan, penjualan merupakan sebuah aktivitas yang bertujuan untuk mencapai keuntungan tertinggi dari suatu bisnis. Penjualan merupakan suatu kegiatan menukarkan produk atau jasa dengan uang. Salah satu faktor penting yang memengaruhi kesuksesan dalam penjualan adalah pemasaran.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan, semoga adanya ulasan tersebut dapat membuat Anda paham mengenai perbedaan antara pemasaran dan penjualan ya.