Bagaimana Cara Menyusun Anggaran Perusahaan yang Terstruktur Baik?

Pamungkas
1 tahun lalu
Bisnis
Cara Menyusun Anggaran Perusahaan

Anggaran perusahaan adalah hal dasar yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis. Apalagi, aktivitas bisnis yang baik biasanya dimulai dari perencanaan yang matang. 

Seperti dialami banyak pelaku bisnis, menyusun anggaran perusahaan merupakan salah satu kunci sukses sebuah usaha agar bisa bertahan dan berkembang. 

Pasalnya, data dari hasil penyusunan anggaran perusahaan tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai patokan untuk menjalankan usaha.

Anda mungkin berpikir bahwa proses penyusunan anggaran hanya diperlukan oleh perusahaan besar saja. 

Asumsi tersebut sayangnya kurang tepat. Karena perusahaan baru sekalipun akan memerlukan perencanaan keuangan yang baik agar dapat beroperasi dan melakukan ekspansi secara normal.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang membangun bisnis berbasis digital, sebaiknya mulai mempelajari bagaimana cara membuat anggaran perusahaan yang baik dan benar. Kenapa begitu?

KiriminAja sebagai salah satu mitra berbagai UMKM melihat sendiri bagaimana korelasi pertumbuhan perusahaan sejalan dengan penyusunan anggaran yang baik. Artinya, semakin baik sebuah perusahaan menyusun anggaran, maka potensinya untuk tumbuh semakin besar.

Karenanya, KiriminAja mencoba mendukung Anda, para pelaku bisnis online, untuk terus tumbuh. Salah satu caranya adalah dengan berbagi wawasan terkait penyusunan anggaran perusahaan.

Anda juga bisa mengikuti channel YouTube Belajar Bisnis Akademi KiriminAja untuk mendapat informasi terkait usaha online.

Pemaparan di bawah ini akan membahas seluk-beluk anggaran perusahaan, mulai dari pengertian, tujuan penggunaan, serta bagaimana cara menyusun anggaran dengan baik!

Ahli: Anggaran Perusahaan Adalah Detail Keuangan Bisnis dalam Periode Keuangan Tertentu

Pada dasarnya, anggaran perusahaan adalah sebuah data atau informasi yang bisa membantu pemimpin dari sebuah perusahaan untuk mengatur operasional sebuah bisnis.

Mengutip dari Investopedia, anggaran perusahaan sendiri bisa didefinisikan sebagai data yang meliputi informasi perkiraan pendapatan serta pengeluaran perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Berikut ini merupakan pendapat dari beberapa ahli terkait pengertian anggaran:

Menurut Garrison dan Noreen (2007:402), Anggaran merupakan rencana yang dibuat secara terperinci terkait penggunaan serta perolehan sumber daya, baik itu keuangan maupun sumber daya lainnya dalam periode tertentu.

M. Nafarin (2007:11) sebagai salah satu ekonom di Indonesia, mendefinisikan anggaran sebagai suatu rencana kuantitatif periodik yang dirancang menurut program yang telah disahkan.

Di sisi lain, tokoh ahli lainnya bernama Rudianto (2009:2) dalam buku berjudul Penganggaran, ia menjelaskan bahwa anggaran merupakan sebuah rencana kerja dari suatu organisasi di masa mendatang yang dikerjakan secara kuantitatif, sistematis, dan formal.

Sementara itu, Sofyan (1996) berpendapat bahwa anggaran merupakan suatu pendekatan sistematis dan formal dengan tujuan untuk mencapai pelaksanaan fungsi dan tanggung jawab manajemen.

Menilik dari berbagai pendapat ahli terkait anggaran di atas, pada dasarnya anggaran bisa diartikan sebagai sebuah rencana yang akan dieksekusi oleh organisasi usaha atau bisnis di masa mendatang dalam periode waktu tertentu. 

Anggaran biasanya dinyatakan dalam satuan uang, sehingga proses eksekusinya bisa melibatkan aktivitas pendapatan atau pengeluaran.

Tujuan Menentukan Anggaran Perusahaan

Setelah Anda memahami pengertian anggaran dari berbagai perspektif dan sudut pandang, selanjutnya Anda perlu mempelajari tujuan dan maksud dari penentuan anggaran perusahaan.

Ada beberapa tujuan yang mendasari proses pembuatan anggaran perusahaan. Namun, jika melihat dari kacamata bisnis secara umum, tujuan menentukan anggaran perusahaan bisa dilihat  pada poin berikut ini:

  • Pertama, membangun model bisnis agar dapat berjalan secara finansial. Di sini anggaran perusahaan menyediakan informasi secara rinci terkait perkiraan pengeluaran dan pendapatan. Alhasi, lebih mudah dalam menentukan strategi operasional dan rencana bisnis tertentu.
  • Kedua, bisa dipakai untuk mengukur antara perkiraan dan data operasi keuangan bisnis yang sebenarnya.

Terlepas dari itu, tujuan penyusunan anggaran perusahaan sendiri bisa disesuaikan dengan kondisi serta visi-misi perusahaan. Jadi, dalam hal ini kembali lagi kepada masing-masing pengelola atau manajemen.

Lalu, bagaimana cara menyusun anggaran dengan baik untuk bisa mendapatkan semua manfaat penting di atas?

Bagaimana Cara Menyusun Anggaran yang Baik

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan ketika ingin menyusun anggaran perusahaan. Langkah-langkahnya meliputi penentuan pedoman, persiapan, penentuan dan pelaksanaan. Pembahasan secara rinci terkait cara menyusun anggaran perusahaan akan dibahas di bawah ini:

Penentuan Pedoman Anggaran Perusahaan

Sebelum menyusun anggaran perusahaan, Anda perlu mempersiapkan pedoman anggaran yang akan digunakan. Pada bisnis yang sudah berjalan, biasanya pedoman anggaran diambil dari data anggaran belanja selama periode tertentu (bisa satu tahun atau per kuartal).

Sementara itu, untuk bisnis atau usaha yang baru mulai berjalan, Anda bisa menggunakan informasi kegiatan yang akan dijalankan, misalnya seperti kebutuhan promosi, produksi, dan operasional yang diperkirakan berdasarkan periode waktu yang dipilih.

Orang yang paling berperan aktif pada tahap ini adalah jajaran manajemen teratas dari sebuah usaha. Pasalnya, mereka merupakan sosok yang lebih tahu dan memegang kendali atas rencana bisnis yang ingin dijalankan.

Persiapan Penyusunan Anggaran

Tahap cara menyusun anggaran selanjutnya adalah persiapan penyusunan anggaran, dimana pada proses ini semua divisi ikut dilibatkan. 

Pada tahap ini perlu kerjasama serta kekompakan yang tinggi antara pihak manajemen dan semua divisi yang diwakilkan. Tujuannya tentu agar proses penyusunan anggaran bisa berjalan dengan lancar.

Penentuan Anggaran Perusahaan

Setelah melalui proses penentuan pedoman anggaran dan persiapan, selanjutnya masuk ke tahap penentuan anggaran. Tahap ini dilakukan untuk menetapkan rencana anggaran perusahaan yang sebelumnya sudah dibicarakan oleh banyak pihak.

Berikut merupakan tiga tahap penentuan anggaran perusahaan:

  • Tiap karyawan yang menjadi perwakilan divisi mendiskusikan hasil persiapan yang sebelumnya telah dilakukan. Bahan diskusi merupakan rencana belanja yang sudah disusun apakah sudah bisa mencukupi seluruh bagian atau masih perlu ditinjau ulang.
  • Melakukan koordinasi untuk melakukan penyusunan komponen anggaran belanja yang sebelumnya sudah disiapkan.
  • Proses pengesahan rencana anggaran perusahaan serta pendistribusian dana ke seluruh divisi secara merata.

Pada tahap ini, pihak manajemen atau direksi juga akan kembali memeriksa anggaran sebelum resmi ditetapkan.

Pelaksanaan

Proses terakhir yakni pelaksanaan anggaran perusahaan sesuai kesepakatan dan rencana belanja yang telah ditentukan. Bagaimana menyusun anggaran yang baik ini juga ditentukan di fase pelaksanaan.

Pada tahap ini setiap manager atau kepala divisi akan melakukan pengawasan atas eksekusi anggaran yang telah ditetapkan. 

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk melaporkan pelaksanaan anggaran yang terjadi dilapangan, apakah sudah sesuai atau belum.

Dokumen tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai patokan ketika ingin mengidentifikasi divisi yang perlu ditingkatkan, memprediksi cash flow, hingga memastikan operasional lancar. 

Jadi, Apakah Anda sudah siap untuk menyusun rencana anggaran perusahaan sendiri?

Cara Kami Mendukung Manajemen Anggaran Perusahaan Anda

Selalu ingat, anggaran perusahaan yang baik bukan hanya tentang akuntansi, tetapi juga tentang cara Anda mengontrol berbagai pengeluaran operasional.

Salah satu metode yang bisa meningkatkan kapabilitas anggaran perusahaan Anda adalah memberikan layanan logistik dengan harga hemat namun tetap menjaga kualitas pengiriman yang reliable.

Kita tahu bersama, konsumen selalu mencari pengalaman pembelian yang nyaman, harga terjangkau, dan efisien.

Saat konsumen bermasalah dengan jasa kurir ini, bisnis Anda terancam bermasalah di mata publik. Plus, anggaran bisnis Anda terancam jebol karena tingginya biaya operasional. 

Makanya, salah satu cara menyusun anggaran yang baik adalah strategi operasional layanan logistik.

Karena itu, kami hadir untuk bisnis Anda agar bisa menawarkan pengiriman yang terjangkau dan terpercaya, sehingga bisa memikat hati konsumen.

Selain itu, kami juga menyediakan KA Poin yang memungkinkan Anda dapat hadiah untuk setiap transaksi pengiriman di aplikasi KiriminAja.

Fleksibilitas biaya kami juga memungkinkan Anda menyesuaikan harga produk dengan kompetisi pasar, menjaga daya saing, dan tetap mengoptimalkan profit.

Selain itu, sangat penting untuk menjangkau konsumen baru agar bisnis Anda terus berkembang. 

Melalui KiriminAja, Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur dan strategi pemasaran untuk memperluas jangkauan pasar Anda.

Dengan memanfaatkan KiriminAja, Anda bisa menghemat banyak biaya sambil tetap memberikan layanan reliable ke konsumen.

Kabar baiknya lagi, pendaftaran di Dashboard KiriminAja sangatlah mudah dan gratis. Anda dapat dengan cepat memulai pengalaman menggunakan berbagai layanan prima yang ditawarkan.

Dengan fokus menjaga #CashFlowAman bersama kami, anggaran perusahaan adalah kunci penting bisnis jadi tenang dan profit terus berdatangan.

Bagikan
Tweet
Undang

Related Posts

Tags
No tags.
Pamungkas
Blog Author
Call to action

Udah tenang, kirim paketmu dengan KiriminAja sekarang! #Bisnisjaditenang

Semua bisa mulai kirim paket tanpa ribet. Jadikan pengalaman pengiriman paket lebih mudah dengan KiriminAja.